LINTASCELEBES.COM WAJO — Wakil Ketua Komisi V DPR RI, Andi Iwan Darmawan Aras dan Harvey B Maliholo Fraksi PDIP dapil Papua Barat, melakukan kunjungan kerja (Kuker) ke Kabupaten Wajo.

Kedua Legislator Senayan yang didampingi Sekretariat dan Tenaga Ahli Komisi V DPR RI, dari Kementerian PUPR ini, kuker ke Wajo untuk peninjauan infrastruktur dan transportasi pasca bencana banjir melanda daerah tersebut.

Rombongan diterima langsung, Penjabat Bupati Wajo Andi Bataralifu di Ruang Pola Kantor Bupati Wajo, Rabu (22/5/2024).

Dalam Sambutannya, Andi Bataralifu menyampaikan bahwa, banjir bandang terjadi di Kabupaten Wajo akibat tingginya curah hujan pada tanggal 29 April – 5 Mei 2024, sehingga menyebapkan debit air meningkat dan menggenangi pemukiman.

“Wajo ini sebenarnya posisi hilir, hulunya di Soppeng Sidrap, Bone dan Luwu dan sehingga aliran air berujung di Kabupaten wajo,” jelasnya.

Bupati menambahkan, dampak banjir mengenangi 9 kecamatan dan 57 desa/kelurahan dan masuk kategori bencana agak berat.

Lanjut dia, Kecamatan Tempe ada beberap area masih tergenang banjir dan 14.600 KK,  12.000 unit rumah, 41 Unit sekolah,  27 masjid, 14 sarana kesehatan, 5600 h Sawah, 4000 h kebun, dan pasar, termasuk jalan jembatan talud dan drainase terdampak banjir.

“Sudah ada beberapa fasilitas umum yang kami perbaiki menggunakan APBB. Namun begitu, kami berharap, pemerintah pusat sekiranya setiap kerusakan dapat menjadi atensi untuk merecovery jalan jembatan darinase dan saluran irigasi,” Harapnya.

Sementara, Anggota DPRD RI, Andi Iwan Darmawan Aras menyampaikan, bahwa kunjungan ini untuk mengetahui dan menindak lanjuti sarana dan prasarana di Kabupaten Wajo yang rusak pasca banjir.

“Kami juga menyerap aspirasi dari Pemkab Wajo terkait beberapa aliran sungai yang ada di Wajo serta menanggapai usulan dari Kabupaten Wajo,” ujarnya.

Baca juga:  Bapenda Kota Makassar Gelar Acara Perpisahan dengan Wawali Fatmawati Rusdi

Lebih lanjut, Politisi Partai Gerindra ini mengatakan, pembangunan infrastruktur di Kabupaten Wajo ini menjadi prioritas dan berharap pembangunan infrastruktur dapat terlaksana dengan baik.

“Kita apresiasi Pj Bupati Wajo yang intens melakukan komunikasi dan sinergi dengan kami di Senayan. Terkait bagaimana mencarikan solusi dari berbagai permasalahan yang ada di Kabupaten Wajo. Salah satunya pembangunan infrastruktur dampak dari bencana alam banjir,” kata Ketua Komisi V DPR RI, Andi Iwan Darmawan Aras ini.

Direktur Preservasi Jalan Jembatan Wilayah II Dirjen Bina Marga, Dr Budiman, menyampaikan bahwa usulan tahap I Wakil Ketua Komisi V, Andi Iwan Aras telah disetujui Kementerian PUPR.

“Untuk penanganan pembagunan pasca banjir telah disetujui kita tingal menunggu tanda tangan  dari Menteri Keuangan,” sebutnya.(Humas Pemda Wajo)