Home / Sulsel

Minggu, 31 Desember 2023 - 17:09 WIB

Lantik Pj Bupati Jeneponto dan Sidrap, Bahtiar Baharuddin Harap Falsafah Bugis Makassar Jadi Pegangan Pengelolaan Daerah

Pj Gubernur Sulsel, Bahtiar Baharuddin, melantik Junaedi sebagai Pj Bupati Jeneponto dan Basra sebagai Pj Bupati Sidrap, di Aula Tudang Sipulung Rumah Jabatan Gubernur, Minggu (31/12/2023)

Pj Gubernur Sulsel, Bahtiar Baharuddin, melantik Junaedi sebagai Pj Bupati Jeneponto dan Basra sebagai Pj Bupati Sidrap, di Aula Tudang Sipulung Rumah Jabatan Gubernur, Minggu (31/12/2023)

LINTASCELEBES.COM MAKASSAR — Penjabat (Pj) Gubernur Sulsel, Bahtiar Baharuddin, melantik Junaedi sebagai Pj Bupati Jeneponto dan Basra sebagai Pj Bupati Sidrap, di Aula Tudang Sipulung Rumah Jabatan Gubernur, Minggu, 31 Desember 2023. Pada momentum tersebut, Bahtiar berharap agar mereka yang dilantik bisa menjadikan falsafah Bugis, Makassar, Mandar, sebagai pegangan pengelolaan pemerintah daerah di Sulsel.

“Kalau kita memerintah, hendaknya selalu memerhatikan semua hal-hal di sekeliling kita, namun terkadang tidak harus berpura-pura buta,” kata Bahtiar.

Menurut Bahtiar, pesan-pesan para tetuah kita di Sulawesi Selatan punya kelebihan. Falsafah sipakkatau, sipakalebbi mengandung makna saling memanusiakan, dan itu sangat luar biasa.

“Saya tidak berpantun tapi menyampaikan pesan-pesan orang tua Bugis Makassar, falsafah Bugis Makassar, atau Mandar. Bahasa Konjo bahasanya saja yang berbeda, tapi maknanya sama,” tuturnya.

Hal ini, lanjut Bahtiar, adalah cara untuk memperkuat persatuan dan kesatuan di Sulsel. Saling memahami, saling mengerti, karena falsafah ini kekayaan yang luar biasa.

“Siapa lagi yang memelihara bahasa kita kalau bukan kita. Saya pikir anak-anak muda kita di Sulsel ini harus mulai kita sering ucapkan ini, supaya mereka bisa paham. Saya kira itu yang sedang kami biasakan, tradisi yang baik, patut kita ulangi. Bahkan nanti mungkin tahun depan kalau bisa dipilihlah satu hari diantara 6 hari ini, kita gunakan bahasa daerah satu hari,” urainya.

Ia pun menyampaikan selamat kepada mereka yang baru saja dilantik untuk mengemban amanah sebagai Pj Bupati Jeneponto dan Sidrap.

“Maka kami minta hari ini yang dilantik, sore ini langsung berangkat ke daerah, langsung kerja. Langsung lakukan rapat bersama Forkopimda, ketemu Pak Kapolres, Dandim,” pesannya. (*Natsir)

Baca juga:  Hasnah Syam Hadirkan Anyaman Bambu Produk IKM Cenrapole Dipameran Kriya Nusa 2022

Editor: Hamzah 

Share :

Baca Juga

Sulsel

21.000 Benih Ikan Ditebar di Kolam Desa Wollangi, Program Ketahanan Pangan Pj Gubernur Sulsel

Sulsel

Rapat Paripurna, Pimpinan DPRD Wajo Sampaikan Laporan Hasil Kinerja

Sulsel

Bupati Barru Bantu Puluhan Korban Puting Beliung di Tanete Rilau

Sulsel

51 Desa Wisata Sulsel Masuk 500 Besar Anugerah Desa Wisata Indonesia Kemenparekraf

Sulsel

Rangkaian HUT Ke-354 Sulsel, Pj Gubernur Gelar Tasyakuran Bersama 3.540 Anak-anak Yatim Piatu

Sulsel

Pesan Wali Kota Danny Untuk 862 Pegawai PPPK yang Lulus

Advertorial

Tim Koordinasi KPK Apresiasi Pencegahan Korupsi di Lingkup Pemkab Wajo

Sulsel

Kadis Pariwisata Musmuntahar Sukses Hantarkan Putra Putri Barru Raih Prestasi