Home / Sulsel

Jumat, 23 September 2022 - 08:16 WIB

Bunda Asuh Anak Stunting Buka Penguatan Koordinasi Lintas Sektor Penurunan Stunting

Bunda Asuh Anak Stunting drg. Hj. Hasnah Syam, MARS

Bunda Asuh Anak Stunting drg. Hj. Hasnah Syam, MARS

LINTASCELEBES.COM BARRU — Bunda Asuh Anak Stunting drg. Hj. Hasnah Syam, MARS., membuka kegiatan penguatan koordinasi lintas sektor untuk implementasi dan replikasi inovasi penurunan stunting, di Hotel Youtefa, Lasinri, Kelurahan Coppo, Kecamatan Barru, Kabupaten Barru, Kamis (22/9/2022) kemarin.

Kegiatan tersebut adalah kolaborasi Pemkab Barru dan USAID Erat.

Dalam sambutannya, Hasnah yang juga Ketua PKK Barru ini mengatakan, stunting adalah proses gagal tumbuh secara normal baik tinggi dan berat badan bayi saat lahir dan pengaruhnya pada keterbatasan kecerdasan yang dialami anak-anak di dalam usia emas yakni 0-2 tahun.

Target percepatan penurunan stunting nasional sebesar 14 persen pada tahun 2024 dan 0 persen pada tahun 2030, didukung oleh target percepatan penurunan stunting di Kabupaten Barru sebesar 11 persen pada tahun 2024 dengan rata-rata penurunan per tahun sebesar 5,13 persen/tahun.

“Kami berharap kerjasama dengan USAID tetap berjalan baik. Menurunkan stunting tidak segampang membalikkan telapak tangan. Untuk itu, kita harus saling bekerjasama”, ungkapnya.

Dikatakan, penyebab utama dari stunting adalah bukan hanya dominan karena disebabkan oleh gizi buruk pada masa kehamilan. Namun, terdapat juga faktor sosial ekonomi, ketersediaan pelayanan Kesehatan, sarana dan prasarana air bersih serta fasilitas kesehatan lainnya.

“Kolaborasi yang dilaksanakan melalui berbagai inovasi antar sekor yang dilakukan secara terarah, lebih efektif dan subtantif dengan hubungan yang harmonis dan saling percaya antar sektor dan Lembaga serta masyarakat,” ujarnya.(Mahmud/Humas Barru)

Editor: Sudirman

Baca juga:  Pengembangan Sutera Wajo, Amran Mahmud Ajak OPD Terkait ke Balai Besar Kerajinan dan Batik Yogyakarta

Share :

Baca Juga

Advertorial

Rapat Paripurna DPRD, Bupati Wajo Sampaikan Apresiasi Kerjasama Pertahankan WTP

Sulsel

Penuhi Kebutuhan Pedagang dan Pengunjung, PDAM Makassar Salurkan Air Bersih di Pasar Kampung Baru

Sulsel

Pertemuan BBWSPJ dan BPN/ATR Wajo dengan Perwakilan Masyarakat, Hasilkan Lima Poin Kesepatakan Pembebasan Lahan Bendungan Paselloreng

Sulsel

Communitas Jappa-Jappa Bagikan 300 Paket Takjil Ke Jalan

Sulsel

Jadi IRUP Pelantikan Perwira PIP, Wali Kota Danny Harap Lulusan Mampu Bersaing

Sulsel

Bupati Barru Serahkan SK Remisi Warga Binaan Rutan Kelas IIB Barru

Sulsel

Sekda Abustan Buka FBTB ke XI Tahun 2022

Sulsel

Kerjasama Pemda Barru, Kementerian Kominfo Gelar Training of Trainer Literasi Digital