Home / Kesehatan

Minggu, 20 Februari 2022 - 08:32 WIB

Pentingnya Peran Orang Tua agar Anak Sehat

Pentingnya Peran Orang Tua agar Anak Sehat.(Alodokter)

Pentingnya Peran Orang Tua agar Anak Sehat.(Alodokter)

LINTASCELEBES.COM KESEHATAN — Orang tua dan pola asuh yang baik memegang peran penting pada kesehatan dan tumbuh kembang Si Kecil. Oleh karena itu, penting bagi para orang tua untuk mendidik dan membiasakan anak hidup sehat dari kecil.

Jarang berolahraga dan mengonsumsi makanan yang kurang bergizi dapat membuat anak menderita berbagai masalah kesehatan, seperti obesitas, penyakit jantung, hingga diabetes tipe 2 di kemudian hari. Agar anak sehat, Bunda dapat mengajarinya cara hidup sehat sejak dini.

Mengajarkan Kebiasaan Hidup Sehat pada Anak

Memang butuh waktu dan kesabaran untuk mendorong anak terbiasa menjalani hidup sehat. Namun, semakin awal kebiasaan baik diterapkan, semakin besar pula kemungkinan Buah Hati menjadi anak sehat.

Saat mengajarkan anak pola hidup sehat, Bunda perlu memperhatikan beberapa hal di bawah ini:

1. Menjadi panutan
Cara terbaik untuk mengajak Si Kecil menjadi anak sehat adalah dengan menjadi contoh. Anak-anak akan mencontoh atau meniru apa yang dilakukan orang tua mereka.

Oleh karena itu, perlihatkan kepada anak bahwa Bunda rajin olahraga dan mengonsumsi makanan sehat secara konsisten. Memberikan pesan melalui perbuatan akan lebih berkesan bagi anak daripada sekadar perintah atau omelan.

2. Perlahan tapi pasti
Ketika menerapkan kebiasaan hidup sehat kepada anak, lebih baik mulai dari langkah-langkah sederhana namun konsisten daripada langsung berfokus kepada perubahan besar dalam waktu singkat.

Misalnya, ajak anak untuk bersepeda setiap sore hari atau di akhir pekan. Atau, Bunda juga bisa mengajak anak untuk memasak makanan sehat bersama-sama daripada memesan makanan siap saji.

3. Libatkan seluruh anggota keluarga
Mewujudkan kebiasaan sehat pada anak akan lebih mudah jika seluruh anggota keluarga juga terlibat. Oleh karena itu, sebaiknya program ini tidak hanya diberikan kepada anak saja.

Baca juga:  Biji Pepaya Khasiatnya Dahsyat, Ini Manfaatnya

Libatkanlah seluruh anggota keluarga. Hal ini bisa dimulai dari makan malam bersama dengan menu sehat dan berolahraga bersama.

4. Ketahui apa yang dikonsumsi
Agar anak sehat, Bunda juga bisa mengajak mereka membaca label makanan dan minuman agar anak belajar, paham, dan sadar tentang apa saja yang baik dikonsumsi dan tidak.

Aktivitas Fisik agar Anak Sehat

Salah satu syarat mewujudkan anak sehat adalah membuat Si Kecil jadi rajin bergerak. Beberapa hal di bawah ini bisa dilakukan untuk mendorong Si Kecil melakukan aktivitas fisik secara rutin:

*Membatasi waktu anak menonton TV dan bermain komputer, video game, atau gawai lainnya menjadi dua jam per hari

*Memperkenalkan aktivitas fisik sederhana seperti membersihkan rumah, mengajak jalan binatang piaraan, berkebun, berjalan-jalan santai di taman, bermain sepeda, atau bermain petak umpet

*Membiarkan anak bereksperimen dengan berbagai aktivitas fisik sampai mereka menemukan yang sangat mereka sukai, dengan begitu mereka akan termotivasi untuk menggerakkan tubuh

*Setelah anak menemukan aktivitas yang disukai, dorong mereka untuk melakukannya selama 30–60 menit setiap hari

*Menyeimbangan asupan kalori dengan aktivitas yang dilakukan anak

Selain berolahraga, jangan lupa untuk membiasakan anak banyak minum air putih, mengonsumsi sayur dan buah segar, serta menghindari makanan dan minuman yang mengandung banyak gula dan garam.

Membiasakan diri dengan kegiatan yang baik agar anak sehat tentu saja membutuhkan waktu dan kesabaran. Jika perlu, Bunda bisa berkonsultasi dengan dokter mengenai kesehatan dan tumbuh kembang anak saat kontrol kesehatan rutin.(Sumber: Alodokter)

Share :

Baca Juga

DPRD

Buka Pertemuan FKS Wajo, Amran SE: Jangan Nanti Ada Verifikasi Baru Bekerja

Kesehatan

PENGUMUMAN PENYUSUNAN DOKUMEN ANALISIS MENGENAI DAMPAK LINGKUNGAN RENCANA PEMBANGUNAN RUMAH SAKIT REGIONAL

Kesehatan

Cara Memanfaatkan Jahe untuk Batuk

Kesehatan

8 Penyakit Yang Bisa Sembuh Dengan Berjalan Kaki

Kesehatan

Air Kelapa Campur Jambu Biji Berkhasiat Atasi Diabetes

Advertorial

Bupati Wajo Komitmen Menetapkan Kawasan Tanpa Rokok Disetiap OPD

Advertorial

Puskesmas Salewangeng Wajo Raih Akreditasi Paripurna

Kesehatan

Jangan Sepelekan, Ini Penyebab Asam Urat