Home / Pendidikan

Jumat, 15 Oktober 2021 - 19:42 WIB

Amran Mahmud Buka Orientasi Sadar Wisata dan Penerimaan Anggota Baru Saka Pariwisata

Bupati Wajo selaku Ketua Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Wajo H. Amran Mahmud saat menghadiri Orientasi Sadar Wisata dan Penerimaan Anggota Baru Saka Pariwisata di Kawasan Rumah Adat Atakkae, Jumat, 15 Oktober 2021.

Bupati Wajo selaku Ketua Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Wajo H. Amran Mahmud saat menghadiri Orientasi Sadar Wisata dan Penerimaan Anggota Baru Saka Pariwisata di Kawasan Rumah Adat Atakkae, Jumat, 15 Oktober 2021.

LINTASCELEBES.COM WAJO — Bupati Wajo selaku Ketua Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Wajo H. Amran Mahmud membuka secara resmi Orientasi Sadar Wisata dan Penerimaan Anggota Baru Saka Pariwisata di  Rumah Adat Atakkae, Jumat, 15 Oktober 2021.

Dalam sambutannya H. Amran Mahmud mengungkapkan, kepariwisataan merupakan bagian integral dari pembangunan nasional yang penyelenggaraannya dilakukan secara terencana, terpadu, berkelanjutan dan bertanggung jawab dengan tetap menjunjung tinggi norma agama dan nilai budaya, memelihara kelestarian alam dan lingkungan hidup serta memberdayakan masyarakat setempat.

Salah satu upaya untuk membentuk tenaga kader pembangunan pariwisata kata dia, adalah membekali peserta didik dengan pengetahuan dan keterampilan praktis dalam bidang pariwisata.

Amran Mahmud menjelaskan, Satuan Karya Pramuka adalah organisasi pendukung Gerakan Pramuka sebagai wadah pendidikan dan pembinaan guna menyalurkan minat, mengembangkan bakat dan menambah pengalaman para Pramuka Penegak dan Pandega dalam berbagai bidang ilmu pengetahuan dan teknologi serta keterampilan. Saka juga memotivasi mereka untuk melaksanakan kegiatan nyata dan produktif sehingga dapat memberi bekal bagi kehidupannya dalam melaksanakan pengabdiannya kepada masyarakat, bangsa, dan negara sesuai dengan aspirasi pemuda Indonesia dan tuntutan perkembangan pembangunan serta peningkatan ketahanan nasional.

“Satuan Karya Pramuka Pariwisata adalah wadah pendidikan dan pembinaan di bidang pariwisata bagi anggota Gerakan Pramuka untuk membantu, membina, dan mengembangkan kegiatan pariwisata,” ujarnya.

Orang nomor Satu di Bumi Lamaddukkelleng ini mengatakan, peranan pramuka sangat diharapkan dalam membangun dan mendukung pembangunan pariwisata. Dukungan diwujudkan dalam wadah Satuan Karya Pramuka Pariwisata (Saka Pariwisata). Anggota Pramuka Satuan Karya (Saka) Pariwisata diminta ikut membantu promosi pariwisata di daerah. Saka Pariwisata juga diharapkan ikut mendukung kampanye Sapta Pesona dan Sadar Wisata khususnya di kalangan generasi muda dan anggota pramuka pada umumnya.

Baca juga:  Buka Muscab Pemuda Pancasila, Sekda Wajo: Buat Kegiatan yang Mencerminkan Nilai Pancasila

Dikatakan, Kegiatan kesakapariwisataan dilaksanakan untuk semua golongan anggota muda Gerakan Pramuka yaitu siaga, penggalang, penegak dan pandega yang menjurus kepada pembinaan watak, mental, jasmani, rohani, pengetahuan, kecakapan, pengalaman dan keterampilan dengan menerapkan sistem among serta prinsipprinsip dasar pendidikan kepramukaan, sesuai dengan perkembangan jasmani dan rohaninya.

“Penyelenggaraan kepariwisataan bagi pramuka siaga dan pramuka penggalang ditekankan terutama untuk mengembangkan minat mereka di bidang kepariwisataan dengan penerapan sistem pencapaian Tanda Kecakapan Khusus (TKK) penyelenggaraan kepariwisataan bagi pramuka, penegak dan pandega dimaksudkan sebagai usaha untuk meningkatkan kemampuan dan ketrampilannya di masa datang,” katanya.

Amran mengemukakan, kegiatan Saka Pariwisata adalah kegiatan dalam rangka mengembangkan bakat dan minat para anggotanya di bidang kepariwisataan secara lebih intensif dan terarah meliputi pokok-pokok kegiatan untuk membentuk pramuka yang sehat mental dan jasmani dan menumbuhkan penghayatan dan kesadaran lingkungan.

Selain itu, lanjutnya, merangsang hasrat untuk mempelajari ilmu dan teknologi di bidang kepariwisataan dan menumbuhkan minat dan motivasi untuk menjadi manusia yang produktif, berjiwa mandiri dan wiraswastra dalam kegiatan yang berorientasi kepariwisataan.

“Anggota Pramuka Satuan Karya (Saka) Pariwisata diminta ikut membantu promosi pariwisata di Kabupaten Wajo. Saka Pariwisata juga diharapkan ikut mendukung kampanye Sapta Pesona Sadar Wisata khususnya di kalangan generasi muda dan anggota pramuka pada umumnya,” harapnya.

Bekal pengetahuan tentang kepramukaan, kepariwisataan dan Sapta Pesona Sadra Wisata hendaknya dapat dijadikan pegangan para pengurus dan anggota Saka Pramuka untuk ikut memajukan pariwisata di Kabupaten Wajo. “Sehingga sangat diharapkan melalui Orientasi Sadar Wisata dan Penerimaan Anggota Baru SakaPramuka Parawisata mampu pendukung Kampanye Sapta Pesona Sadar Wisata di Kabupaten Wajo,” pungkasnya.(res)

Editor: Sudirman

Baca juga:  Setelah Jajaran OPD, Danny Akan Segarkan Kepala Puskesmas Hingga Kepala Sekolah

Share :

Baca Juga

Daerah

Persiapkan Pelaku Indutri Pariwisata, Dispar Wajo Gelar Pelatihan Manajemen Homestay

Birokrasi

Kadis Kominfo-SP: Restrukturisasi Kelembagaan Baru Pemprov Sulsel Tinggal Disahkan

Pendidikan

Berantas Stunting, DKP-TP PKK Makassar Ajak Siswa SD Jajan Sehat

Pendidikan

Kelas Takhassus MTs As’adiyah Putera 1 Diresmikan, Kini Total Wajo Punya 69 Pondok Tahfiz

Makassar

Melantik 12 Pejabat, Kakanmenag Wajo Tekankan Tingkatkan Kualitas dan Etos Kerja

Daerah

Mas’ud Muhammadiyah: Mahasiswa KKN Unibos Harus Memahami Potensi Desa

Pendidikan

Pembinaan Perpustakaan Sekolah, Indira Yusuf Ismail Sampaikan Impian Tentang Sekolah

Pendidikan

Sosialisasi Pemilu 2019, Malam Ini KPU Wajo Gelar Konser Musik