Home / Halo Polisi

Senin, 19 Desember 2022 - 12:28 WIB

Kesiapan Polri Agar Perayaan Natal dan Tahun Baru Berjalan Aman dan Tak Ada Gangguan

Kepala Divisi Humas Polri Irjen Dedi Prasetyo gelar konferensi kesiapan Polri dalam rangka Operasi Lilin 2022 di Jakarta, Senin (19/12/2022).

Kepala Divisi Humas Polri Irjen Dedi Prasetyo gelar konferensi kesiapan Polri dalam rangka Operasi Lilin 2022 di Jakarta, Senin (19/12/2022).

LINTASCELEBES.COM JAKARTA — Polri akan menggelar Operasi Lilin guna mengamankan perayaan natal 2022 dan tahun baru 2023. Operasi yang digelar seluruh Indonesia ini akan berlangsung mulai tanggal 22 Desember 2022 hingga 2 Januari 2023.

Kepala Divisi Humas Polri Irjen Dedi Prasetyo mengatakan, kurang lebih sebanyak 102 ribu personel Polri dilibatkan dalam operasi ini. Selain itu, nantinya juga ada perbantuan dari TNI, Kementerian Kesehatan, Dishub, Jasa Marga dan Kementerian serta Lembaga terkait lainnya.

Adapun sasaran pengamanan dalam operasi ini yakni sebanyak 52.636 lokasi yang terdiri dari 41.702 gereja, 711 terminal, 653 pelabuhan, 206 bandara, 256 stasiun kereta api, 3.693 pasar dan pusat perbelanjaan, 3.709 objek wisata dan 1.706 lokasi perayaan malam pergantian tahun.

“Polri akan mendirikan pos pengamanan (pospam) sebanyak 1.868, pos pelayanan (posyan) sebanyak 776, dan pos terpadu sebanyak 70,” kata Dedi saat apel kesiapan Satgas Humas dalam rangka Operasi Lilin 2022 di Jakarta, Senin (19/12/2022).

Pada prinsipnya, kata Dedi, Polri bersama Kementerian dan Lembaga sudah siap melaksanakan Operasi Lilin. Rapat terpadu antar Kementerian dan Lembaga sudah dilakukan.

Pada hari ini juga digelar rapat teknis di Korlantas Polri untuk memadukan komunikasi, cara bertindak, dan hal lain di lapangan, sehingga pada saat pelaksanaan Operasi Lilin, arus mudik dan balik semuanya dilaksanakan dengan aman, lancar dan mengutamakan keselamatan.

Tak hanya mengamankan jalur dan objek, Dedi menambahkan Polri juga melakukan pencegahan terhadap aksi teror. Dimana Densus 88 Antiteror Polri sudah melaksanakan langkah preventif strike di beberapa wilayah.

“Densus 88 melaksanakan operasi preventif strike di Sumatera dan mengamankan 11 terduga teroris,” katanya.

Ia pun meminta masyarakat tetap tenang dan meyakinkan bahwa polri bersama unsur terkait lainnya akan berusaha semaksimal mungkin mengamankan kegiatan masyarakat dalam perayaan natal dan tahun baru.

Baca juga:  Pimpin Sertijab, Kapolres Wajo: Masuk Tahun Politik, Benahi dan Maksimalkan WBK Zona integritas

“Kita juga mohon dukungan masyarakat bersama-sama mengantisipasi segala kemungkinan yang bisa terjadi di dalam perayaan natal dan tahun baru,” katanya.

Terkait dengan penyebaran Covid-19 yang saat ini masih terjadi di Indonesia, ia meminta masyarakat tetap mewaspadai dengan selalu menerapkan protokol kesehatan saat melaksanakan kegiatan baik di dalam maupun di luar ruangan.

Pihak Polri, TNI serta Pemda juga akan terus memaksimalkan sosisalisasi kepada masyarakat untuk tetap menerapkan protokol kesehatan saat melaksanakan aktivitas di luar rumah.

Dedi menuturkan, Kapolri juga sudah memerintahkan jajaran Kapolda dan Kapolres melakukan asesmen level kesehatan dan pengamanan. Hal ini menjadi penting untuk mencegah adanya kerumunan masyarakat yang bisa menyebabkan masalah kesehatan dan keamanan.

“Kita tidak ingin terjadi hal-hal yang bisa menyebabkan jatuhnya korban. Standar pengamanan sudah ditentukan pak As Ops. Kapasitas ruangan yang digunakan berapa luasnya, kemudian jumlah maksimalnya berapa, harus ditentukan jalur escape-nya dan semuanya betul-betul dipersiapkan dengan matang. Setiap kegiatan pengamanan ini harus ada rencana pengamanan secara detail,” katanya.(Rls)

Editor: Sudirman

Share :

Baca Juga

Halo Polisi

Kecelakaan di Lapaukke Pammana, Pengendara Motor Tewas

Halo Polisi

Polres Wajo Raih Penghargaan dari Polda Sulsel

Halo Polisi

Putus Mata Rantai Penularan Covid 19, Polsek Sajaonging Bagikan Masker Jelang Shalat Berjamaah di Masjid

Halo Polisi

Cegah Covid 19, Satlantas Polres Wajo Siapkan Bilik Disinfektan

Halo Polisi

Usai Apel Pagi, Personil Polres Barru Jalani Tes Urine

Halo Polisi

Cegah Penyebaran Virus Corona, Polsek Maniangpajo Bagi-bagi MaskerĀ 

Halo Polisi

Cegah Peredaran dan Penyalagunaan Narkoba, Polres Wajo Deklarasi Sekolah Bersinar di SMPN 2 Penrang

Halo Polisi

Operasi Yustisi Aman, Polsek Sabbangparu Laksanakan Pendisiplinan Penggunaan Masker