Home / Pendidikan

Senin, 10 Juni 2024 - 17:34 WIB

Sekdis Pendidikan Sulsel Buka Secara Resmi Kejuaraan O2SN SMK Tingkat Provinsi Sulsel 2024

Sekretaris Dinas Pendidikan Sulsel, Dr Andi Ibrahim didampingi oleh Kepala Bidang SMK Disdik Provinsi Sulsel, H. Hery Sumiharto membuka secara resmi kejuaraan O2SN SMK Tingkat Provinsi Sulsel di Lapangan Tennis Kantor Disdik Sulsel, Senin (10/06/2024)

Sekretaris Dinas Pendidikan Sulsel, Dr Andi Ibrahim didampingi oleh Kepala Bidang SMK Disdik Provinsi Sulsel, H. Hery Sumiharto membuka secara resmi kejuaraan O2SN SMK Tingkat Provinsi Sulsel di Lapangan Tennis Kantor Disdik Sulsel, Senin (10/06/2024)

LINTASCELEBES.COM MAKASSAR — Sekretaris Dinas Pendidikan (Disdik) Provinsi Sulawesi, Dr. Andi Ibrahim, S.Pd., M.Pd., membuka secara resmi kejuaraan Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN) SMK Tingkat Provinsi Sulawesi Selatan Tahun 2024 di Lapangan Tennis Kantor Diskdik Provinsi Sulawesi Selatan, Senin (10/06/2024).

Dr. Andi Ibrahim dalam sambutannya mengatakan dengan menjunjung tinggi sportivitas menjadi komitmen dan hal yang terpenting bagi peserta kejuaraan untuk menjunjung kejuaraan dalam berolahraga. Karena sportivitas yang baik menentukan juara sejati. Sportivitas merupakan bagian dari kepribadian, bagian dari pembentukan pendidikan karakter yang jujur dan disiplin.

Menurutnya, kualitas peserta dalam mengikuti kejuaraan harus semakin baik dan meningkat, karena peserta yang telah terpilih mengikuti kejuaraan ini merupakan orang-orang pilihan yang mewakili sekolah dan Kabupaten Kota untuk bertanding ketingkat Nasional. Begitu pula dengan pelatih/pembina harus mampu memberikan pelatihan dan pengajaran yang terbaik.

“Salah satu tujuan kegiatan ini untuk meningkatkan kompetisi peserta didik dalam bidang olahraga, khususnya meningkatkan prestasi O2SN ketingkat Nasional, serta menjalin rasa persaudaraan antar SMK se- Sulawesi Selatan dan sesama peserta didik,” jelasnya.

Lanjutnya, kegiatan kejuaraan O2SN tingkat provinsi ini adalah salah satu indikator untuk menuju ke tingkat Nasional serta kegiatan yang mampu meningkatkan kompetensi proses dan hasil pembelajaran di sekolah. Ini dapat tercapai oleh karena semua pihak telah mendukung dan mengambil peran sesuai dengan tugas dan fungsinya masing-masing.

“Kejuaraan O2SN tahun ini merupakan kegiatan yang tidak terpisahkan dari upaya pembinaan dan kerja keras oleh para pelatih/pembina. Kejuaraan ini diharapkan mampu mendorong generasi muda untuk dapat berkompetisi diarena nasional maupun internasional. Kejuaraan ini dapat juga dijadikan promosi untuk masyarakat yang ingin masuk SMK, sehingga minat peserta didik lebih banyak masuk di SMK untuk meningkatkan prestasi di bidang olahraga,” tuturnya.

Baca juga:  Refleksi Satu Tahun Kepemimpinan Bupati Dan Wakil Bupati Membangun Sinjai

Kegiatan kejuaraan O2SN seperti tentunya berkesinambungan setiap tahun sehingga tercipta peserta didik yang memiliki daya juang, berkompetisi, dan berprestasi tinggi. Melalui kegiatan ini pula diharapkan semua pihak dapat menjalin kerjasama, persahabatan, memiliki jiwa sportivitas yang baik.

“Dalam kesempatan yang baik ini saya sampaikan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada semua pihak telah mendukung pelaksanaan kejuaraan O2SN ini,” tutupnya.

Sementara Ketua Panitia, H. Hery Sumiharto, SE., M.Ed dalam laporannya menyampaikan bahwa pada hari ini Dinas Pendidikan Provinsi Sulawesi Selatan melalui Kementerian Pendidikan melaksanakan seleksi Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN) yang terdiri dari 5 Cabang olahraga yaitu Bulutangkis, Renang, Karate, Pencak Silat dan Atlet.

Pada kegiatan ini kami melaporkan, kata Hery, bahwa peserta didik SMK yang ikut seleksi tingkat Provinsi Sulawesi Selatan sejumlah 111 orang peserta didik yang akan bertanding dan berlomba dalam penyelenggaraan O2SN kali ini.

“Oleh karena itu peserta diharapkan dapat menjaga kesehatan, stamina dan konsentrasi penuh supaya semua peserta dapat mengikuti lomba ini dengan lancar untuk memberikan yang terbaik kepada Provinsi Sulawesi Selatan nanti di tingkat nasional,” jelas Kepala Bidang SMK, H. Hery Sumiharto.

Kegiatan tersebut dihadiri oleh Kepala Bidang (Kabid) SMA Disdik Sulsel, Muhammad Nur Kusuma Jaya, Pejabat Lingkungan Dinas Pendidikan Sulsel, Pembina/pelatih Cabor, Wasit beserta Siswa Siswi peserta O2SN dan para Media.(Sir)

Editor: Hamzah

Share :

Baca Juga

Pendidikan

Kepala Dinas Pendidikan Kota Makassar Hadiri Milad ke-46 DPR BKPRMI

Pendidikan

Terima Mahasiswa KKLP STIFA Makassar, Amran Mahmud Harapkan Bantu Penanganan Stunting

Pendidikan

Danny Pomanto Dukung Reuni Perak Alumni 1997 SMA se-Kota Makassar, Target Pecahkan Rekor MURI

Pendidikan

Diikuti Setiap Tingkat Satuan Pendidikan, Pemkab Wajo Gelar Lomba Gerak Jalan dan Karnaval

Advertorial

Hadiri Penamatan SMAN 3, Ini Harapan Wakil Bupati Wajo

Pendidikan

Wajo Mulai PTM 6 September, Dilaksanakan Terbatas dan Prokes Ketat

Pendidikan

1.428 Santri As’adiyah Sengkang Ditamatkan, Wabup Amran Beri Ucapan Selamat

Pendidikan

Wisuda Santri Tahfidz Qur’an, Amran Mahmud Sebut Pertumbuhan Pondok Tahfdiz di Wajo Bertumbuh Pesat