Home / Sulsel

Sabtu, 13 Agustus 2022 - 16:34 WIB

Bupati Barru Buka Festival Meong Palo Karellae

Bupati Barru, Ir. H. Suardi Saleh, M.Si memberikan sambutan

Bupati Barru, Ir. H. Suardi Saleh, M.Si memberikan sambutan

LINTASCELEBES.COM BARRU — Bupati Barru, H. Suardi Saleh, membuka Festival Meong Palo Karellae, yang digelar oleh Sanggar Seni Bolong Ringgi Kabupaten Barru, di Anjungan Pantai Sumpang Binangae, pada Jumat malam (12/8/2022).

Festival yang mencatatkan sejarah di Kabupaten Barru ini turut disaksikan oleh Perwakilan Kementerian Hukum dan HAM Dr Muhammad Fadli Hamid unsur Forkopimda, Sekretaris Daerah DR Abustan AB, Pimpinan OPD Lingkup Pemkab Barru, Para Pemerhati Budaya, Komunitas Budaya Barru akan berlangsung 12-14 Agustus 2022.

Bupati Barru Suardi Saleh dalam sambutannya, tidak dapat menyembunyikan rasa bahagia dan kagumnya atas terselenggaranya Festival Meong Palo KarellaE tersebut.

Menurut Bupati, apa yang dilakukan malam ini adalah sesuatu yang luar biasa dan spektakuler. Apalagi kegiatan ini masuk even Nasional. Ini salah satu upaya yang dilakukan oleh masyarakat untuk melestarikan nilai budaya di Barru.

“Saya kaget karena acara ini sangat luar biasa dan spektakuler. Tidak gampang melaksanakan pertunjukan seperti ini. Saya apresiasi saudara Nasdir, Pimpinan Sanggar Bolong Ringgi yang mendesain sedemikian rupa kegiatan festival ini”, kata Suardi Saleh.

Terpisah, Pimpinan Sanggar Seni Bolong Ringgi menjelaskan, festival Meong Palo Karellae merupakan salah satu kegiatan seni budaya yang sudah masuk agenda Nasional, sehingga Insya Allah setiap tahun akan kita gelar.

Muhammad Nasdir yang juga adalah Kepala Seksi Keebudayaan Dikbud Barru, menjelaskan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi, melalui Direktorat Jenderal Kebudayaan, memercayakan Fasilitasi Bidang Kebudayaan (FBK) kepada Sanggar Bolong Ringgi Kabupaten Barru untuk mengelola sebuah festival budaya berbasis kearifan lokal.

Salah satunya kata Nasdir adalah Festival Meongpalo KarellaE yang melibatkan ratusan siswa yang diharapkan akan menambah hasanah dan marwah aktivitas budaya di Kab. Barru.

Baca juga:  Pemkot Makassar Bersama Korsupgah KPK RI Sosialisasi Pemerintahan Bersih, Bebas dari Korupsi.

“Ini bukti nyata Pemerintah Pusat dengan Pemerintah Daerah, masyarakat, komunitas budaya dan pelaku seni dalam pelestarian kebudayaan. Semoga Festival Meongpalo Karellae (FMK) dapat menjadi festival yang berkualitas, berkembang dan berkelanjutan agar dapat menjadi sumber pengetahuan di masa kini dan masa datang”, harapnya.

Meong Palo Karellae merupakan Cerita Attoriolong (Orang Terdahulu) yang mengisahkan yaitu kisah seekor kucing belang loreng merah yang dijuluki Meong Palo Karellae setia menemani Sangiangseri (Sang Hyang Seri atau dewi padi yang menjelma sebagai tanaman padi).

Pada gelaran festival, juga dilakukan penyerahan penghargaan dari Kemenhum dan HAM RI kepada 9 komunitas Budaya Barru.(Mahmud/Syam)

Editor: Sudirman

Share :

Baca Juga

Sulsel

Lurah Timlo Bakal Sulap Kawasan Kumuh Jadi Kampung Kuliner “Kanrerong Caddi”

Sulsel

Dorong Pertumbuhan Ekonomi, Pemkab Sinjai Perkuat Kolaborasi Antara Perbankan

Sulsel

Shalat Subuh Berjamaah, Danny Minta Jadikan Zakat Sebagai Life Style

Sulsel

Setelah Menunggu 12 Tahun, Akhirnya Warga Tanjung Alya Nikmati Air Bersih dari PDAM

Sulsel

Hadiri Pernikahan 9 Santri Yayasan Al Bayan Hidayatullah, Danny Berpesan Jagai Anakta’

Sulsel

Paripurna DPRD, Bupati Suardi Saleh Apresiasi Penyerahan Ranperda Inisiatif DPRD Barru

Sulsel

Komisi Informasi Sulsel Kunjungi Pinrang, Dalan Rangka Pemeringkatan Keterbukaan Informasi Badan Publik

Sulsel

Rapat Pleno TPKAD Semester 1 2022 Digelar di Desa Pancana