Home / Pendidikan

Minggu, 6 Februari 2022 - 09:14 WIB

Tiga Tahun Kepemimpinan Duo Amran, 2.740 Penerima Nikmati Program Beasiswa Gerbang Pammase

LINTASCELEBES.COM WAJO — Bupati Wajo, Amran Mahmud bersama wakilnya, Amran, menjadikan pendidikan sebagai salah satu prioritas selama memimpin Kabupaten Wajo. Sektor inipun masuk dalam 25 program kerja nyata dalam visi misi Duo Amran.

Itu tertuang dalam poin menyediakan 5.000 beasiswa pendidikan bagi siswa berprestasi maupun kurang mampu. Program inipun telah berjalan hingga memasuki tahun ketiga melayani masyarakat Bumi Lamaddukelleng.

Berdasarkan data yang dihimpun, sejak 2019 hingga akhir 2021 lalu, setidaknya sudah ada 2.740 orang yang menerima manfaat dari program beasiswa yang dikenal dengan Gerbang Pammase tersebut.

Sekretaris Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Wajo, Yahya, menjelaskan dari 2.740 itu, 16 orang mahasiswa yang menerima manfaat dengan total anggaran Rp245 juta pada 2019.

Lalu pada 2020, ada 922 penerima manfaat yang terdiri atas tingkat SD, SMP, SMA, mahasiswa, dan peserta lembaga kursus dengan total anggaran Rp1 miliar. Adapun beberapa kategori di antaranya berprestasi, berprestasi dan tidak mampu, serta beberapa kategori lainnya.

“Sementara untuk tahun 2021, kita hanya menyiapkan beasiswa untuk tingkat SD dan SMP. Adapun jumlahnya sebanyak 1.802 anak dengan anggaran Rp1 miliar. Kategorinya berprestasi akademik,” beber Yahya.

“Jadi selama tiga tahun terakhir, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan telah menganggarkan sebanyak Rp2,45 miliar untuk beasiswa pelajar,” tambahnya.

Yahya mengakui, pandemi COVID-19 melanda sejak 2020 lalu, turut memengaruhi penganggaran untuk beberapa program, termasuk Gerbang Pammase. Namun, pihaknya tetap komitmen untuk tetap menjalankan program ini.

“Kita berharap agar pandemi ini segera berakhir agar kita bisa lebih maksimalkan pelaksanaan program-program yang telah direncanakan. Kita juga berharap agar masyarakat bisa memahami kondisi yang hampir sama di seluruh penjuru nusantara ini,” ucap Yahya.

Baca juga:  80 Anak Yatim dan Dhuafa di Sabbangparu Dapat Santunan dari At-taubah Peduli dan Jurnalis Wajo

Beberapa waktu sebelumnya, salah seorang wali siswa penerima manfaat beasiswa ini, menyampaikan terima kasih dan penghargaan kepada Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Wajo, khususnya kepada Bupati dan Wakil Bupati Wajo.

“Dengan adanya beasiswa ini sangat membantu, apalagi kebutuhan kami sehari-hari sangat susah. Saya berharap agar program ini bisa terus dilanjutkan,” harapnya. (*)

Share :

Baca Juga

Makassar

Hasil PSU di Wajo, Prabowo-Sandi Berkurang 40 Suara, Jokowi-Ma’ruf Berkurang 6 Suara

Halo Polisi

Satlantas Polres Wajo Luncurkan Terobosan Baru “Polantas Mengajar”

Pendidikan

Dollah Mando Harapkan STIE Ichsan Topang Sidrap sebagai Kota Pendidikan Tinggi

Pendidikan

Terpukau Hasil Kerajinan Siswa SLBN 1 Wajo, Ketua Dekranasda Minta dipasarkan di Pusat Oleh-oleh

Pendidikan

Ketua DPRD Enrekang Kunjungan Konsultasi Terkait Sekolah Penggerak di Disdik Sulsel

Pendidikan

Peresmian Dua Pondok Tahfiz di Tempe, Bupati Wajo Serahkan Mushaf-Jadi Donatur Tetap

Pendidikan

46 Guru di Wajo Ikuti Lokakarya Ketiga Program Guru Penggerak

Pendidikan

340 Pendaftar Bantuan Pendidikan dan Beasiswa Berprestasi Dinyatakan Lolos Administrasi