Home / Kesehatan

Jumat, 24 Januari 2020 - 19:48 WIB

Jangan Ditahan, Ini 6 Manfaat Menangis untuk Kesehatan

LINTASCELEBES.COM KESEHATAN — Aktivitas menangis kerap diidentikkan dengan sifat cengeng dan sering dianggap lemah. Hal inilah yang membuat banyak orang berusaha menyembunyikan atau menahan tangis. Padahal, menangis itu sesuatu yang wajar dan tak melulu sebagai bentuk ungkapan perasaan sedih.

Seseorang pun bisa menangis karena merasa terharu atau terlalu gembira atas suatu hal yang ia dapatkan.
Jenis Air Mata dan Fungsinya. Setiap orang baik pria maupun wanita pasti pernah menangis. Hanya saja, kadarnya mungkin berbeda.

Menurut laman NetDoctor, wanita lebih sering menitikkan air mata sebanyak 47 kali dalam setahun. Sementara, para pria umumnya menangis hanya 7 kali saja dalam satu tahun.

Nah, taukah kamu, ternyata air mata pun ada jenisnya loh. Masing-masing memiliki fungsi sendiri.

Air mata refleks
Jenis air mata ini keluar ketika mata kemasukan sesuatu. Fungsinya, untuk membersihkan mata dari debu, asap, atau partikel kecil.

Air mata kontinu/basal
Air mata basal mengandung lysozyme, untuk melumasi, memelihara, dan melindungi mata dari iritasi dan infeksi.

Air mata emosional
Nah, air mata jenis ini keluar ketika muncul perasaan emosional. Di dalamnya, mengandung hormon yang diproduksi saat stres.

Jadi, saat kamu menangis karena sedih atau bahagia, di situlah kamu mengeluarkan air mata emosional.

Menangis tidak seharusnya dipandang sebagai hal negatif saja. Sebab di sisi lain, menangis punya manfaat bagi kesehatan.

Berikut dirangkum Indozone dari berbagai sumber, sejumlah manfaat menangis untuk kesehatan yang kamu harus tau:

1. Meningkatkan Kualitas Tidur
Manfaat menangis untuk kesehatan yang pertama adalah meningkatkan kualitas tidur lebih baik terutama pada bayi. Sebuah penelitian menemukan fakta bahwa menangis dapat membantu bayi tidur nyenyak dari biasanya. Namun, belum ada penelitian terbaru tentang manfaat menangis terhadap kualitas tidur orang dewasa.

Baca juga:  Seleksi CPNS Dibuka 25 Oktober

2. Memperbaiki Suasana Hati
Menangis pun bermanfaat untuk memperbaiki suasana hati (mood) seseorang. Itu karena saat menangis kamu akan menarik banyak napas yang cepat, sehingga mengatur dan menurunkan suhu otak.

3. Meningkatkan Penglihatan
Selain itu, menangis juga dapat mengurangi risiko mata rabun atau mata kering, dan meningkatkan penglihatan. Dengan menangis, mata akan tetap lembap dan mencegah membran mukosa pada mata, agar tidak mengalami kekeringan atau dehidrasi.

4. Mengurangi Stres
Saat sedang mengalami stres berat, seringkali orang meluapkan emosi atau tekanan dengan cara menangis. Itu karena ada hormon adrenocorticotropic (ACTH) yang membuat seseorang ingin mengeluarkan air mata. Jika hal demikian juga kamu rasakan, jangan takut untuk menangis sekencang-kencangnya.

Karena, air mata emosional seperti itu dapat mengeluarkan hormon stres dari dalam tubuh. Sebuah studi mengungkapkan, manfaat menangis dapat merangsang hormon endorfin yang membuat seseorang merasa lebih baik.

Menurut William H. Frey Ph.D dan Direktur Psychiatry Research Laboratories di St. Paul-Ramsey Medical Centre, menangis membuat orang stres lebih tenang dan santai.

5. Melegakan Perasaan
Manfaat menangis lainnya adalah memberi perasaan lega, meski keadaan atau kondisi sekitar tetap akan begitu saja. Perasaan lega itu dikarenakan sistem limbik, otak, dan jantung menjadi lebih lancar setelah puas menangis.

6. Melawan Bakteri
Cairan lysozyme yang terkandung di dalam air mata berfungsi untuk melawan bakteri dan menjaga kebersihan mata. Dalam beberapa menit, lysozyme mampu membunuh 90-95 persen bakteri dalam tubuh.

Karena itulah, jika merasa ada tekanan emosi tertentu dan memicu diri untuk menangis, jangan pernah ditahan-tahan. Luapkan saja, supaya mental dan kondisi dirimu menjadi lebih baik, sehingga kegiatan sehari-hari pun tak akan terganggu.(Sumber:indozone.id)

Baca juga:  Wahdah Islamiyah Cabang Pitumpanua Gelar Khitanan Massal

Share :

Baca Juga

Daerah

Kejuaraan Daerah Gateball II Provinsi Sulsel di Gelar di Wajo

Kesehatan

Ketua TP-PKK Wajo Hadiri HUT ke 45 PPNI di Lapmer

Kesehatan

Tiga Warga Dhuafa di Pattirosompe Dapat Santunan dari At-Taubah Channel Peduli

Birokrasi

Daftar Lengkap Menteri Kabinet Indonesia Maju Jokowi

Bone

SAR BRIMOB DEN C BONE PANTAU LOKASI BANJIR

Birokrasi

Seleksi CPNS Dibuka 25 Oktober

Kesehatan

9 Langkah Tepis Bau Mulut Saat Berpuasa, Mulai dari Sahur

Daerah

Wajo Raih Penghargaan Nasional Kabupaten Peduli HAM