Home / Sulsel

Sabtu, 10 Februari 2024 - 18:21 WIB

Apel Siaga Masa Tenang Pemilu 2024, Malik Inginkan Zero Pelanggaran Pemilu di Wajo

LINTASCELEBES.COM WAJO — Pimpinan Bawaslu Provinsi Sulsel, Dr. Abdul Malik S,Hi., M.Hi memberikan Instruksi kepada jajaran Bawaslu Kabupaten Wajo, Panwascam, PKD dan PTPS, bahwa Besok masa tenang, tidak ada lagi kegiatan-kegiatan yang menjurus pada kegiatan kampanye. Hal itu disampaikan pada Apel Siaga Pemilu Tahun 2024, Sabtu (10/02/2024) di lapangan Merdeka Sengkang.

“Kemudian lakukan patroli pengawasan, tujuannya bukan untuk mencari-cari kesalahan peserta pemilu tetapi itu semata-mata hanya melaksanakan tugas dan fungsi kepengawasan kita. Disamping itu, hal terpenting dilakukan adalah upaya pencegahan”, tegas Mantan Ketua Bawaslu Kabupaten Wajo ini.

Pak Bupati dan Forkopimda Wajo, lanjut Malik, saya berharap di kabupaten Wajo ini Zero Pelanggaran. Bisa, ya? Tanya Malik kepada jajaran Bawaslu Kabupaten Wajo, Panwascam, PKD dan PTPS, langsung dijawab dengan serentak, Bisaaa !!!

“Olehnya itu lakukan Pencegahan secara maksimal. Pencegahan tidak hanya bisa dilakukan ketika sebelum terjadinya Pelanggaran tetapi Pencegahan itu masih bisa dilakukan bila Pelanggaran itu sedang terjadi”, jelas Malik.

“Selain itu jaga integritas, utamanya kepada Sahabat PTPS yang baru dilantik, pahami kerja-kerja tekhnis. Tugas PTPS bukan menindak KPPS tetapi melakukan Pengawasan, karena itu jika terjadi kesalahan maka lakukan saran perbaikan”, harap Malik.

Hal yang sama disampaikan Ketua Bawaslu Kabupaten Wajo, Andi Hasnadi, SH, saat menyampaikan sambutan agar seluruh jajaran Bawaslu sampai ke tingkat PTPS se Kabupaten Wajo, memahami dasar hukum Pemilu serentak tahun 2024 yakni Undang-undang nomor 7 tahun 2017 serta Undang-undang lainnya yang berkaitan dengan Pemilu.

Dia juga mengingatkan agar Pengawas Pemilu, memahami dan mengerti betul apa yang menjadi tanggung jawab dalam menjalankan tugas sebagai Pengawa Pemilu. Selain itu, Pengawas Pemilu harus menjaga dan memastikan proses demokrasi berjalan sesuai dengan amanat Undang-undang.

Baca juga:  Kapolda Sulsel dan Pangdam XIV Hasanuddin Gelar Konferensi Pers Pengrusakan Fasilitas Polri

“Besok adalah tahapan masa tenang, artinya aktivitas kampanye tidak boleh lagi dilakukan. Dan untuk memastikan hal itu, maka sesuai dengan regulasi, tiga hari kedepan Pengawas Pemilu harus melakukan Pengawasan satu kali dua puluh empat jam”, tegas Andi Hasnadi.

Sementara itu Kapolres Wajo AKBP. Fatchur Rochman S.H.,M.H, saat menyampaikan sambutan singkatnya mengatakan, sebagai bagian dari Gakkumdu, dia mengajak pada semua pihak agar bersama-sama menciptakan Pemilu yang damai sebagaimana yang kita inginkan bersama.

“Sebagai bagian dari Gakkumdu, saya mengajak pada semua pihak, mari bersama-sama menciptakan Pemilu yang damai, pada tanggal 14 Februari 2024 nanti, dan jangan lewatkan momen yang sangat berharga bagi kita semua”, harap Fatchur.

Bupati Wajo Amran Mahmud, mengungkapkan rasa terima kasih dan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada jajaran Bawaslu sampai tingkat PTPS atas kerja-kerja yang profesional, menjaga kekompakan, sinergitas dan terus menerus membangun komunikasi dengan seluruh stakeholder termasuk Pemerintah Kabupaten Wajo.

“Merupakan kebanggaan kita bersama karena sampai saat ini tidak ada hal yang terjadi yang kita tidak inginkan, itu berkat edukasi kita bersama. Olehnya itu mari kita pertahankan dan selalu menjaga agar Pemilu damai, professional, Pemilu yang berintegritas dapat terwujud di Kabupaten Wajo”, ungkap Amran.

Apel Siaga Masa Tenang Pemilu 2024 Bawaslu Wajo dihadiri, Komisioner Bawaslu provinsi Sulsel, Bupati Wajo, Dr. H. Amran Mahmud, S.Sos. M. Si, Wakil Bupati Wajo, H. Amran, SE, Kapolres Wajo AKBP. Fatchur Rochman S.H.,M.H, Dandim 1406 Wajo yang di wakili oleh Kapten Inf Muhammad Tang, Kajari Wajo yang di wakili oleh kasi Intel Andi Saiful SH., MH, dan Sekda Wajo, Ir. Armayani, M.Si.

Kemudian dihadiri lebih seribu orang dari Jajara Bawaslu Kabupaten Wajo yakni, Komisioner Bawaslu, Kepala Sekretariat dan Staf Bawaslu, Panwascam, Kepala Sekretariat dan Staf Panwascam, PKD dan PTPS Se-Kabupaten Wajo. (*S. Menroja*)

Baca juga:  Seminar Pertanian Terpadu II, Amran Mahmud Dorong Mahasiswa Jadi Petani Millenial

Editor: Hamzah

Share :

Baca Juga

Sulsel

Pj Gubernur Bahtiar Paparkan Rencana Pembangunan Sulsel di Depan Presiden Jokowi

Sulsel

Suardi Saleh Jemput Langsung Jemaah Haji di Asrama Sudiang

Sulsel

Dalam Rangka Studi Tiru, Dishub Makassar Terima Kunjungan Dishub Kabupaten Sinjai

Sulsel

Telan Rp1,98 Miliar, Dinas PUPRP Wajo Benahi Drainase Sekitar Pasar Sentral yang Jadi Langganan Banjir

Sulsel

Peresmian BPBL, Amran Mahmud Apresiasi Bantuan Andi Yuliani Paris

Sulsel

Koordinasi Persiapan Pengawasan Partisipatif, Bawaslu Wajo Kunjungi Kantor Kementerian Agama Wajo

Sulsel

Pemkab Sidrap Ikuti Rapat Pemantauan Tindak Lanjut Rekomendasi BPK

Sulsel

Dishub Makassar Turunkan 250 Personel Ikut Serta Bentangkan Bendera Merah Putih di Losari