Home / Pendidikan

Kamis, 3 Maret 2022 - 19:13 WIB

Sempat Vakum Akibat Pandemi Covid-19, Gerakan Kepanduan Pramuka di Wajo Kembali Bisa Dilaksanakan

Bupati Wajo H. Amran Mahmud saat mengukuhkan Ketua dan Anggota Majelis Pembimbing Ranting, Pengurus Kwartir Ranting dan Anggota Lembaga Pemeriksa Keuangan Gerakan Pramuka Ranting Pitumpanua Masa Bakti 2021-2024 yang digelar di Lapangan Desa Tanrongi Kecamatan Pitumpanua, Kamis (03/03/2022).--humas--

Bupati Wajo H. Amran Mahmud saat mengukuhkan Ketua dan Anggota Majelis Pembimbing Ranting, Pengurus Kwartir Ranting dan Anggota Lembaga Pemeriksa Keuangan Gerakan Pramuka Ranting Pitumpanua Masa Bakti 2021-2024 yang digelar di Lapangan Desa Tanrongi Kecamatan Pitumpanua, Kamis (03/03/2022).--humas--

LINTASCELEBES.COM WAJO — Untuk menggairahkan kembali kegiatan kepramukaan, Bupati Wajo, Amran Mahmud menyempatkan hadir menemui langsung kader-kader pramuka sekaligus mengukuhkan Pengurus Kwartir Ranting Pramuka dan Jambore Ranting.

Meskipun, karena karena padatnya kegiatan Dinas yang telah terjadwal sehingga sebagian kecamatan tidak sempat dihadiri langsung dan untuk pengukuhannya diwakilkan kepada ketua harian Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Wajo.

Amran Mahmud memberi apresiasi kepada pengurus Kwartir Ranting karena pelaksanaan Jambore secara maraton bisa berlangsung di setiap kecamatan dengan tetap menerapkan protokol kesehatan.

“Ini patut kita apresiasi karena meski saat ini kita masih di tengah pandemi, kegiatan jambore bisa berjalan lancar dengan tetap menerapkan protokol kesehatan,” kata Amran Mahmud saat menghadiri Kegiatan Jambore Ranting yang dirangkaikan dengan pengukuhan Ketua dan Anggota Majelis Pembimbing Ranting, Pengurus Kwartir Ranting dan Anggota Lembaga Pemeriksa Keuangan Gerakan Pramuka Ranting Pitumpanua Masa Bakti 2021-2024 yang digelar di Lapangan Desa Tanrongi Kecamatan Pitumpanua, Kamis (03/03/2022).

Lanjut Amran, Jambore yang diaksanakan baik di Tingkat Ranting, Tingkat Cabang hingga ke Tingkat Nasional merupakan ajang silaturrahmi dan pesta bagi Pramuka Golongan Penggalang.

“Kita berharap Jambore ini bisa terseleksi kader-kader, tunas-tunas generasi pemimpin masa depan yang akan datang, yang telah ditempa dengan gerakan kepanduan pramuka,” harapnya.

Bahkan Amran mengakui, pengalaman kepramukaan yang didapat sejak SD, SMP hingga SMA menjadi bekal berharga dalam menjalankan kepemimpinannnya saat ini.

“Saya aktif di kepramukaan sejak SD. Dan itu sangat bermanfaat, karena mendidik kita mandiri, disiplin, memiliki kompetensi, kemampuan, skil dan keterampilan,” akunya.

Pasalnya kata dia, banyak orang pintar tapi tidak punya skill. Sehingga bagaimanapun pintarnya mereka kalau tidak dibarengi skil tidak bisa juga unggul dan diperhitungkan.

Baca juga:  Entaskan Stunting, Pemkab Bahas Pengukuran dan Publikasi Data

“Maka itu di kepanduan pramuka kita dapatkan semua skil itu dan harus kita praktekkan. Tidak mungkin kita hanya teori saja belajar dikelas, tapi harus juga ada ada praktek bagaimana melatih kepekaan kita dalam beradaptasi dengan kekinian. Apalagi di era industri 4.0 bahkan sekarang 5.0 menuntut kita memiliki kompetensi yang kualifik.

Menutup sambutannya, Amran tak lupa menyampaikan selamat bertugas kepada Ketua dan Anggota Majelis Pembimbing Ranting, Pengurus Kwartir Ranting dan Anggota Lembaga Pemeriksa Keuangan Gerakan Pramuka Ranting Pitumpanua yang baru dikukuhkan.

“Semoga dapat menjalankan tugas dan tanggung jawab yang diembangnya dengan prinsip Sukarela dan Amanah. Sebagaimana salah satu Prinsip Gerakan Pramuka “Ikhlas Bakti Bina Bangsa, Berbudi Bawa Laksana,” ucapnya.

Amran Mahmud juga meminta agar Gerakan Pramuka Wajo membantu menyukseskan kegiatan vaksinasi di Kabupaten Wajo.(far)

Editor: Sudirman

Share :

Baca Juga

Pendidikan

Nahkodai SMPN 2 Sengkang, Najmia Komitmen Terus Lakukan Pembenahan

Daerah

Dinsos Makassar dan Balai Diklat Kemensos Tandatangani MOU

Pendidikan

SDN 265 Assorajang Gelar Pembagian Raport Kenaikan Kelas

Makassar

Hasil PSU di Wajo, Prabowo-Sandi Berkurang 40 Suara, Jokowi-Ma’ruf Berkurang 6 Suara

Advertorial

Dilantik di Hari Jadi Wajo, Amran Mahmud Harap Bunda Baca Kecamatan Tumbuhkan Minat Baca dan Literasi

Daerah

Persiapkan Pelaku Indutri Pariwisata, Dispar Wajo Gelar Pelatihan Manajemen Homestay

Pendidikan

Bupati Wajo Harapkan Ibu-ibu Mengambil Peran Terdepan dalam Pembinaan Anak

Pendidikan

Disdikbud Wajo Gelar Pelatihan Peningkatan Kompetensi Penilik