Home / Sulsel

Rabu, 27 Desember 2023 - 21:11 WIB

Bawaslu Wajo Harapkan Sinergitas Jurnalis Kawal Tahapan Kampanye dan Penyaluran Logistik

Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Wajo menggelar diskusi dengan sejumlah jurnalis dari media cetak, dan online, di Kantor Bawaslu Wajo, Rabu 27/12/23

Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Wajo menggelar diskusi dengan sejumlah jurnalis dari media cetak, dan online, di Kantor Bawaslu Wajo, Rabu 27/12/23

LINTASCELEBES.COM WAJO — Kepala Sekertariat Bawaslu Kabupaten Wajo, A. Irasetiawati sangat berharap kepada para jurnalis untuk membantu mengawasi tahapan kampanye yang berlangsung saat ini. Apalagi tahapan kampanye ini juga bersamaan dengan penyaluran logistik.

Hal itu disampaikan A. Irasetiawati pada diskusi dengan sejumlah jurnalis dari media cetak, dan online yang digelar  di Kantor Bawaslu Wajo, Rabu 27/12/23.

“Kami harap bantuan sahabat-sahabat media dalam mengawasi tahapan kampanye dan penyaluran logistik pada Pemilu Legislatif dan pemilihan Capres-Cawapres (PilPres) tahun depan,” hapanya.

Irasetiawati mengatakan, tujuan dari diskusi ini adalah saling berbagi informasi untuk pemantapan publikasi dalam tahapan kampanye dan pengawasan penyaluran logistik.

Harapan yang sama disampaikan Komisioner Bawaslu Kabupaten Wajo, Divisi Penanganan Pelanggaran, Herwan.

Herwan mengharapkan adanya sinergitas antara Bawaslu dan Jurnalis dalam mengawal Pemilu Legislatif dan Pilpres.

“Informasi awal dari pemberitaan sahabat-sahabat wartawan, bisa menjadi dasar bagi Bawaslu untuk menindaklanjuti dugaan pelanggaran Pemilu dan Pilpres, ” ucapnya.

A. Rafiuddin Wartawan Sulsel update, menyambut baik ajakan Bawaslu Wajo untuk bersinergi. A. Rafiuddin menyatakan kesiapannya untuk bersinergi, bahkan menurut Rafiuddin, dia sudah membantu Bawaslu menertibkan baliho yang terpasang di halaman rumahnya.

“Ratusan Baliho sudah saya bersihkan di halaman rumah saya. Karena baliho itu dipasang tanpa seijin saya sebagai pemilik lahan, ” ujarnya.

Rafiuddin juga mempertanyakan kepada Bawaslu, tentang sikap yang harus dia ambil jika melihat terjadi pelanggaran di depan matanya.

“Apa yang harus saya lakukan jika mendapati terjadinya pelanggaran tahapan Pemilu dan Pilpres. Apakah saya langsung beritakan atau saya konfirmasikan dulu dengan Bawaslu, ” Ketusnya.

Sementara itu, Jabal Qubais, Wartawan Tribun Timur, mempertanyakan regulasi yang mengatur pemasangan Baliho di pohon-pohon.

Baca juga:  Lewat Bimtek, Diskominfo Kota Makassar Optimalkan PPID Pelaksana

“Apakah pemasangan baliho Caleg di pohon itu melanggar, karena sampai dengan saat ini masih banyak Baliho di poho-pohon yang belum ditertibkan” kata Jabal.

Kordinator Divisi Penanganan Pelanggatan Bawaslu Wajo, Herwan, mengaku belum bisa memberikan jawaban, katanya dia harus berkordinasi dulu dengan KPU.

“Saya harus kordinasi dulu dengan KPU, apakah itu melanggar atau tidak. Apalagi KPU Wajo sekarang mengalami kekosongan.

Sementara itu, Wartawan Media Bahana.Com, H. Agus Salim, mempertanyakan tentang sanksi bagi ASN dan Kepala Desa yang terlibat secara langsung dalam kampanye Caleg atau sekedar menghadiri kampanye.

” Apa sanksi bagi ASN atau kepala desa yang terlibat dalam kampanye atau menghadiri kampanye salah satu Caleg, ” ujarnya.

ASN atau Kepala Desa, sebut Herwan, yang terlibat dalam tahapan Pemilu, maka Bawaslu akan merekomendasikan kepada Badan Kepegawaian daerah untuk ditindaklanjuti proses pelanggarannya.

“Bagi ASN yang diduga melakukan pelanggaran dalam tahapan Pemilu, akan direkomendasikan kepada BKD untuk diproses sesuai dengan aturan yang ada,” jelasnya. (**)

Editor : Sudirman

Share :

Baca Juga

Sulsel

Disperkim Serahkan Bantuan Material Korban Kebakaran di Kelurahan Pai

Sulsel

Tekan Kelangkaan Migor, Disdag Makassar Gelar Operasi Pasar Tahap Ketiga di Bontoala

Sulsel

Musrenbang Kecamatan Belawa, Bupati Wajo: Fokus Pertama Pembangunan Infrastruktur Poros Macero-Ujung Kessi

Sulsel

BIN DAN PEMERINTAH KECAMATAN RILAU ALE BULUKUMBA GELAR VAKSINASI

Sulsel

Bupati Gowa Lepas 97 Regu Lomba Gerak Jalan Pelajar

Sulsel

Penyuluh dan Petani di Sinjai Ikuti Pelatihan “Sejuta Petani”

Sulsel

Kabid Humas: Kunker Gubernur di Wajo Akan Diberlakukan Prokes yang Ketat

Sulsel

Bapenda Makassar Hadiri Sulsel Bersalawat di Masjid Kubah CPI Makassar