Home / Sulsel

Senin, 20 Maret 2023 - 19:18 WIB

Tangani Stunting, Dokter Udin Malik Godok Program 1 Anak 1 Warung Makan

Ketua FKKM Kota Makassar, dr Udin Malik hadiri kegiatan Aksi 3 Konvergensi Rembuk Stunting Kota Makassar di Swiss Belhotel, Senin (20/03/2023).

Ketua FKKM Kota Makassar, dr Udin Malik hadiri kegiatan Aksi 3 Konvergensi Rembuk Stunting Kota Makassar di Swiss Belhotel, Senin (20/03/2023).

LINTASCELEBES.COM MAKASSAR — Forum Kemanusiaan Kota Makassar (FKKM) turut berkontribusi dalam penanganan stunting di Kota Makassar. Organisasi yang bergerak di bidang sosial kemanusiaan itu tengah menggodok program 1 anak 1 warung makan.

Ketua FKKM, Dokter Udin Malik menjelaskan, program 1 anak 1 warung memiliki konsep bahwa setiap satu warung makan akan memberikan 1 porsi makanan bergizi kepada 1 anak yang diintervensi.

Program 1 anak 1 warung makan ini telah terbukti efektif. Berdasarkan uji studi FKKM di Kelurahan Ballaparang, Kecamatan Rappocini, program tersebut mampu membantu menaikan berat badan anak yang terdeteksi stunting.

“Sehingga saya sangat optimis kalau program ini bisa diaplikasikan di semua kelurahan yang menjadi lokus penanganan stunting,” ucap dr. Udin yang ditemui di sela-sela kegiatan Aksi 3 Konvergensi Rembuk Stunting Kota Makassar 2023, di Swiss-Belhotel, Senin (20/03/2023).

Saat ini, lanjut dr. Udin, pihaknya sudah memperoleh sejumlah donasi dari beberapa NGO. Donasi ini nantinya bakal difokuskan untuk program yang sama di Kepulauan Barang Lompo, Kecamatan Kepulauan Sangkarrang.

“Karena di sana situasinya cukup berbeda. Di sana tidak ada warung makan sebanyak yang di darat. Jadi nanti kita akan beri subsidi di situ untuk menangani kurang lebih 50 anak, dan dalam waktu dekat ini juga kita akan menduplikasi di Biringkanaya dan Tamalate,” paparnya.

Dokter Udin menargetkan, program ini bisa terlaksana di seluruh kelurahan yang menjadi lokus penanganan stunting. Oleh karena itu, dia berharap kerja sama berbagai pihak untuk turut mensosialisasikan program tersebut. Diharapkan, program itu bisa menjadi percontohan di tingkat nasional.

“Kita sudah dapatkan dukungan dari Bappeda serta Insya Allah besok kita akan berbagi ke BKKBN provinsi dan pusat bersama anggota DPR RI untuk menceritakan program 1 anak 1 warung makan ini di tingkat nasional,” tandasnya. (*Natsir)

Baca juga:  Sekda Abustan Buka Bimtek Pilkades Serentak 2022

Editor: Sudirman

Share :

Baca Juga

Sulsel

Raih Penghargaan BIAN 2022, Kadinkes: Ini Berkat Keseriusan Wali Kota Makassar

Sulsel

Tersedia Hadiah Undian Menarik, Ketua Panitia Ajak Ramaikan Jalan Sehat HUT KORPRI di Wajo

Sulsel

Andi Seto Asapa Sampaikan Ucapan Selamat Atas Promosi Doktor Bupati Gowa

Sulsel

PHDI Sulsel Undang Walkot Peringati 50 Tahun Pura Giri Natha, Danny: Bukti Makassar Kota Inklusif dan Rukun

Sulsel

Pj Sekda Andi Darmawan Lantik 44 Pejabat Fungsional Lingkup Pemprov Sulsel

Sulsel

Hari Pertama Puasa, Beni Iskandar Buka Puasa Bersama Anak Panti Asuhan

Sulsel

Wajo Tercepat Pelaporan LHKPN di Sulsel, Duo Amran Apresiasi Wajib LHKPN

Sulsel

Fasilitas HKI, Disdag Makassar Berikan Peluang dan Manfaat Bagi Para Pelaku Industri Kecil Menengah