Home / Sulsel

Selasa, 14 Juni 2022 - 21:03 WIB

Wawali Fatma Bentuk Tim Khusus Atasi Anjal

Wakil Wali Kota Makassar, Fatmawati Rusdi, Melakukan Rapat Koordinasi (Rakor) Terkait Penanganan Anak Jalanan (Anjal), di Lantai 11 Kantor Balai Kota Makassar, Selasa 14 Juni 2022.

Wakil Wali Kota Makassar, Fatmawati Rusdi, Melakukan Rapat Koordinasi (Rakor) Terkait Penanganan Anak Jalanan (Anjal), di Lantai 11 Kantor Balai Kota Makassar, Selasa 14 Juni 2022.

MEDIASINERGI.CO MAKASSAR —  Fenomena Anak Jalanan (Anjal) sudah menjadi masalah krusial di kota-kota besar. Salah satunya kota Makassar.

Hal ini perlu penanganan serius. Karenanya, Wakil Wali Kota Makassar, Fatmawati Rusdi, membentuk tim khusus yang melibatkan 7 SKPD yakni Dinas Sosial, Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP3A), Dinas Perhubungan dan Satpol PP, Dinas Perpustakaan, Dinas Pendidikan, Dinas Kebudayaan untuk membicarakan solusi terbaik.

Lanjut Fatma menambahkan , kadang rasa iba muncul ketika melihat anjal ataupun warga yang meminta-minta dijalan sambil menggendong anaknya. Karenanya, solusi untuk tahap awal Fatma meminta Kadinsos Makassar untuk memasang public sign atau papan bicara di setiap perempatan jalan.

“Tapi jangan monoton, design yang bagus dan menarik untuk dibaca. Semua sudah punya tupoksi sendiri dari hulu ke hilir. Dinas perputakaan nanti tugasnya saat pembinaan,” ujar Fatma usai melakukan Rakor penanganan Anjal di Lantai 11 Balai Kota Makassar, Selasa 14 Juni 2022.

Tak hanya itu, petugas Dinsos dan Satpol PP bekerjasama untuk saling memantau pengendara dan anjal.

“Jadi Jumat ini kami sudah jalan. Tugasnya Satpol atau BKO kecamatan nantinya akan memantau pengendara yang memberi uang kepada anjal. Nah, petugas satpol ditugaskan untuk mencegah dengan cara mengedukasi dan memperlihatkan perda yang akan di print diselembaran. Anjalnya sendiri nantinya akan diserahkan langsung kepada Dinsos untuk dibina bersama DP3A,” jelasnya.

Fatma juga meminta Dinas Perhubungan lewat program “halo-halo”nya untuk memperingati warga setiap saat lewat speaker yang terpasang di setiap lampu lalu lintas.

Fatma berharap dengan tim yang dibentuknya bisa mengurangi aktivitas anjal di jalanan, dan para anjal bisa menikmati pendidikan seperti yang lainnya.

Sementara itu, Kadinsos Makassar, Aulia Arsyad mengatakan bahwa timnya sudah tiap hari turun lapangan untuk mengamankan anjal. Alhasil semenjak bulan Mei 2022 sudah ratusan anjal yang dibina.

Baca juga:  Ribuan Hektar Gagal Panen Dampak Bendung Gerak, Ratusan Petani Datangi DPRD Wajo

“Tim kami tiap hari turun. Kami bina kerjasama DP3A. Dan sekarang Insya Allah makin maksimal karena melibatkan SKPD yang lain. Nantinya, kami juga akan selalu mengedukasi masyarakat agar memberi di tempat yang jelas seperti panti asuhan,” pungkasnya.(jk)

Editor: Manaf Rachman

Share :

Baca Juga

Sulsel

Suardi Saleh Lantik Pengurus Forum Anak Colliq Pujie Periode 2022-2024

Sulsel

Meski Sudah Ada Vaksin, 3M dan 3T Tetap Perlu Dilakukan Sebagai Upaya Pencegahan Utama

Sulsel

Bupati Adnan Sebut Peringatan Nuzulul Quran Momen Membumikan Alquran

Sulsel

Pemkab Pinrang Dapat Bantuan Mobil Operasional dari Bank Sulselbar

Sulsel

Momentum Hari Amal Bakti, Wabup Wajo Puji Sinergi Kemenag Turunkan Angka Pernikahan Dini

Sulsel

Jelang Mudik, UPTD PKB Dishub Makassar Lakukan Ramp Check Kendaraan Umum

Sulsel

Dishub Makassar Gelar Penertiban Perwali 94 Tahun 2013 Antisipasi Kemacetan dan Kecelakaan

Sulsel

Irwan Hamid: Teladan yang Patut Ditiru Adalah Sifat Rasulullah Muhammad SAW