Home / Sulsel

Sabtu, 4 Juni 2022 - 17:23 WIB

Pangdam XIV/Hasanuddin: Tripilar, Ujung Tombak Pemerintahan Paling Depan

LINTASCELEBES.COM WAJO — Hari ke dua rangkaian kunjungan kerja (kunker) di wilayah Korem 141/TP, Pangdam XIV/Hasanuddin Mayjen TNI Andi Muhammad Bau Sawa Mappanyukki, didampingi Ketua Persit Kartika Chandra Kirana PD XIV Hasanuddin berkunjung ke Kodim 1406/Wajo Kabupaten Wajo, Sabtu (4/06/2022).

Pangdam pada kesempatan tersebut bertatap muka dengan personel Kodim 1406/Wajo, PNS, Ibu Persit dan Tripilar (Babinsa, Bhabinkamtibmas dan Kepala Desa/Lurah) wilayah kabupaten Wajo.

Pangdam menuturkan bahwa kedatangannya ini dalam rangka kunjungan kerja di wilayah Korem 141/TP dan jajarannya termasuk Kodim 1406/Wajo.

“Kebetulan kemarin juga meninjau pelaksanaan TMMD di Desa Abbaanuangnge, Alhamdulillah perkembangannya sudah bagus dan menurut pak Bupati sebelumnya jalan desa tidak bisa dilewati atau diakses oleh kendaraan, namun TMMD masuk melaksanakan pembangunan jalan bisa membuka jalan tersebut ke desa lain,” jelasnya.

Dikatakan, pelaksanaan program TMMD ini merupakan kegiatan lintas sektoral, namanya manunggal berarti semua komponen bangsa baik dan TNI Polri, Pemerintah Daerah, masyarakat, tokoh agama, adat semuanya terlibat dalam rangka untuk kemaslahatan rakyat.

“Tentunya kita harus mengingat bagaimana Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) ini bisa merdeka itu atas segala perjuangan semua anak bangsa, walaupun dulu TMMD tidak ada pada jaman itu, tapi kebersamaan persatuan dan kesatuan melawan penjajah Belanda jadi tonggak kita bisa bersatu padu melawan penjajah,” jelasnya.

Berkaitan dengan hal tersebut, kata Andi Muhammad Bau Sawa, keberadaan Tripilar sebagai ujung tombak pemerintahan paling depan, bahkan sejak jaman Presiden SBY selalu mengedepankan Tripilar sebagai pengayom, melindungi dan membantu masyarakat hal inilah eksistensinya harus selalu peduli dengan keadaan masyarakat di sekelilingnya,” Tutur Pangdam.

“Kepada Tripilar agar memberikan contoh dengan menanamkan nilai-nilai kedisiplinan, kebersamaan, kepedulian terhadap sesama dengan cara mengedukasi mulai dari anak-anak dan remaja serta masyarakat akan pentingnya menjaga keharmonisan, persatuan dan kesatuan agar jangan sampai berkembang intoleran, mementingkan egonya sehingga bisa dapat memecah belah persatuan dan kesatuan,” pesannya.

Baca juga:  Kadisdag Kota Makassar Mengikuti Pelatihan Kepemimpinan Nasional Tingkat II Angkatan V

Selain dari pada itu, lanjutnya, kunjungannya juga melihat UMKM Kabupaten Wajo dan meninjau SKK Migas sebagai pemasok sumber listrik atau power plan yang ke depannya juga akan dikembangkan di perumahan-perumahan dan di industri-industri kawasan di Makassar.

“Kedepannya mari kita doakan semoga Kabupaten Wajo dan masyarakatnya menjadi masyarakat yang sejahtera, makmur dan terhindar dari perselisihan antar masyarakat, untuk itu jaga kebersamaan dan kerukunan,” tandasnya.

Turut hadir Kapoksahli Pangdam Brigjen TNI Andi Kaharuddin, S.I.P., M.M., Danrem 141/TP Brigjen TNI Djashar Djamil, S.E., Asintel Kolonel Inf Muhammad Aidi, S.I.P., M.Si., Kapendam Kolonel Inf Rio Purwantoro, S.H., Kasiopsrem 141/TP Kolonel Inf Sukirman, Kasiterrem 141/TP Kolonel Arm Iwan Apriyanto, S.I.P., Waaster Letkol Arh Muhammad Suaib, M.Tr (Han)., M.Si., dan Dandim 1406/Wajo Letkol Inf Muhamad Juanda Dinata, SE.(ddy-wis)

Editor: Sudirman

Share :

Baca Juga

Sulsel

PAD Sektor Wisata Sinjai Over Target

Sulsel

Direksi PDAM Makassar Terima Kunjungan Komisi C DPRD Provinsi DKI Jakarta dan Dirut PDAM DKI Jaya

Sulsel

Wali Kota Makassar Sarankan FONI Sulsel Pusatkan MORE 2022 di Pantai Losari

Sulsel

Ansar Imbau Warga HIKMA di Sulsel Jaga Tradisi Kekeluargaan di Bulan Suci Ramdahan

Sulsel

Ramah Tamah Bersama Pemuda Pancasila Sulsel, Wali Kota Danny: Mari Ambil Bagian

Sulsel

Barcode Peduli Lindungi Mulai Terpampang di Instansi Pelayanan Publik Pemkab Sinjai

Sulsel

Lorong Wisata Pemerintah Kota Makassar Sejalan dengan Program Nasional

Sulsel

51 Wartawan Dinyatakan Kompeten di UKW Yang Difasilitasi Dewan Pers