Home / Sulsel

Selasa, 28 Februari 2023 - 14:09 WIB

Gerakan Pungut Sampah Sambut Hari Peduli Sampah Nasional

Pemerinta Kelurahan Siwa Kecamatan Pitumpanua Kabupaten Wajo memperingati Hari Peduli Sampah Nasional dan Mengajak masyarakat untuk memungut sampat bersama agar tercipta kebersihan Selasa 28 Fabruari 2023

Pemerinta Kelurahan Siwa Kecamatan Pitumpanua Kabupaten Wajo memperingati Hari Peduli Sampah Nasional dan Mengajak masyarakat untuk memungut sampat bersama agar tercipta kebersihan Selasa 28 Fabruari 2023

LINTASCELEBES.COM WAJO – Pemerintah Kelurahan Siwa Kecamatan Pitumpanua Kabupaten Wajo Sulawesi Selatan bersama, Polsek Urban Pitumpanua, Damramil 1406-10/Pitumpanua, P3S2, Dishub, LDII (Lemba Fawa Islam Indonesia), Wahda Islamia, SCS, MWR, LPMK, dam Bersama Masyarakat peringati Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) Selasa 28 Fabruari 2023.

Kepalah Kelurahan Siwa Hj Harisah ditemui diselala kegiatan Hari Peduli Pungut Sampah dan bertajuk

“ Sayangi Bumi Mariki Tuntaskan Kelola Sampah untuk Kesejahteaan Masyarakat,” ini mengajak masyarakat untuk memungut sampat bersama agar tercipta kondisi wilayah Siwa. Gerakan pungut sampah agar menjadikan bebas sampah di sekitar area terminal dan pasar sentral siwa.

Puluhan orang yang hadir dalam acara tersebut, membawa kantong – kantong sampah seusai memungut sampah sepanjang jalan poros Siwa – Makassar di Kelurah Siwa dan Para pungut sampah juga mengingatkan warga agar membuang sampah pada tempatnya.

Kepala Wilaya Kecamatan Pitumpanua A Cakunu dihubungi terpisah, mengatakan bahwa acara tersebut sebagai salah satu upaya untuk mengkampanyekan gerakan bersih sampah.

“Fokus kegiatan ini adalah kampanye mengenai bersih-bersih sampah, melaksanakan gerakan kebersihan untuk fasilitas umum dan pemerintahan, dalam rangka untuk membantu masyarakat peduli lingkungan yang bersih,” ujarnya.

Dia juga menambahkan ini dilaksanakan selama kurang lebih tiga bulan dimulai sejak Minggu (21 Januari – Sabtu 21 April 2023) mendatang. Pihaknya juga telah memberikan edukasi kepada masyarakat agar peduli sampah diantaranya kegiatan jumat bersih di lingkungan perkantoran.

“Ayo peduli sampah untuk kebersihan kita,” pesannya.

Gerakan pungut sampah yang dimulai sejak pukul 07.00 WIT ini telah berhasil mengumpulkan puluhan kantong plastik.

Kantong yang berisikan sampah organik dan anorganik ini didapat sepanjang jalur poros Siwa – Makassar.

Baca juga:  Beri Kuliah Umum, Amran Mahmud Paparkan Sinergi Pemda dengan PT dalam Pengembangan SDM

Sementara itu, pengunjung Samsu Mappe, Fajar Ambo Dai bersama Musliman Jafar yang ikut melakukan pemungutan sampah mengaku bangga bisa berpartisipasi dalam gerakan pungut sampah.

Dirinya berharap dengan adanya satu gerakan kecil ini, Kelurah Siwa pada khususnya dapat selalu terjaga kebersihannya.

“Kelurahan Siwa Kecamatan Putumpanua selalu bersih sehingga masyarakat bisa hidup sehat dan nyaman saat berkunjung selain itu pula jika ke Pelabuhan BangsalaE tempat penyeberagan ke Sulawesi Tenggara, pasti akan mendapatkan pengakuan kebersihannya,” ungkapnya.(Man)

Editor: Muh. Hamzah

Share :

Baca Juga

Sulsel

Wujudkan Generasi Milenial Cinta Al Quran, Danny Resmikan Pembinaan Penghafal Al Quran

Sulsel

Suardi Saleh: Catatan Strategis dan Rekomendasi Segera Ditindak Lanjuti

Sulsel

Bu Dokter Hasnah Syam Anak Sang Guru yang Takdirnya Menasional

Sulsel

Hadapi Pemilu dan Pilkada 2024, Pemkot Makassar Siap Deklarasikan Netralitas ASN

Sulsel

Pemkot Makassar Alokasikan Dana Hibah untuk KPU Makassar Rp64 Miliar, Bawaslu Rp18 Miliar

Sulsel

Pj Gubernur Bahtiar Ingatkan Perkuat Peran Humas dan Bangun Team Work

Sulsel

Pemda Barru Benahi Jalan Rusak di Poros Pekkae-Takkalalla

Sulsel

Jadi Lokasi Khusus Visitasi PKN TK II LAN Makassar, Kadisdag Arlin Sampaikan Hal ini