Home / Sulsel

Selasa, 5 Juli 2022 - 07:10 WIB

Sekda Abustan Hadiri Sosialisasi Pengendalian Perubahan Iklim

LINTASCELEBES.COM BARRU — Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) RI melalui Indonesia’s Forestry and Other Land Use (FOLU) Net Sink 2030 atau IFNET 2030 lakukan sosialisasi untuk regional Sulsel, di Ruang Senat Lantai 2 Rektorat Universitas Hasanuddin, Makassar, Senin (4/7/2022) kemarin.

Sosialisasi ini dalam rangka penyebarluasan informasi melalui diseminasi Indonesia’s Forestry and Other Land Use (FOLU) Net Sink 2030 untuk Pengendalian Perubahan Iklim.

Sekretaris Daerah Kabupaten Barru, DR. Ir. Abustan AB M.Si, hadir dan berbaur bersama Dirjen dari Kementerian LHK serta segenap akademisi Unhas, dan jajaran pemerintah Pemprov Sulsel maupun Kabupaten/Kota lainnya di Sulsel.

“Efek rumah kaca dan emisi gas karbon menjadi hal yang dibahas untuk dapat dikurangi dalam skala global meski kita bertindak di lingkungan Daerah, kita harus peduli, sebab hal ini bukan hal yang terpisah, namun konsekuensi gerakan global untuk membuat Bumi kita lebih terjaga, iklim kondusif dan tetap lestari,” sebut Sekda Abustan usai mengikuti alur sosialisasi.

Dirinya berharap agar nantinya di Daerah, hal ini menjadi bagian yang dikampanyekan sebagai tanggung jawab semua stakeholder termasuk setiap elemen masyarakat, untuk memelihara kondisi global.

“Yang sederhana saja, pemilahan sampah dan tidak membakarnya serta berupaya menggunakan bahan yang bisa didaur ulang atau tempat makanan yang berulangkali pakai seperti Tumbler, hal ini Insya Allah sudah bagian dari peran serta kita,” ungkap Abustan yang berlatar belakang Planologi ini.

Sebelumnya, Direktur Jenderal Pengendalian Hutan Lestari Kementerian LHK RI, Agus Justianto menyampaikan bahwa IFNET 2030 ini merupakan program atau kebijakan dari Kementerian LHK untuk antisipasi permasalahan perubahan iklim berdasarkan Visi Indonesia Emas dan komitmen Global pada Paris Agreement.

Baca juga:  Nakhodai IPHI Wajo, Amran Mahmud: Mari Bangkitkan Kembali IPHI di Wajo

“Tentu komitmen ini harus ditindaklanjuti oleh semua pihak baik lintas generasi, lintas disiplin maupun lintas sektor untuk secara kolektif untuk memikirkan bagaimana inovasi dan solusi di seluruh bidang kehidupan,” ucap Agus Julianto.

Sedangkan, Sambutan dari Rektor Unhas Makassar, Prof Jamaluddin Jompa yang mengapresiasi dan berterima kasih atas sosialisasi dari Pemerintah Pusat, guna memastikan pengendalian iklim sebagai komitmen bersama terjaga, dimulai dari sentrum dunia intelektual Sulsel, Unhas.(Mahmud/Humas Barru)

Editor: Sudirman

Share :

Baca Juga

Sulsel

Camat Ujung Tanah Dampingi Kabag Kesra Dalam Rangka Monitoring Data Rumah Ibadah

Sulsel

Jelang Penilaian Adipura, Perumda Pasar Nyatakan Siap dan Fokus Benahi Pasar-Pasar

Sulsel

Bunda PAUD Barru Hasnah Syam Pantau PTM dan Vaksinasi Anak

Sulsel

Suardi Saleh Sambut Hangat Kedatangan Wakil Ketua DPRD Sulsel

Sulsel

Kesenian Minangkabau Ramaikan Panggung Makassar F8

Sulsel

Gelar FPD, Dishub Makassar Bahas Peningkatan Smart Transportasi Menuju Makassar Kota Dunia

Sulsel

Jelang Penutupan, Danny Pomanto Sapa Warga Keliling Area Makassar F8

Sulsel

Wakil Bupati Luwu Utara: Sudah Divaksin Tetap Jaga Prokes