Home / Sulsel

Kamis, 8 September 2022 - 18:44 WIB

Pengunjung Wajib Mampir di Zona 2, Ada Sejarah Nama-Nama Jalan di Kota Makassar

Pengunjung Makassar Internasional Eight Festival and Forum 2022 atau Makassar F8 mampir melihat sejarah dan nama - nama Jalan di Kota Makassar, Kamis (08/09/2022).

Pengunjung Makassar Internasional Eight Festival and Forum 2022 atau Makassar F8 mampir melihat sejarah dan nama - nama Jalan di Kota Makassar, Kamis (08/09/2022).

LINTASCELEBES.COM MAKASSAR — Bagi pengunjung Makassar International Eight Festival and Forum 2022 atau Makassar F8 yang penasaran dengan nama-nama jalan di Kota Makassar wajib mengunjungi area Zona dua.

Di area tersebut disajikan nama-nama jalan beserta sejarahnya dalam bentuk tulisan informasi dan gambar sepanjang 20 meter.

Tujuan ditampilkannya sejarah nama jalan tersebut agar masyarakat paham dan mengetahui setiap nama jalan memiliki sejarah penting dan sebagai simbol penghargaan bagi pejuang.

Seperti halnya, Jalan Ranggong. Hal pertama kali terlintas di pikiran masyarakat yaitu tempat makan gado-gado dan coto makassar yang sangat enak.

Padahal jika melihat sejarah nama Ranggong adalah seorang pahlawan nasional yang memiliki nama lengkap Ranggong Daeng Romo.

Ia adalah pemuda yang mendirikan organisasi perjuangan bernama Gerakan Muda Bajeng (GMB) setelah kemerdekaan diraih. Ia jiga turut mengobarkan semangat perjuangan untuk menentang Belanda.

Tak hanya itu, sejarah Jalan Lasinrang juga masih banyak yang belum tahu. Setahu masyarakat Jalan Lasinrang itu tempat jualan Jalangkote dan Lumpia terenak di Makassar.

Namun, Lasinrang merupakan pejuang bugis asal Pinrang yang memimpin para pemuda di Tanah Addatuang Kerajaan Sawitto melawan penjajah Belanda.

“Bangsa yang baik adalah bangsa yang selalu mengingat serta melestarikan budaya dan sejarahnya dan Makassar F8 harus jadi bagian dari itu,” sebut Danny Pomanto, Wali Kota Makassar, Kamis (08/09/2022). (Natsir)

Editor: Sudirman

Baca juga:  Bupati Wajo Dukung Gagasan Yuliani Paris Satu Desa Satu Pertashop

Share :

Baca Juga

Advertorial

Komisi III DPRD Wajo Kunker ke Dinas PUTR

Sulsel

BI Siap Support Pengembangan Sektor Pertanian, Perikanan, dan Peternakan di Sulsel

Sulsel

Kepala Dinkes Makassar Harapkan Melalui Aplikasi SOBAT TB, Penyakit TBC Bisa Dideteksi dan Segera Diobati

Sulsel

Pemkab Wajo Wakili Indonesia Paparkan Kabupaten/Kota Sehat di Forum International di Thailand

Sulsel

Angin Kencang Rusak 15 Rumah Warga, Ketua MPO PP Turun Memberikan Bantuan

Sulsel

Danny Pomanto Dampingi KASAU-Danlanud Resmikan Baseops Baru Lanud Sulhas

Sulsel

Dispora Gelar Pelatihan Wirausaha dengan Tema “Pemuda Tulang Punggung Penguatan Bisnis”

Sulsel

Rombongan OPD Soppeng Kagumi Mall Pelayanan Publik Barru