Home / Sulsel

Senin, 10 Juni 2024 - 21:41 WIB

Mei 2024, DLH Jadi OPD Terbanyak Diadukan Masyarakat Lewat SP4N Lapor

LINTASCELEBES.COM MAKASSAR — Sebanyak 18 aduan masyarakat pada bulan mei 2024 masuk ke dalam aplikasi SP4N-LAPOR Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Makassar.

Hal itu diungkapkan langsung Kabid Humas dan Informasi Komunikasi Publik (IKP) Makassar, Isnaniah Nurdin, Senin (10/06/2024).

Innang sapaan akrab Isnaniah Nurdin mengatakan laporan yang masuk beragam dan banyak jenis kualifikasi laporannya.

Dari 18 item, laporan yang paling banyak diadukan masyarakat yakni menyangkut soal ketertiban umum, perlindungan warga, drainase, infrastruktur pendukung dan hak pekerja. “Ini aduan warga di lingkup Pemkot Makassar. Setiap daerah pun pasti beda-beda,” ucapnya.

Dia mengungkapkan laporan warga paling banyak tertuju pada OPD Dinas Lingkungan Hidup sebanyak 4 aduan, lalu menyusul Dinas Sosial sebanyak 3 aduan, Dinas Pekerjaan Umum dan Dinas Perhubugan masing-masing 2 aduan, Dinas Ketenagakerjaan 1 aduan dan Satuan Polisi Pamong Praja juga mendapat 1 aduan, Dinas Kebudayaan 1 aduan.

Seluruh aduan tersebut sudah tersampaikan langsung ke dinas terkait.

Dari total 18 aduan yang masuk, 15 aduan telah dinyatakan dengan status sudah ditindaklanjuti. Salah satunya laporan terkait, ketertiban umum, drainase dan infrastruktur pendukung. “Alhamdulillah 15 aduan sudah ditindaklanjuti langsung oleh OPD terkait. Sisanya itu, ada yang masih status terverifikasi dan diarsipkan oleh pelapor,” sebutnya.

Ia pun yakin jika ada laporan yang masuk, sudah dapat dipastikan masalahnya akan diselesaikan kepada opd yang bersangkutan.

SPAN LAPOR sendiri dibuat untuk menerima laporan dari semua pihak di Kota Makassar. “Tim kami diberikan tugas sebagai pengelola, jadi kami menerima berbagai pengaduan dan kami tidak boleh menolak aduan dari siapa pun, dari manapun,” tuturnya.

Innang menjelaskan Lewat aplikasi SPAN LAPOR, para pengadu dapat memanfaatkan sebuah fitur yang bersifat rahasia. Artinya data pelapor bisa bersifat anonim atau tanpa nama.

Baca juga:  Kunjungi Posko Terpadu Bencana Kekeringan, Dandim 1406 Wajo: Tetap siaga, koordinasi dan jaga kesehatan

lewat aplikasi ini pula segala permasalahan urusan publik dapat terselesaikan dengan tepat sasaran. “Semua pelapor pun dapat memantau laporan yang sudah dilayangkan di aplikasi SP4N LAPOR,” pungkasnya. (Sir)

Editor: Hamzah

Share :

Baca Juga

Sulsel

HMI MPO Cabang Wajo Maju Galang Dana untuk Korban Kebakaran 8 Rumah Panggung di Watampanua

Sulsel

Plt Camat Bontoala Aswin Kartapati Harun Dampingi Ketua TP PKK Kota Makassar

Sulsel

Lurah Siwa Pimpin Masyarakat Bawa Parang Kelapangan A Manginda, Ini Yang Dilakukan

Sulsel

Bersama Bupati Suardi Saleh, Kapolda Sulsel Tinjau Vaksinasi Anak di SD 1 Barru

Sulsel

Bupati Barru dan PT. PLN UPDK Tello Teken MoU Pemanfaatan FABA

Sulsel

Bapenda Makassar Terima Kunjungan Tim Penilai Inovasi Kementerian Dalam Negeri

Sulsel

Amran Mahmud, Sherly dan Achmad Muflih Insani Beri Motivasi di Talkshow Wirausaha Muda di Wajo

Sulsel

P2DD Provinsi Sulsel Raih Penghargaan Provinsi Terbaik di KTI