Home / Kesehatan

Jumat, 14 Januari 2022 - 09:13 WIB

Tips Motivasi Diri supaya Lebih Rajin Berolahraga

Tips Motivasi Diri supaya Lebih Rajin Berolahraga.--Hellosehat--

Tips Motivasi Diri supaya Lebih Rajin Berolahraga.--Hellosehat--

LINTASCELEBES.COM KESEHATAN — Memulai berolahraga memang merupakan suatu hal yang sulit dilakukan. Orang-orang yang sudah rutin melakukannya bahkan masih bisa kehilangan motivasi dan malas untuk memulai olahraga setelah lama berhenti.

Jika sudah begini, Anda bisa saja kehilangan manfaat olahraga yang selama ini Anda dapatkan. Lantas, apa saja langkah yang bisa Anda lakukan untuk membuat diri tetap termotivasi?

Cara terbaik untuk terus termotivasi yakni membiasakan diri dengan jadwal olahraga rutin dan tetapkan goal sehat Anda. Berikut beberapa tips yang dapat membantu Anda.

1. Tetapkan tujuan yang masuk akal

Pemula biasanya ingin hasil instan maksimal, tapi mereka cenderung kewalahan sebab memaksakan diri berolahraga selama 1–2 jam setiap hari.

Pola seperti ini justru dapat menurunkan motivasi karena Anda hanya mendapatkan rasa lelah.

Jadi, buatlah tujuan yang terjangkau oleh kemampuan Anda. Mulailah dengan olahraga mingguan sebanyak 2–3 kali selama 20–30 menit.

Berikan juga jangka waktu yang masuk akal, misalnya menurunkan 10 kg selama 3–4 bulan sambil menjaga kesehatan.

2. Membuat catatan olahraga

Supaya motivasi Anda untuk berolahraga tidak kendur, coba buatlah catatan olahraga. Anda bisa membuat catatan dalam bentuk jurnal online ataupun menuliskannya dalam buku catatan.

Catatan olahraga dapat menunjukkan kemajuan Anda setiap hari, minggu, atau bulan. Sebagai contoh, catatlah berapa banyak Anda mampu melakukan sit-up, berapa lama Anda bisa melakukan plank, dan berapa cm lingkar pinggang yang menyusut.

3. Berolahraga dengan orang lain

Kebanyakan orang merasa lebih termotivasi ketika berolahraga dengan teman dekat, pasangan, atau sesama penggemar olahraga.

Jadi, berlatihlah bersama setiap hari atau sesuai jadwal yang sudah disepakati bersama. Jadikan mereka sebagai motivator yang menyemangati satu sama lain.

Baca juga:  Bupati Wajo dan Forkopimda Dampingi Pangdam Hasanuddin Tinjau Lokasi TMMD, Progressnya Kini 94%

Anda pun dapat saling mengingatkan jika ada yang malas, atau jika salah satu dari Anda sedang tidak bergabung berolahraga bersama karena ada keperluan lain.

4. Lakukan aktivitas yang Anda sukai

Motivasi olahraga bisa luntur bila Anda bosan dengan latihan yang Anda lakukan. Untuk mengakalinya, coba cari latihan baru yang menyenangkan, tidak melulu harus jogging sendirian atau angkat beban di gym.

Cobalah olahraga yang sebelumnya mungkin tak terpikirkan oleh Anda, seperti zumba, basket, atau bersepeda. Olahraga yang bervariasi tidak hanya mengusir rasa jenuh, tapi juga menjadi alternatif terlepas dari cuaca atau waktu.

5. Bolos 1–2 kali tidak jadi masalah

Tidak dipungkiri bahwa beberapa orang pernah bolos dari jadwal olahraga yang sudah mereka buat. Jika Anda juga melakukan hal yang sama, Anda harus bersikap realistis dan tidak perlu merasa bersalah.

Bolos sesekali dari rutinitas olahraga bukanlah masalah besar selama Anda mampu berkomitmen untuk kembali lagi. Momen istirahat sejenak ini justru bisa meningkatkan motivasi olahraga dan membuat Anda merindukannya.

6. Biasakan olahraga setidaknya 7 menit

Paksa diri Anda untuk melakukan gerakan olahraga tujuh menit saja. Ini bisa menjadi suatu acuan kecil yan membawa perubahan besar bagi hidup Anda bila Anda melakukannya secara rutin.

Setelah selesai, bertanyalah kepada diri sendiri, apakah Anda masih ingin lanjut?

Jika tidak, gantilah dengan beberapa sesi latihan kecil atau jenis olahraga lain ketimbang satu kali latihan berdurasi panjang yang malah menurunkan motivasi.

7. Berolahraga bahkan ketika Anda lelah

Olahraga mungkin bukan menjadi hal terakhir yang ingin Anda lakukan ketika lelah. Padahal, kegiatan ini justru dapat menambah stamina tubuh.

Ini lantaran ketika berolahraga Anda diharuskan untuk bernapas dalam-dalam dan mendapatkan banyak oksigen.

Baca juga:  Shalat Subuh Berjamaah, Danny Gelorakan Semangat "Jagai Anakta"

Peningkatan kadar oksigen dalam tubuh membantu pembentukan energi dalam bagian sel yang disebut mitokondria.

Selain itu, oksigen yang berlimpah membuat tubuh menggunakan energi dengan lebih baik dan efisien.

8. Fokus pada diri sendiri

Saat Anda memutuskan untuk rutin berolahraga, Anda akan menemukan bahwa selalu ada orang yang lebih bugar atau lebih ramping dari Anda.

Jika Anda membandingkan diri dengan orang-orang ini, motivasi olahraga Anda justru bisa menurun.

Maka dari itu, Anda harus tetap fokus pada diri sendiri. Jangan biarkan mereka menjadi penghalang dari kemajuan dan tujuan besar Anda.

Lagipula, satu-satunya orang yang boleh Anda jadikan tandingan adalah diri Anda yang dahulu.(Sumber: Hellosehat)

Share :

Baca Juga

Kesehatan

HUT PPNI, Pemkab Wajo Ajak Perawat Bekerja Profesional

Kesehatan

5 Sarapan Sehat untuk Mengecilkan Perut Agar Cepat Sixpacks

Kesehatan

Tiga Warga Dhuafa di Pattirosompe Dapat Santunan dari At-Taubah Channel Peduli

Kesehatan

Manfaat Makan Telur bagi Kesehatan

Gaya Hidup

Hadapi Verifikasi Tingkat Nasional, FKS Wajo Gelar Rakor Verifikasi Dokumen

Kesehatan

5 Tips Menjaga Kesehatan Pencernaan Selama Puasa

Kesehatan

Tidur Pakai Kipas Angin Bisa Sebabkan Nyeri Perut? Ini Penjelasannya

Birokrasi

Daftar Lengkap Menteri Kabinet Indonesia Maju Jokowi