Home / Asahan

Kamis, 31 Agustus 2023 - 19:03 WIB

Sekretaris Daerah Kabupaten Asahan Ikuti Rapat Koordinasi Nasional Pengendalian Inflasi

Bupati Asahan yang diwakili Sekda Asahan Drs. John Hardi Nasution, M.Si turut mengikuti kegiatan yang dilaksanakan secara hybrid tersebut, Kamis (31/8/2023)

Bupati Asahan yang diwakili Sekda Asahan Drs. John Hardi Nasution, M.Si turut mengikuti kegiatan yang dilaksanakan secara hybrid tersebut, Kamis (31/8/2023)

LINTASCELEBES.COM ASAHAN — Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Pengendalian Inflasi adalah pertemuan tahunan tingkat nasional berkaitan dengan koordinasi pengendalian inflasi. Pertemuan ini diinisiasi oleh Tim Pengendalian Inflasi Pusat (TPIP) dan didukung oleh 542 Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) di tingkat Provinsi dan Kabupaten/Kota yang terus bekerjasama untuk menjaga agar harga-harga tetap stabil dan mencapai target inflasi nasional, meskipun sedang dihadapkan pada berbagai risiko inflasi dan tantangan terkait ketahanan pangan.

Rakornas Pengendalian Inflasi Tahun 2023 diselenggarakan secara hybrid di Istana Negara dan dipimpin langsung oleh Presiden RI. Tema utama Rakornas tahun ini adalah “Memperkuat Sinergi dan Inovasi untuk Stabilisasi Harga Menuju Ketahanan Pangan Nasional yang Berkelanjutan”.

Bupati Asahan yang diwakili Sekda Asahan Drs. John Hardi Nasution, M.Si turut mengikuti kegiatan yang dilaksanakan secara hybrid tersebut, Kamis (31/8/2023). Turut juga hadir Asisten II, Staf Ahli dan beberapa OPD dalam kegiatan yang dilaksanakan di Aula Mawar Kantor Bupati Asahan tersebut.

Gubernur Bank Indonesia (BI) Perry Warjiyo menyebut laju inflasi Indonesia turun lebih cepat dan telah kembali ke sasaran 2-4 persen. Perry menjelaskan, turunnya inflasi terjadi pada seluruh kelompok, baik inti, harga bergejolak (volatile food), dan harga yang diatur pemerintah (administered prices). “Seluruh wilayah juga mencatatkan penurunan inflasi dan telah berada dalam sasaran inflasi nasional,” tandasnya.

Sementara Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengungkapkan angka inflasi Indonesia jauh lebih rendah ketimbang sejumlah negara di dunia. Hal itu didukung oleh sinergi yang kuat antara pemerintah pusat dan daerah dalam mengendalikan inflasi. “Inflasi sangat terkendali di angka 3,08 persen di Juli 2023, ini sebuah angka yang sangat baik sekali,” kata Jokowi.

Baca juga:  Polres Wajo Gelar Vaksinasi Boster Bagi Seluruh Personilnya

Dalam kesempatan tersebut Presiden Bersama Menko Perekonomian dan Gubernur BI menyerahkan TPID Awards kepada beberapa daerah dengan tingkat inflasi terendah di Indonesia.

Usai mengikuti rakor tersebut, Sekda Asahan John Hardi Nasution mengatakan, menyikapi kondisi Inflasi, Pemkab Asahan memberikan apresiasi kepada Pemerintah Pusat dan seluruh pihak terkait yang telah berhasil menekan laju inflasi di Indonesia.

Lebih lanjut John Hardi Nasution menyampaikan bahwa Pemkab Asahan siap mendukung dan mensukseskan program nasional dalam menekan laju inflasi khususnya di Kabupaten Asahan. “ketidakpastian global sangat berdampak buruk, maka dari itu kita Pemerintah Kabupaten Asahan ingin seluruh OPD dan Forkopimda bersinergi untuk mengurangi angka inflasi di Daerah Kabupaten Asahan,” pungkasnya.(Budi)

Editor: Sudirman

Share :

Baca Juga

Asahan

Pemerintah Kabupaten Asahan Sembeli Hewan Qurban

Asahan

Antisipasi Dampak Terjadinya Bencana, Camat Kota Kisaran Timur bersama Sapma Pemuda Pancasila Asahan Lakukan Penanaman Pohon

Asahan

Bupati Asahan Buka Sosialisasi Penyusunan Laporan Penyelenggaraan Pemerintah Daerah

Asahan

Wakil Bupati Asahan Ikuti Acara Silaturahmi dengan Pimpinan Organisasi Buruh/Pekerja

Asahan

Wakil Bupati Asahan Ikut Tabliqh Akbar Al-Jami’yatul Wasliyah

Asahan

Bupati Asahan Lepas Peserta Fun Run HUT ke-78 TNI

Asahan

Wabup Asahan Tinjau Kondisi Bantaran Sungai Liga Asahan

Asahan

Wakil Bupati Asahan Ikuti Grand Launching MPP