Home / Sulsel

Senin, 24 Juni 2024 - 17:31 WIB

Bawaslu Harapkan Proses Coklit Bisa Maksimal dan Menghasilkan Data yang Valid

LINTASCELEBES.COM WAJO — Jajaran Pengawas Pemilihan di Kabupaten Wajo melakukan Pengawasan Pelantikan dan Bimtek PPDP/Pantarlih serta Pencocokan dan Penelitian (Coklit) Data Pemilih yang dilaksanakan serentak di Kabupaten Wajo, Senin (24/06/2024).

Bawaslu Kabupaten Wajo meminta kepada Panwascam dan PKD sebagai ujung tombak pengawasan di wilayah Kelurahan/Desa dan kecamatan untuk menuangkan Hasil pengawasan ke dalam Laporan Hasil Pengawasan dan dokumentasi pelaksanaan pengawasan.

Heriyanto, Koordinator Divisi Pencegahan, Partisipasi Masyarakat dan Humas, mengatakan, sebelum bertugas PPDP/Pantarlih wajib mendapatkan bimtek coklit sesuai dengan PKPU Nomor 7 Tahun 2024 dan petunjuk teknis.

Ia juga menyampaikan terkait potensi kerawanan pelanggaran pada Tahapan Penyusunan Daftar Pemilih.

“Sesuai dengan SE Nomor 89 Tahun 2024 tentang Pencegahan Pelanggaran dan Pengawasan Penyusunan Daftar Pemilih. Terdapat tiga aspek yang menjadi potensi kerawanan. Yakni aspek ketaatan prosedur, akurasi data pemilih, serta aspek geografis wilayah rawan,” jelasnya

Aspek ketaatan prosedur, yakni Pantarlih tidak melakukan coklit dari rumah ke rumah, tidak mencocokkan data pemilih dengan KTPel maupun KK atau identitas kependudukan lainnya.

Lanjutnya, aspek akurasi data pemilih, salah satunya yakni Pantarlih tidak mencoret pemilih Tidak Memenuhi Syarat (TMS), seperti pemilih meninggal, pemilih warga sipil yang beralih status menjadi TNI/Polri.

Aspek wilayah rawan, yakni sulitnya menjangkau akses pemilih yang terkena dampak bencana alam seperti banjir, longsor, dan lainnya.

Bawaslu Kabupaten Wajo berharap, seluruh potensi kerawanan coklit, bisa menjadi atensi bersama.

“Dengan mengacu pada seluruh potensi kerawanan yang sudah dipetakan, proses coklit bisa maksimal dan menghasilkan data yang valid,” terangnya.

Baca juga:  Apel Siaga Pemilu 2024, Mardiana Rusli: Jangan Biarkan Kapal Pinisi Yang Dinahkodai Bawaslu Karam di Tengah Jalan

Share :

Baca Juga

Sulsel

Setelah Menunggu 12 Tahun, Akhirnya Warga Tanjung Alya Nikmati Air Bersih dari PDAM

Sulsel

Bupati Luwu Diminta Bentuk Tim Sosialisasikan Cara Akses KUR

Sulsel

DWP Sulsel Diminta Ikut Sukseskan Program Penanganan Inflasi dengan Tanam Cabai

Sulsel

Lionel Messi 3 Kali Dapat Hadiah dari Gubernur Andi Sudirman

Sulsel

Gerakan Pangan Murah Kembali Digelar di Bone, Bulog Siapkan 20 Ton Beras

Sulsel

Ada Pengaduan Pelanggan, Dirut PDAM: Saya Inisiatif untuk Langsung Menuju Lokasi

Sulsel

Bupati Barru Hadiri Gelar Pasukan HUT ke-73 Satpol PP dan HUT ke-61 Satlinmas

Sulsel

Bupati ASA: Dengan Pelayanan yang Lebih Baik Diharapkan Menciptakan Kedekatan Masyarakat dan TNI