Home / Pendidikan

Kamis, 14 Juli 2022 - 15:07 WIB

Peresmian Dua Pondok Tahfiz di Tempe, Bupati Wajo Serahkan Mushaf-Jadi Donatur Tetap

LINTASCELEBES.COM WAJO — Bupati Wajo, Amran Mahmud, meresmikan dua sekaligus pondok tahfiz di wilayah Kecamatan Tempe, Kabupaten Wajo, Sulawesi Selatan, Kamis (14/7/2022). Makin bertambahnya jumlah pondok tahfiz di “Kota Santri” ini selaras dengan impian Amran Mahmud mencetak para penghafal Al-Qur’an di daerahnya.

Dua rumah tahfiz yang diresmikan kali ini merupakan milik pribadi atau keluarga. Pertama, Rumah Tahfiz Al-Furqan Ranting Muhamamdiyah Kelurahan Wiringpalennae. Rumah tahfidz ini diwakafkan oleh orang tua Prof. Juanda Nawawi sekaligus beliau menjadi Ketua Umum Pembina dan menjadi donatur di lingkup keluarganya.

Kedua, Rumah Tahfiz Putri Ummi Mujaahidaat Al-Qur’an Pimpinan Daerah Aisyiyah (PDA) Wajo di Kelurahan Padduppa yang merupakan Waqaf keluarga Murni dan almarhum Syamsuddin Haddade.

Amran Mahmud yang juga terkenal sebagai dai pun menyampaikan kesyukurannya atas peresmian kedua rumah tahfiz ini. Menurutnya, menghadapi perkembangan zaman, memang yang perlu disiapkan adalah generasi qur’ani.

“Jika anak-anak kita belajar dan menghafal Al-Qur’an, ditambah dengan mengamalkan isinya, ini akan menjadi benteng bagi mereka agar tidak terpengaruh dampak buruk perkembangan zaman,” kata Amran Mahmud.

Olehnya itu, Amran Mahmud mengajak kepada semua agar mengarahkan anak-anaknya untuk menghafal Al-Qur’an. Apalagi, sekarang banyak perguruan tinggi dengan berbagai kejuruan yang membuka jalur penerimaan khusus untuk penghafal Al-Qur’an, bahkan disertai dengan beasiswa.

“Tentu, rumah ataupun pondok tahfiz juga harus terus berbenah, harus memiliki inovasi sehingga tempatnya memiliki daya tarik agar diminati oleh anak-anak yang mau menghafal,” pesannya.

Saat peresmian kedua pondok tahfiz, Amran Mahmud menyerahkan mushaf Al-Qur’an. Selain itu, dirinya juga menjanjikan akan menjadi donatur tetap.

“Meskipun nilainya tidak terlalu besar, yang penting kita menjadi donatur tetap. Saya juga mengajak kepada semua untuk bisa turut membantu pengembangan pondok tahfiz yang ada di wilayah Kabupaten Wajo,” tuturnya.

Baca juga:  Kembangkan Potensi Siswa, SMPN 4 Sengkang Akan Menggelar Pagelaran Seni

Sementara, Ketua Umum PDA Wajo, Sitti Maryam, menyampaikan terima kasih kepada keluarga almarhum Syamsuddin Haddade atas wakafnya sehingga Rumah Tahfiz Ummi Mujaahidaat Al-Qur’an binaan PDA Wajo bisa diresmikan hari ini.

“Amanah ini akan kita jaga dan manfaatkan dengan baik untuk pembinaan umat. Semoga Allah subhanahu wa taala membalas kebaikan Ibu Hj. Murni dan almarhum H. Syamsuddin Haddade dengan kebaikan yang berlipat ganda,” ucapnya pada saat peresmian rumah tahfidz binaan PDA Wajo.

Sebagai informasi, berdasarkan data yang tercatat di Bagian Kesra, tahun 2022 ini sudah 2.879 anak yang sedang menghafal al-qur’an di Kabupaten Wajo.yang terdiri dari 2.043 hafidz dan 836 hafidzah dari 66 pondok tahfidz. Kemudian 2 pondok tahfidz lagi diresmikan hari ini.(Syaf-Far)

Editor: Sudirman

Share :

Baca Juga

Advertorial

Selain Resmikan Mushallah, Danny Juga Letakkan Batu Pertama Ruang Guru SMPN 5 Makassar

Pendidikan

Kadis Pendidikan Makassar Dampingi Bunda Paud Resmikan Gedung Baru Al Madinah Islamic School

Pendidikan

Nahkodai SMPN 6 Sengkang, Agusti, S.Pd Komitmen Kembalikan Marhwah Sekolah

Advertorial

Buka Muscab Pemuda Pancasila, Sekda Wajo: Buat Kegiatan yang Mencerminkan Nilai Pancasila

Pendidikan

Danny Pomanto Dukung Reuni Perak Alumni 1997 SMA se-Kota Makassar, Target Pecahkan Rekor MURI

Pendidikan

Program Respons Covid 19 Save The Chlidren Sasar 40 Sekolah di Wajo

Pendidikan

SDN 2 Maddukelleng Sukses Adakan ANBK Secara Mandiri

Pendidikan

Penataan Pola Kerja dan Evaluasi, Kunci Keberhasilan Korwil Disdikbud Kecamatan Tempe Raih Juara Umum Lomba Literasi