Home / Sulsel

Kamis, 29 September 2022 - 18:29 WIB

Kabid P2P Dinkes Harap Duta Siswa KTR Berperan Aktif Bantu Pemkot Makassar Sosialisasikan KTR

Hasanuddin Contact bersama Dinkes Kota Makasssar Gelar Workshop Duta Advokasi dengan tema Smoke Free And Quit Smoke di Hotel Aerotel Smile, Kamis (29/09/2022).

Hasanuddin Contact bersama Dinkes Kota Makasssar Gelar Workshop Duta Advokasi dengan tema Smoke Free And Quit Smoke di Hotel Aerotel Smile, Kamis (29/09/2022).

LINTASCELEBES.COM MAKASSAR — Hasanuddin Contact (HC) bersama Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Makassar menggelar Workshop Duta Advokasi dengan tema Smoke Free And Quit Smoke diikuti peserta dari Duta Kawasan Tanpa Rokok (KTR) yang merupakan siswa SMP/MTs Kota Makassar, di Hotel Aerotel Smile Jalan Muchtar Lutfi, Kamis (29/09/2022).

Kepala Bidang Pencegahan dan Pengedalian Penyakit (P2P) Dinkes Makassar, dr. Andi Mariani mengatakan, kehadiran Duta siswa KTR melalui proses tersebut diharap mampu membantu Pemerintah Kota Makassar mensosialisasikan Peraturan Daerah (Perda) Nomor 4 Tahun 2013 tentang Kawasan Tanpa Rokok dan dampak bahaya rokok.

“Harapan Kami dari Dinas Kesehatan kota Makassar Duta siswa KTR yang ikut hari ini pada kegiatan ini, itu nantinya bisa menyampaikan informasi yang mereka terima hari ini dan bisa disampaikan ke teman-teman sebayanya di sekolah, para Duta tersebut diharapkan dapat menjadi penggerak dan pengubah dalam mengatasi masalah rokok di Kota Makassar, mereka diharap mampu memberi informasi, terkait hal tersebut,” jelas Andi Mariani.

Kegiatan Workshop diikuti delapan Sekolah yang terpilih yakni, SMP Negeri 1, SMP Negeri 6, SMP Negeri 9, SMP Negeri 13, SMP Negeri 19, SMP Negeri 23, SMP Negeri 30 , serta SMP IT Nurul Fikri. Pada Workshop tersebut Duta KTR dibekali dengan wawasan tentang KTR dan UBM.

Meski kegiatan ini hanya diikuti delapan sekolah yang ada di Kota Makassar pihaknya terus berupaya agar sekolah yang di Makassar ikut terlibat pada kegiatan tersebut.

“Meskipun hari ini yang mengikuti delapan dari sekolah yang terpilih, pastinya kami terus akan berupaya supaya dan bisa banyak sekolah yang memiliki duta KTR, sehingga mampu membantu pemerintah Kota Makassar di semua sekolah bisa memberi informasi terkait KTR,” ujar dr. Nani sapaan akrabnya.

Baca juga:  Ribuan Hektar Gagal Panen Dampak Bendung Gerak, Ratusan Petani Datangi DPRD Wajo

Diketahui duta KTR berperan sebagai advokasi muda untuk optimalkan peraturan KTR, selain itu menjadi konselor sebaya dalam mendukung program UBM di sekolahnya masing-masing. Di sela-sela pada workshop pada Duta juga sempat berkunjung di Kantor Dinas Pendidikan Kota Makassar, ia diterima langsung oleh Kepala Dinas Pendidikan Kota Makassar Muhyiddin.

Nani menyampaikan duta siswa KTR Makassar disambut baik oleh Dinas Pendidikan. Pihak Disdik rencananya akan mengeluarkan Edaran terkait KTR, hal itu guna membantu para duta siswa KTR terus mensosialisasikan soal KTR.

“Tadi pertemuan kami dengan Disdik, pada intinya dia menyambut baik terhadap Duta siswa KTR Kota Makassar, rencananya dengan dukungan, ia akan mengeluarkan Edaran dan papan bicara yang akan dipasang nanti disetiap sekolah terkait KTR, nanti setelah adanya Edaran ini bisa lebih memaksimalkan terkait hal tersebut khusunya di Sekolah, selain itu ia juga mendukung penuh terhadap Duta dengan terus memberikan informasi terkait KTR dan dampak bahaya rokok di Sekolah dengan cara-cara kreatif tentunya,” tutup Kabid P2P, dr. Andi Mariani.(Natsir)

Editor: Sudirman

Share :

Baca Juga

Sulsel

Hasnah Syam Buka Pelatihan Kader Posyandu dan KPM Penurunan Stunting

Sulsel

Suardi Saleh Resmikan Mushollah Al-Hidayah Mangkoso

Sulsel

Hari Bhayangkara Ke-76, Polda Sulsel Gelar Vaksinasi dan Pengobatan Gratis

Sulsel

Bupati Barru Buka Pelatihan Kewirausahaan P2UKM

Sulsel

Lestarikan Bahasa Daerah, Walikota Makassar Hadirkan Program Lokal yang Mendunia

Sulsel

Bentuk Tim Pemburu Aset, Pemkot Makassar-Kajari Tandatangani MoU

Sulsel

Bupati Barru Hadiri Wisuda Sarjana Mahasantri DDI Mangkoso

Sulsel

Pemkot Makassar Ajak Mahasiswa Kawal Rel Kereta Api Elevated