Home / Kesehatan

Minggu, 10 Oktober 2021 - 08:42 WIB

9 Manfaat Minyak Zaitun untuk Kesehatan, Simak Kata Dokter

Ilustrasi minyak zaitun [shutterstock]
Ilustrasi minyak zaitun [shutterstock]

Ilustrasi minyak zaitun [shutterstock] Ilustrasi minyak zaitun [shutterstock]

LINTASCELEBES.COM KESEHATAN — Anda mungkin sudah pernah mendengar anjuran untuk mengganti minyak goreng biasa dengan minyak zaitun? Hal itu karena minyak zaitun dianggap lebih sehat. Benarkah demikian? Apa saja manfaat minyak zaitun untuk kesehatan sebenarnya?

Melansir sebuah video yang diunggah akun YouTube Dokter Fery TV pada 4 Juni 2021, ada beberapa manfaat minyak zaitun untuk kesehatan tubuh.

“Minyak zaitun merupakan minyak yang dibuat dari ekstrak buah zaitun yang memiliki kandungan omega 6 dan asam lemak omega 3. Namun, asam lemak yang paling banyak terkandung dalam minyak zaitun adalah asam oleat yang sudah lama diyakini dapat mengurangi peradangan”, jelas dokter Fery Juliawan M.Th.

“Jika dibandingkan dengan kelapa sawit, kandungan asam lemak tak jenuh pada minyak zaitun cenderung lebih tinggi, sehingga bisa dikatakan lebih baik bagi tubuh”, tambah dokter Fery.

Beberapa manfaat minyak zaitun bagi kesehatan antara lain:

Dapat menurunkan kadar kolesterol jahat, dan menaikkan atau mempertahankan kolesterol baik dalam darah
Menurunkan resiko penyakit jantung
Mencegah pertumbuhan sel kanker
Memelihara fungsi otak
Mengatasi sembelit
Menjaga berat badan ideal
Mengendalikan kadar gula darah
Menjaga kesehatan mulut
Melembapkan kulit kering.

Jika ingin membeli minyak zaitun, sebaiknya pilihlah varian extra virgin. Minyak zaitun jenis ini memiliki kandungan antioksidan dan nutrisi yang jauh lebih banyak sehingga dianggap lebih sehat dibandingkan dengan jenis minyak zaitun lainnya.

Minyak zaitun extra virgin biasanya tersimpan di dalam kemasan botol berwarna gelap agar lebih awet dan tidak mudah rusak oleh sinar matahari. Setelah tutup kemasan botol dibuka, sangat disarankan untuk menghabiskan minyak zaitun dalam jangka waktu 6 bulan. Simpan minyak zaitun di dalam tempat bersuhu ruangan dan jauhi dari panas paparan sinar matahari.

Baca juga:  Kaya Nutrisi, Ini Manfaat Kurma untuk Anak

Saat membeli minyak zaitun, pastikan pula untuk memilih produk yang sudah terdaftar di BPOM RI. Perhatikan juga tanggal produksi pada kemasan untuk mengetahui kapan batas pemakaian minyak zaitun tersebut. “Minyak zaitun berkualitas tinggi akan memberikan kesan sedikit panas di lidah saat dicicipi”, ungkap dokter Fery.

Itulah segudang manfaat minyak zaitun bagi kesehatan yang perlu diketahui. Penggunaan minyak zaitun beragam, mulai dari menumis masakan hingga mencampurnya langsung di sayuran seperti halnya membuat salad.(Sumber: Suara.com)

Share :

Baca Juga

Kesehatan

Ini Manfaat Kunyit Hitam bagi Kesehatan

Kesehatan

Bukan Hanya Segar, Ini 5 Manfaat Minum Air Lemon Campur Madu

Daerah

Kejuaraan Daerah Gateball II Provinsi Sulsel di Gelar di Wajo

Kesehatan

Jelang Verifikasi Nasional, FKS Wajo Gelar Pertemuan

Kesehatan

450 Calon Jamaah Haji Wajo Diberangkatkan ke Mekkah

Advertorial

Hadiri Wisuda Program Diploma III Akbid Persada, Sekda Wajo Bahas Penanganan Stunting

Advertorial

DPRD Wajo dan Pemkab Sepakati Perampingan OPD

Kesehatan

Tidur Pakai Kipas Angin Bisa Sebabkan Nyeri Perut? Ini Penjelasannya