Home / Sulsel

Senin, 8 Juli 2024 - 19:01 WIB

Home Care Dottoro ta’, 2.535 Warga Makassar Terlayani di Semester Pertama 2024

Tim layanan mobil Dottoro,ta memberikan pelayanan langsung ke rumah penduduk

Tim layanan mobil Dottoro,ta memberikan pelayanan langsung ke rumah penduduk

LINTASCELEBES.COM MAKASSAR — Dinas Kesehatan Kota Makassar memiliki peran yang krusial dalam mendukung program strategis Wali Kota Makassar, Moh. Ramdhan Pomanto terkait Gerakan Perkuat Imunitas Kesehatan Masyarakat.

Untuk itu, Kepala Dinkes Kota Makassar, dr. Nursaidah Sirajuddin, mengatakan komitmennya dalam memperkuat peran Home Care pelayanan kesehatan 24 jam.

“Program layanan kesehatan 24 jam ke rumah sudah berjalan sejak tahun 2015, sejak periode pertama dalam kepemimpinan Bapak Danny Pomanto. Program ini telah berkembang pesat hingga saat ini,” ucapnya pada Senin (08/07/2024).

Nursaidah menyebutkan Home Care Dottoro ta’ memiliki 94 mobil armada, terdiri dari 47 armada konvensional dan 47 armada low carbon yang tersebar pada tiap Puskesmas. Lanjutnya, tim layanan mobil Dottoro ta’ terdiri dari satu dokter, satu perawat, dan satu supir.

“Mereka siap memberikan pelayanan kesehatan langsung ke rumah penduduk, memastikan bahwa akses terhadap perawatan medis tidak terhambat oleh jarak atau waktu,” ucapnya.

Nursaidah membeberkan pada tahun 2023, layanan Home Care ini telah digunakan oleh 5.321 orang dan pada tahun 2024 di bulan Januari-Juni, data menunjukkan bahwa sebanyak 2.535
orang menggunakan layanan ini.

“Data ini menunjukkan adanya kebutuhan yang besar akan akses kesehatan yang mudah dijangkau dan mencerminkan komitmen pemerintah kota untuk intensif dalam memperhatikan kesehatan masyarakat, hingga ke tingkat lorong-lorong,” jelasnya.

Selain itu, kata dia, terobosan terbaru adalah pengembangan aplikasi “Dottorota”, yang memudahkan masyarakat untuk mengakses layanan Dottoro ta’ hingga kemudahan konsultasi kesehatan.

“Aplikasi ini dapat diakses melalui laman https://www.dottoro-ta.com/ aplikasi ini tidak hanya memfasilitasi pendaftaran layanan, tetapi juga memberikan konsultasi secara online 24 jam kepada pengguna,” jelasnya.

Sebagai bagian dari strategi mendukung gerakan perkuat imunitas kesehatan masyarakat, Nursaidah juga berkomitmen Dinkes Kota Makassar terus memperkuat kampanye edukasi dan sosialisasi kesehatan.

Baca juga:  Sekda Wajo Hadiri Pameran Implementasi Proyek Perubahan Latpimnas Tk II Angkatan XIV

“Tujuannya adalah meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya menjaga kesehatan dan mengadopsi perilaku hidup sehat agar baik untuk semua,” pungkasnya.(Sir)

Editor: Hamzah

Share :

Baca Juga

Sulsel

Bupati Barru Beri Bantuan Korban Kebakaran di Siddo

Sulsel

Indira Yusuf Ismail Shalat Id di Lapangan Karebosi bersama Keluarga dan Ribuan Warga Makassar

Sulsel

Dinkes Makassar Buka Posko Pelayanan Kesehatan Gratis di F8 Makassar

Sulsel

Terima Keluhan Warga, Beni Iskandar Ajak Pejabatnya ke Kelurahan Pannampu

Sulsel

Pj Gubernur Sulsel Atensi Khusus Kasus Kekerasan Terhadap Anak

Sulsel

Berikan Pelayanan dan Rasa Nyaman, Puskesmas Mangasa Jadi Penilaian Adipura 2022

Sulsel

Jelang Hari Raya Idul Fitri, Wawali Fatmawati Rusdi Ingatkan Bayar Zakat

Sulsel

Kadisperkim Kota Makassar Silaturahmi di Lorong Wisata Kelurahan Pisang Utara