Home / Sulsel

Sabtu, 20 Agustus 2022 - 12:11 WIB

Bupati Barru Lepas Peserta Karnaval Toleransi Merdeka

LINTASCELEBES.COM BARRU — Kerukunan dan toleransi beragama di Kabupaten Barru terjalin kuat. Hal itu terbukti dengan berkumpulnya para Tokoh Agama, Pendeta dan Ormas Ormas dalam kegiatan Karnaval Toleransi Beragama yang digelar oleh Kementerian Agama Kabupaten Barru, Sabtu (20/8/2022).

Kegiatan karnaval dilepas secara langsung oleh Bupati Barru H. Suardi Saleh dengan rute Start / Finish di Depan kantor kementerian agama Barru, melalui jalan H. M. Saleh Lawa, Jalan Lanakka, Jalan Iskandar Unru, Jalan Mahmud Sewang, Jalan A.P.. Pettarani, Jalan Ahmad Yani dan Jalan Jenderal Sudirman.

“Pada hari ini saya sangat merasa bersyukur bisa berada ditengah-tengah peserta karnaval dan pawai yang menghadirkan begitu banyak komunitas yang bilamana dirawat dengan baik akan menjadi kekuatan besar dalam mendorong percepatan laju pembangunan yang tiada lain bertujuan untuk mensejahterakan masyarakat Kabupaten Barru,” kata Bupati diawal sambutannya.

Bupati dua periode ini menjelaskan bahwa, Kegiatan Pekan Merdeka Toleransi Tingkat adalah Merdeka dalam Keberagaman dan Toleran dalam perbedaan. Maknanya bahwa Tuhan menciptakan manusia bersuku-suku, berbangsa-bangsa serta bebagai keragaman budaya dan adat istiadat untuk saling kenal mengenal dan saling menguatkan antara satu sama lain.

“Perbedaan kemuliaan, bukan diukur dari sisi warna kulit, bahasa dan etnis, akan tetapi yang membedakan adalah tingkat ketaqwaannya,” ungkap Suardi.

Menurutnya, Perkembangan situasi dan kondisi kebangsaan saat ini, masyarakat sangat terbuka menerima informasi dan rujukan, jika tidak disikapi dengan hati-hati akan berakibat pada munculnya kejahatan transnasional dan paham yang cenderung menganggap organisasi keagamaan lainnya salah dan organisasinya sendiri yang benar.
Termasuk paham yang terlalu longgar
(Liberalisme) perlu diwaspadai serta paham komunisme dan sosialisme, yang telah membuat sejarah kelam bangsa Indonesia dengan Pemberontakan Komunisme.

Baca juga:  Suardi Saleh Lantik Dua Kepsek

“Kegiatan yang dilakukan ini sungguh sangat bermakna dalam, merajut serta memelihara ukhuwah, dan Insya Allah Barru, akan mencapai kemajuan karena kebersamaan ini,” pungkasny.

Sementara itu dalam sambutannya, Kepala Kementerian Agama Barru mengatakan bahwa, Hari ini kita dikumpulkan bersama untuk bersilaturahim dengan sesama ummat beragama dalam wilayah Kabupaten Barru.

Kata dia, acara ini untuk membuktikan kehidupan toleransi beragama yang terjalin dengan baik di Kabupaten Barru.

“Tujuan acara ini dilaksanakan untuk menjadikan toleransi beragama dalam kehidupan bermasyarakat. Terimakasih banyak atas kehadiran para peserta karnaval dan Tokoh Agama, Pendeta dan Ormas Ormas dalam kegiatan ini, semoga acara ini bisa memperkuat hubungan antar beragama di Kabupaten Barru,” ujarnya.(Mahmud)

Editor: Sudirman

Share :

Baca Juga

Sulsel

Sekda Barru Pimpin Rapat Implementasi Perda Tentang CSR

Sulsel

Sandiaga Uno: F8 Bentuk Kebangkitan Ekonomi

Sulsel

Camat Tamalate Pimpin Penertiban PK5 di Sepanjang Jalan Andi Tonro

Sulsel

Boyong 450 Peserta, BKMT Kabupaten Gowa Juara 1 Lomba Parade Rabbana Tingkat Provinsi

Sulsel

Camat Mamajang Hadiri Jumat Curhat Bersama Tripika dari Tiga Kecamatan

Sulsel

John Hardi Dampingi Presiden Jokowi Resmikan Jalan Inpres

Sulsel

Pasca Libur Lebaran, Suardi Saleh Bersalaman dengan ASN Lingkup Pemda Barru

Sulsel

At-taubah Peduli Kembali Wujudkan Mimpi 4 Warga Dhuafa di Wajo Nikmati Listrik Sendiri