Home / Halo Polisi

Rabu, 13 April 2022 - 21:33 WIB

Ditlantas Polda Sulsel Bakal Lakukan Kesertaan Kartu BPJS Saat Bermohon SIM, STNK dan BPKB

LINTASCELEBES.COM MAKASSAR — Direktorat Lalulintas (Ditlantas) Polda Sulsel, bakal memberlakukan persyaratan proses pengurusan Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) dan Buku Pemilikan Kendaraan Bermotor (BPKB), wajib menyertakan kartu BPJS atau Badan Penjamin atau Jaminan Kesehatan Nasional (JKN).

Hal ini setelah Presiden Joko Widodo menerbitkan Instruksi Presiden Republik Indonesia (Inpres) Nomor 1 Tahun 2022.

Atas perintah Inpres tersebut, Kepolisian RI diminta mencantumkan syarat keanggotaan BPJS bagi permohonan SIM, STNK dan BPKB.

Bakal dilaksanakannya aturan tersebut di jajaran Ditlantas Polda Sulsel, dibenarkan oleh Kasubdit Regident Ditlantas Polda Sulsel, AKBP Erwin Syah SIK, saat dikonfirmasi, Rabu (13/04/2022)

Mantan Kasi STNK Ditlantas Polda Jabar ini menjelaskan, pemberlakuan kesertaan kartu BPJS tersebut bakal dilaksanakan setelah ditetapkan regulasinya oleh Korlantas Polri.

“Aturan sesuai dengan Inpres No. 1 Tahun 2022, Ditlantas Polda Sulsel menunggu regulasinya. Namun saat ini kita sosialisasikan dulu ke tengah masyarakat Sulsel,” papar Kasubdit Regident Ditlantas Polda ini

Diungkapkan, saat ini kepolisian melakukan penyempurnaan regulasi untuk memastikan pemohon SIM, STNK dan BPKB adalah peserta aktif dalam program JKN.

Erwin Syah menyebut persyaratan kartu BPJS ini akan meliputi seluruh pelayanan dalam proses registrasi dan identifikasi kendaraan bermotor dan semua harus memahami dan mendukung kebijakan ini.

“Cara pandangnya harus kita lihat dari sudut pandang pemerintah, sudut kesatuan masyarakat. Kendati demikian, Polri belum menentukan waktu yang tepat pemberlakuan kebijakan tersebut, namun tinggal menunggu regulasinya dan akan segera diberlakukan,” tambah Kasubdit.

Seperti diketahui, dalam Instruksi Presiden (Inpres) Nomor 1 Tahun 2022 tentang Optimalisasi Pelaksanaan Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) tersebut dikeluarkan pada 6 Januari 2022. (Natsir)

Editor: Sudirman

Baca juga:  Danny-Fahsar Kompak Lantik Pengurus Alumni Unhas Kabupaten Bone

Share :

Baca Juga

Halo Polisi

Jelang Pemilu 2024, Polri, KPU, Bawaslu, KPI, PWI dan Dewan Pers Bertemu Bahas Pencegahan Berita Hoaks

Halo Polisi

Kapolres Wajo Pantau Gereja dan Pos-Pos Pengamanan Ops Lilin 2021

Halo Polisi

Kapolri Instruksikan Percepat Penanganan Wilayah Bencana dan Tingkatkan Pelayanan Warga Kebutuhan Khusus

Halo Polisi

Resmikan 4 Gedung Polres Wajo, AKBP Muhammad Islam Harapkan Tingkatkan Pelayanan kepada Masyarakat

Halo Polisi

Kapolres Wajo Buka Pelatihan Satpam Tingkat Dasar Gada Pratama Tahap XXX Tahun 2022

Halo Polisi

Polres Wajo Berqurban 9 Ekor Sapi 

Halo Polisi

Kasatresnarkoba Polres Gowa Dijabat AKP Bahtiar, AKBP Zulanda Jabat Kasat Lantas Polrestabes Makassar

Halo Polisi

Kapolres Barru Pimpin Upacara Sertijab 3 PJU