Home / Sulsel

Senin, 19 September 2022 - 14:01 WIB

Cek Ombak, Hari Ini Garda Pengendali Inflasi Sisir Pasar Tradisional dan Distributor Makassar

Kepala Dinas Perdagangan (Disdag) Kota Makassar, Arlin Ariesta pimpin Rapat Pembekalan Tim Garda Pengendali, Senin (19/09/2022).

Kepala Dinas Perdagangan (Disdag) Kota Makassar, Arlin Ariesta pimpin Rapat Pembekalan Tim Garda Pengendali, Senin (19/09/2022).

LINTASCELEBES.COM MAKASSAR — Kepala Dinas Perdagangan (Disdag) Kota Makassar, Arlin Ariesta memimpin Rapat Pembekalan Tim Garda Pengendali Inflasi di Kantor Dinas Perdagangan Kota Makassar, Senin (19/09/2022).

Kepala Dinas Perdagangan (Disdag) Kota Makassar, Arlin Ariesta mengatakan selama 90 hari kedepan Tim Garda Pengendali Inflasi yang dibentuk oleh Walikota Makassar per tanggal 12 September 2022 mulai menyisir pasar-pasar tradisional di Kota Makassar yang mulai dilakukan pada hari ini Senin 19 September 2022.

Lebih lanjut Arlin menjelaskan bahwa kegiatan pengendalian inflasi di Kota Makassar di mulai dari “Cek Ombak” pergerakan harga serta ketersediaan pasokan di sejumlah distributor.

“Sesuai arahan Pak Wali, kita bekerja sistematis dan terukur, hari ini kita indentifikasi pergerakan harga sembako terlebih dahulu, begitu juga stok di distributor. Nanti setelah laporan masuk perhari ini, baru kita putuskan intervensi taktis yang kita lakukan,” ujar Arlin.

Tim pengendali inflasi sisir pasar tradisional, Senin (19/09/2022)

Menurut Arlin, dampak penyesuaian harga BBM ke harga barang pokok pasti ada, akan tetapi pemerintah harus hadir untuk mengendalikan gejolak harga serta mengantisipasi pelaku usaha yang tidak bertanggungjawab.

Arlin menambahkan, BBM naik pasti berefek ke harga barang-barang kebutuhan pokok, tugas kita sebagai Garda Pengendali Inflasi adalah mengendalikan gejolak harga yang terjadi sehingga inflasi dapat terkendali.

“Jangan beri ruang kepada pengusaha “Nakal” untuk meraup keuntungan dan menyengsarakan masyarakat. Kalau teman-teman dapati hal seperti itu di lapangan, silahkan foto dan laporkan untuk diberi sanksi sesuai aturan yang berlaku,” tegas Arlin.

Dalam rangka pengendalian Inflasi, Pemerintah Kota Makassar telah menyiapkan sejumlah skema intervensi harga.

“Di tahun ini juga, kami di Dinas Perdagangan sudah menganggarkan kegiatan Pasar Murah. Kegiatan ini akan kita lakukan selama 3 bulan dengan menyasar kelompok masyarakat pra sejahterah di 15 Kecamatan di Kota Makassar,” tutup Arlin.

Baca juga:  Diresmikan Bupati Barru, DDI Mangkoso Kini Punya Kantor Perwakilan di Depok

Adapun tim yang tergabung dalam Garda Pengendali Inflasi yakni:

Dinas Perdagangan Kota Makassar 40 orang, Dinas Ketahanan Pangan Kota Makassar 5 orang, Satuan Polisi Pamong Praja Kota Makassar 10 orang, Dinas Perikanan dan Pertanian Kota Makassar 5 orang, Bagian Perekonomian Kota Makassar 5 orang, Perumda Pasar Kota Makassar 10 orang, Bulog Cabang Makassar 5 orang, Bps Kota Makassar 5 orang, Kejaksaan Negeri Makassar 10 orang, Polres Pelabuhan 10 orang, Polrestabes Makassar 10 orang, dan Kodim 10 orang. Total Personil, 125 Orang.(Natsir)

Editor: Sudirman

Share :

Baca Juga

Sulsel

Ramadhan Tahun Ini Pemkab Gowa Bolehkan Aktifitas Keagamaan

Sulsel

Mudahkan Pelanggan, PDAM Makassar Teken MoU dengan Bank Sulselbar

Sulsel

Pemkab Gowa Siap Dorong Pengembangan Literasi Digital

Advertorial

Cegah Penyebaran Covid-19, Diskominfo Lakukan Penyemprotan Ion Disinfektan

Sulsel

Meski Sudah Ada Vaksin, 3M dan 3T Tetap Perlu Dilakukan Sebagai Upaya Pencegahan Utama

Sulsel

Setelah Mediasi, Warga AM. Akbar Barru Buka Blokir Jalan

Sulsel

Sharing Info, Beni Iskandar Terima Kunjungan Dewas PDAM Kabupaten Bogor

Sulsel

Pemerintah Kecamatan Bontoala Gelar Kerja Bakti di Kelurahan Layang