Home / Sulsel

Sabtu, 17 September 2022 - 08:12 WIB

Sekda Abustan Buka FBTB ke XI Tahun 2022

Sekda Barru Dr. Abustan saat membuka Festival Budaya To Berru ke XI tahun 2022

Sekda Barru Dr. Abustan saat membuka Festival Budaya To Berru ke XI tahun 2022

LINTASCELEBES.COM BARRU — Event nasional Festival Budaya To Berru (FBTB) ke XI tahun 2022, kembali digelar oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Barru bekerjasama dengan Pemerintah Pusat. Kegiatan tersebut digelar di Anjungan Pantai Sumpang Binangae, Kecamatan Barru, pada Jumat malam (16/9/2022).

Festival yang bertemakan “Colliq Pujie Mozaik Paras Budaya” akan berlangsung selama 3 hari dan dibuka secara resmi oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Dr. Abustan dan dihadiri oleh Direktur musik, film dan animasi Kemenparektraf Muh. Amin, Kepala balai pelestarian nilai budaya Sulawesi Selatan Kemendikbudristek Syamsu Rijal, S.S, M.Hum, Kasub koordinator pengembangan event pariwisata Propinsi Sulsel Lan Sana, S.Sos, M.Si, Kurator Karisma event Nusantara Vera Damayanti, unsur forkopimda Barru, kepala OPD, ketua Dharma Wanita, anggota PKK Kabupaten, Camat, Kades dan Lurah.

FBTB ini diawali dengan Pawai Karnaval dari lapangan Sumpang ke anjungan Sumpang Binangae yang diikuti peserta dari beberapa kabupaten antara lain Barru, Bantaeng, Parepare, dan Pinrang.

Kadis Pendidikan dan Kebudayaan Barru Andi Adnan Aziz, S.STP. M.Si., mengatakan bahwa acara FBTB ini harus berkelanjutan dan lebih baik lagi. Menurutnya, event ini berlangsung selama 3 hari, dan rangkaian acaranya adalah koreografer, temu komposer, karnaval budaya, pentas kebudayaan komunitas seni lokal Barru, Mappadendang, Mappabite Manu dan Mattojang di desa Paccekke.

“Ini acara adalah acara yang masuk event nasional sehingga harus di lakukan secara berkala dan setiap tahun harus lebih baik dengan kemasan acara yang tidak monoton tetapi tetap menonjolkan ke arifan lokal serta acara ini meningkatkan UMKM dan brand lokal di kabupaten Barru”, kata Adnan.

Sementara itu, Sekda Abustan dalam sambutannya, menceritakan sejarah Lagaligo yang berasal dari Barru dan tentang kerja sama Barru dan Kementerian.

Baca juga:  Bupati Wajo Ajak Masyarakat Beri Dukungan ke Peserta Lomba Dakwah Milenial Tingkat Nasional dari As’adiyah

“Sulawesi kata orang susah kerja sama, susah kolaborasi tetapi pak direktur malam ini di Barru kita sudah berkolaborasi dengan baik, festival budaya yang kita lakukan malam ini ada pesan-pesan yang ingin di sampaikan dan visualisasikan oleh anak-anak kita”, ujarnya.(Mahmud/Humas Barru)

Editor: Sudirman

Share :

Baca Juga

Sulsel

Guru PAUD dan TK di Sinjai Jalani Vaksinasi Covid 19

Sulsel

Tim Medis Dinkes Makassar Siaga di Half Marathon 2022

Sulsel

872 Orang Dinyatakan Lulus Berkas, Beni Beri Warning Keras

Sulsel

Bupati Suardi Saleh Hadiri Pelantikan Pengurus DPC IMM

Sulsel

Wali Kota Danny Pomanto Melayat Kerumah Duka Ayahanda Sekda Kota Makassar

Sulsel

Walhi Sulsel Analisa Makassar Bakal Banjir, jika Proyek Rel Kereta Api Dilaksanakan

Sulsel

Pasca Penagihan Serentak, Besok Seluruh Direksi PDAM Turun Lakukan Pembacaan Meter

Sulsel

Pokja Bunda PAUD Barru Kerjasama PDGI Gelar Sikat Gigi Massal