Home / Sulsel

Kamis, 6 Oktober 2022 - 20:49 WIB

Ribuan Hektar Gagal Panen Dampak Bendung Gerak, Ratusan Petani Datangi DPRD Wajo

LINTASCELEBES.COM WAJO — Ratusan masyarakat dari Empat Kecamatan melakukan aspirasi di DPRD Wajo Kamis (6/10/22). Aspirasi ratusan masyarakat petani dan nelayan tersebut didampingi Majelis pimpinan Cabang (MPC) Pemuda Pancasila (PP) Kabupaten Wajo.

Warga yang datang merupakan warga pesisir Danau Tempe dari Kecamatan Sabbangparu, Tempe, Tanasitolo, dan Belawa yang terdampak dari adanya Bendung Gerak Tempe. Aspirasi tersebut diterima Anggota DPRD Wajo H. Moh. Ridwan Angka.

Ketua MPC Pemuda Pancasila Kabupaten Wajo, Abdul Rahim dalam orasinya mengungkapkan, sejak adanya Bendung Gerak Tempe yang selesai dibangun pada tahun 2012 lalu, sangat merugikan petani dan nelayan di pesisir Danau Tempe.

“Data tahun 2022, ada sekitar 7.716 hektare lahan persawahan yang terdapat di empat kecamatan sudah tergenang dan tidak dapat diolah lagi oleh petani. Kerugian petani mencapai Rp165 miliar per tiap kali panen,” kata Abdul Rahim.

Dia menuturkan, kerugian itu merupakan dampak besar dari Bendung Gerak Tempe yang sampai saat ini tidak dirasakan manfaatnya oleh warga.

Olehnya itu, dia mendesak kepada Pemkab dan DPRD Wajo untuk segera menyelesaikan persoalan tersebut sesegera mungkin. Mereka juga mendesak Gubernur Sulsel untuk memberikan perhatian khusus terhadap persoalan yang dialami warga di empat kecamatan yang terdampak Bendung Gerak Tempe.

“Apabila tuntutan kami tidak dapat direalisasikan, maka kami akan kembali melakukan aksi demonstrasi,” tegas Abdul Rahim.

Anggota DPRD Wajo, H Mohammad Ridwan Angka yang menerima aspirasi mengaku mendukung aspirasi warga yang didampingi oleh Pemuda Pancasila Kabupaten Wajo.

“Secara pribadi, saya berada di pihak bapak-ibu sekalian. Saya mendukung aspirasi ini. Namun secara kelembagaan, semua ada prosedurnya yang harus kita patuhi bersama,” kata Legislator Partai Golkar ini.

Baca juga:  Bupati Serahkan Ranperda Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD 2021 ke DPRD Wajo

“Saya akan mendesak pimpinan DPRD untuk menindaklanjuti aspirasi untuk segera dibawa ke Alat Kelengkapan Dewan (AKD),” pungkasnya. (zah)

Editor: Sudirman

Share :

Baca Juga

Sulsel

Antibodi Covid-19 Masyarakat Kabupaten Gowa Capai 98 Persen

Sulsel

Bimtek Cakades, Sekda Abustan SebutKepala Desa harus Miliki Inovasi dan Daya Saing

Sulsel

Pimpin Apel Patroli Gabungan, Camat Ujung Tanah: Antisipasi Perang Kelompok

Sulsel

5.837 Narapidana Sulsel Peroleh Remisi, Gubernur Andi Sudirman: Semoga Mereka Kembali ke Masyarakat Menjadi Lebih Baik

Sulsel

Suardi Saleh Kunjungi Perkemahan Tanete Rilau

Sulsel

Pemkot Makassar Bersama Korsupgah KPK RI Sosialisasi Pemerintahan Bersih, Bebas dari Korupsi.

Sulsel

Disdag Makassar dan Dekranasda Bersinergi Pasarkan Produk Kerajinan Lokal di Sulsel Craft

Sulsel

Adanya Wacana PHK Karyawan Sepihak, DPC FPE KSBSI Meminta DPRD Wajo Secepatnya Melakukan RDP