Home / Sulsel

Rabu, 3 Januari 2024 - 15:52 WIB

Pemerintah Siapkan Dana KUR Rp30 Triliun untuk Pertanian, Perikanan, dan Peternakan

Penjabat Gubernur Sulsel, Bahtiar Baharuddin, bersama petani Kelurahan Pattapang, Kecamatan Tinggimoncong, Kabupaten Gowa, melakukan penanaman kentang, Rabu (03/01/2023)

Penjabat Gubernur Sulsel, Bahtiar Baharuddin, bersama petani Kelurahan Pattapang, Kecamatan Tinggimoncong, Kabupaten Gowa, melakukan penanaman kentang, Rabu (03/01/2023)

LINTASCELEBES.COM JENEPONTO — Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Selatan (Sulsel) bersama Komite Kebijakan Sektor Keuangan (KKSK) Sulsel menyiapkan Rp30 triliun dana Kredit Usaha Rakyat (KUR) khusus untuk sektor pertanian, perikanan dan peternakan.

“Tahun ini kita siapkan Rp30 triliun KUR untuk Sulsel. Selama ini hanya Rp15 triliun. Sekarang dua kali lipat untuk KUR,” kata Penjabat Gubernur Sulsel, Bahtiar Baharuddin, saat silaturahmi dengan Pj Bupati dan Forkopimda Jeneponto, di Rumah Jabatan Bupati Jeneponto, Selasa, 2 Januari 2023.

Ia menjelaskan, khusus budidaya pisang cavendish ada dana KUR Rp100 juta per hektarnya. Budidaya cabai Rp80 juta per hektare, begitu juga dengan budidaya bawang merah Rp80 juta.

Kemudian disiapkan juga dana KUR di sektor perikanan seperti rumah ikan atau rumpon dan KUR makro bagi yang ingin usaha di bawah Rp10 juta.

“Mau ki tanam pisang ada Rp100 juta per hektare, mau tanam cabai Rp80 juta per hektare, mau tanam bawang ada Rp80 juta per hektare. Tidak bisa kita main-main soal masyarakat, kita harus manfaatkan ini semua untuk masyarakat,” ujarnya.

Bahtiar mendorong masyarakat memanfaatkan KUR tersebut, untuk menghidupkan kembali lahan-lahan tidur agar bisa menjadi sumber penghasilan bagi masyarakat.

“Ekonomi masyarakat kita bisa kita ubah dengan memaksimalkan pemanfaatan dana KUR ini. Jeneponto akan menjadi yang terbaik jika memanfaatkan ini, karena memiliki lahan yang sangat luas,” imbuhnya. (Natsir)

Editor: Hamzah

Baca juga:  Pemkab Wajo Dampingi Kabinda Sulsel Tinjau Bendungan Paselloreng dan Gilireng

Share :

Baca Juga

Sulsel

679 Kabupaten Sidrap, Gubernur Andi Sudirman: Alhamdulillah, Rp 300 Miliar Alokasi Sejumlah Program Prioritas

Sulsel

Gubernur Andi Sudirman Pastikan Pemenuhan Bantuan Korban Musibah Angin Kencang di Pinrang

Sulsel

Bekerjasama BIN, Pemkab Sinjai Gelar Vaksinasi

Sulsel

DP3AP2KB Sinjai Gelar Rakor Pencegahan dan Penanganan Kekerasan pada Perempuan dan Anak

Sulsel

Rakorsus 2024 Makassar, President Director of Shanghai Paparkan Tentang Sampah Menjadi Energi, Dukung Terwujudnya Low Carbon City

Sulsel

Anjungan Pantai Sumpang Binangae, Ketua Majelis Pakar dan Kordinator Presidium KAHMI Barru Senam Pagi

Sulsel

Panen Raya di Gowa, Sulsel Sukses Tangani Dampak El Nino

Sulsel

Di Bulukumba, Gubernur Andalan Serahkan Sejumlah Bantuan di Kegiatan Anti Mager 10 Tahun PKH