Home / Sulsel

Kamis, 11 November 2021 - 12:21 WIB

Antisipasi Adanya Permainan Harga, Pemkab Sinjai Buat Aplikasi Pemantau Harga Sembako

Kepala Bagian Perekonomian dan SDA Setdakab Sinjai A. Mandasini

Kepala Bagian Perekonomian dan SDA Setdakab Sinjai A. Mandasini

LINTASCELEBES.COM SINJAI — Pemerintah Kabupaten Sinjai melalui Bagian Perekonomian dan Sumber Daya Alam (SDA) Sekretariat Daerah (Setda) saat ini merancang sebuah aplikasi khusus untuk memantau harga kebutuhan makanan pokok atau sembako.

Hal ini dilakukan untuk memudahkan warga yang ingin memantau harga barang sekaligus untuk mengantisipasi adanya oknum yang ingin memainkan harga dipasaran.

Kepala Bagian Perekonomian dan SDA Setdakab Sinjai A. Mandasini Saleh mengungkapkan bahwa aplikasi ini dibuat mengacu pada harga kebutuhan yang dikeluarkan oleh Dinas Perindustrian, Perdagangan dan SDM Kabupaten Sinjai yang rutin setiap minggu melakukan pemantauan harga di pasaran.

Untuk membuat aplikasi ini, pihaknya melakukan kerjasama dengam Dinas Komunikasi, Informatika dan Persandian selaku OPD teknis dalam hal menyiapkan aplikasi tersebut.

“Kami dibagian Perekonomian salah satu tugas kami adalah mengendalikan harga kebutuhan pokok di pasaran. Agar harga dipasaran ini tetap aman dan stabil maka saat ini kita buat aplikasi untuk memantau harga kebutuhan pokok di pasaran, ” jelas A. Mandasini, Kamis (11/11/2021).

Aplikasi tersebut bisa digunakan untuk mengecek harga kebutuhan pokok secara periodik. Harga sembako yang bisa dipantau pun, kata dia, terdiri atas beragam jenis barang mulai dari beras, bumbu dapur, sayur-sayuran, minyak goreng, harga daging dan produk lainnya.

Karena itu, menurut Mandasini aplikasi tersebut nantinya bisa digunakan juga untuk mengendalikan harga sembako di pasar serta menjadi bahan informasi jika terjadi lonjakan kenaikan harga pada salah satu produk.

Hal tersebut juga dibenarkan oleh Kepala Bidang Aptika Dinas Kominfo dan Persandian Sinjai Muh. Takdir. Menurutnya, aplikasi tersebut saat ini masih dalam tahap proses penyempurnaan.

Aplikasi ini nantinya akan diintegrasikan dengan website resmi Pemkab Sinjai dan website Bagian Perekonomian Setdakab untuk memudahkan masyarakat dalam memperoleh informasi harga kebutuhan pokok.

Baca juga:  15 Desa di Luwu Utara Jadi Lokasi Program Perlindungan Anak Sektor Kakao

“Aplikasi pemantauan harga sembako ini juga nantinya bisa diakses dengan menggunakan android dan diunduh melalui play store,” tambahnya.(tw-wan)

Editor: Sudirman

Share :

Baca Juga

Sulsel

Pemkab Gowa Bersama Polres akan Gelar Operasi Ketupat

Sulsel

Bumbu Pallubasa Instan, Jadi Rebutan Pengunjung “Perempuan Indonesia Expo” Jambi

Sulsel

Resmi Ditutup, Sebanyak 4.823 Pendaftar Calon Pegawai PDAM

Sulsel

Bupati Barru Jadi Irup Upacara Hardiknas Ke-62 Tahun 2022

Sulsel

Forum Kota sehat Kota Gorontalo Kunjungi Longwis di Kota Makassar

Sulsel

Dishub Makassar Turunkan 250 Personel Ikut Serta Bentangkan Bendera Merah Putih di Losari

Advertorial

Pemkab Wajo Hadirkan Mushaf Al-Qur’an “Raksasa” di Masjid Agung Ummul Quraa

Advertorial

Wabup Wajo di Hari Pahlawan, Serahkan Hibah untuk Legiun Veteran-Ziarah Makam Pahlawan