Home / Sulsel

Senin, 27 Maret 2023 - 10:21 WIB

Danny Pomanto Intruksikan Dinas PU Uji Kontruksi Bangunan Pasca Kubah Masjid Ittifaqul Jamaah Roboh

Wali Kota Makassar,  Danny Pomanto instruksikan Dinas Pekerjaan Umum (PU) Makassar melakukan uji kontruksi terhadap bangunan Masjid Ittifaqul, Minggu (26/03/2023) malam.

Wali Kota Makassar, Danny Pomanto instruksikan Dinas Pekerjaan Umum (PU) Makassar melakukan uji kontruksi terhadap bangunan Masjid Ittifaqul, Minggu (26/03/2023) malam.

LINTASCELEBES.COM MAKASSAR — Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto langsung bergerak cepat mengambil tindakan pasca kubah Masjid Ittifaqul Jamaah di Jalan Barukang roboh.

Pasca insiden naas tersebut, Danny Pomanto langsung mengintruksikan Dinas Pekerjaan Umum (PU) Makassar melakukan uji kontruksi terhadap bangunan masjid.

“Demi keamanan masyarakat kita tutup dulu sementara masjidnya, besok tim struktur datang untuk menyelidiki kelaikan bangunannya,” kata Danny Pomanto, Minggu (26/03/2023).

Meski demikian, masyarakat setempat masih bisa melaksanakan ibadah Salat Tarawih. Ia meminta pemerintah kecamatan untuk segera membuat tenda darurat sementara.

“Kegiatan ibadah kita alihkan ke jalan dengan tenda. Ini malam kecamatan mempersiapkan itu. Jadi ibadah tetap jalan,” ucapnya.

Insiden naas itu terjadi usai Salat Isya. Sebanyak 12 korban dilarikan ke rumah sakit. Diantaranya, sepuluh korban dilarikan ke RSAL Jala Ammari, dan masing-masing satu korban di RS Akademis Jaury Jusuf dan PKM Pattingalloang.

Danny Pomanto juga mengunjungi para korban di tiga rumah sakit. Ia memberikan dukungan moril dan berjanji akan menanggung biaya pengobatan para korban.

“Semua pembiayaan pemerintah kota yang tanggung,” tegasnya.

Dihubungi terpisah, Sekretaris Dinas PU Makassar Denny Hidayat mengatakan telah mendapatkan instruksi langsung dari Wali Kota Danny Pomanto untuk melakukan uji kontruksi bangunan masjid yang roboh.

“Sudah ada kita bentuk tim di Dinas PU, besok kita turun pagi-pagi,” ungkap Denny Hidayat.

Denny Hidayat menerangkan tim ini nantinya akan melakukan uji struktur bangunan untuk melihat kelaikan masjid. Jangan sampai ada dampak ke struktur bangunan lainnya.

“Kalau ada (dampak struktur ke bangunan lain) harus ada peringatan untuk masyarakat atas penggunaan masjid selanjutnya. Jadi besok kita uji supaya tidak ada dampak yang lebih besar terhadap masyarakat,” tutupnya. (*Natsir)

Baca juga:  Danny Pomanto Dukung Reuni Perak Alumni 1997 SMA se-Kota Makassar, Target Pecahkan Rekor MURI

Editor: Sudirman

Share :

Baca Juga

Sulsel

Bupati Barru Hadiri Haul 40 Tahun Wafatnya H. Kalla dan Hj. Athirah

Sulsel

Wujudkan Keamanan Siber, Diskominfo Makassar Perpanjang PKS Tanda Tangan Elektronik

Sulsel

Bunda PAUD Makassar Berbagi Pengalaman Mendidik dan Membentuk Karakter Anak

Sulsel

Kenalkan Situs Sejarah Lewat Gowes Wisata Budaya, Danny: Mari Gaungkan Pariwisata

Sulsel

Pengecoran Pertama Replika Taj Mahal, Amran Mahmud Ungkap Harapan Wisata Wajo Dikenal Dunia

Sulsel

Melalui Program Gassinta DPM PTSP, Sekda Makassar Harap Mudahkan Investor Berinvestasi

Sulsel

Pekan Ketiga Ramadan, Ribuan Warga Antusias Hadiri GMSSB Pemkot Makassar

Sulsel

Terima Kunjungan Tim Penilai Bappenas PPD 2023, Danny Pomanto Optimis Juara