Home / Kesehatan

Kamis, 7 Oktober 2021 - 16:46 WIB

Vaksinasi untuk Kalangan Remaja di Sinjai Masih Rendah

Pemerintah Kabupaten Sinjai melalui Dinkes saat ini tengah gencar memberikan vaksin sebagai salah satu upaya meningkatkan kekebalan tubuh di masa pandemi Covid-19 termasuk kepada remaja usia 12-18 tahun atau kategori pelajar.

Pemerintah Kabupaten Sinjai melalui Dinkes saat ini tengah gencar memberikan vaksin sebagai salah satu upaya meningkatkan kekebalan tubuh di masa pandemi Covid-19 termasuk kepada remaja usia 12-18 tahun atau kategori pelajar.

LINTASCELEBES.COM SINJAI — Pemerintah Kabupaten Sinjai saat ini tengah gencar memberikan vaksin sebagai salah satu upaya meningkatkan kekebalan tubuh di masa pandemi Covid-19. Selain usia dewasa dan lansia, vaksin ini juga diberikan kepada remaja usia 12-18 tahun atau kategori pelajar.

Hingga saat ini di Kabupaten Sinjai jumlah remaja yang sudah mendapatkan suntikan dosis pertama sebanyak 2.751 orang atau baru mencapai 12,3 % sedangkan yang sudah mendapatkan suntikan dosis kedua sebanyak 540 orang.

Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan Sinjai Akhirani mengakui capaian vaksinasi untuk kalangan remaja masih terbilang rendah. Hal ini disebabkan karena pelaksanaan pembelajaran tatap muka (PTM) di sekolah masih dilakukan secara terbatas.

“Disetiap ada kesempatan kita lakukan vaksinasi di sekolah untuk pelajar, namun capaiannya masih sangat rendah karena pembelajaran di sekolah masih terbatas sehingga sasarannya juga masih kurang,” jelasnya, Kamis (7/10/2021).

Selain itu, kendala yang dihadapi adalah meski disediakan secara gratis oleh pemerintah daerah, sayangnya masih ada orangtua siswa yang tidak setuju anaknya divaksin.

“Mayoritas orangtua beralasan khawatir dan takut terhadap rumor yang ditimbulkan vaksin. Ini yang terus kami sosialisasikan kepada masyarakat bahwa vaksinasi itu halal dan aman bagi kesehatan, ” ucapnya.

Pihaknya juga mengharapkan dorongan kepada Pemerintah Kecamatan maupun Desa untuk terus memberikan pemahaman kepada orang tua siswa bahwa vaksinasi merupakan upaya untuk mencegah penularan Covid-19.

Pelaksanaan vaksinasi Covid-19 secara gratis terus gencar dilakukan oleh Pemkab Sinjai melalui sarana pelayanan kesehatan yang ada di sembilan kecamatan.

Terkait ketersediaan vaksin, Akhirani menjamin ketersediaan vaksin Covid-19 di Sinjai masih mencukupi untuk kebutuhan satu bulan kedepan. (tw-wan)

Editor: Sudirman

Baca juga:  Gelar Rapat Pembahasan Anggaran, Perumda Air Minum Kota Makassar Fokus Tingkatkan Pelayanan

Share :

Baca Juga

Kesehatan

Selain Bisa Cegah Penyakit Kanker, Ini Manfaat Jambu Air untuk Kesehatan

Kesehatan

Beragam Pilihan Teh Herbal untuk Mengatasi Sembelit

Kesehatan

Tutup Pelatihan KP-SPAMS, Ini Harapan DPMU Dinas PMD Wajo

Kesehatan

5 Manfaat Daun Kelor untuk Ibu Hamil

Kesehatan

Kabar Duka, Ani Yudhoyono Berpulang Kerahmatullah

Birokrasi

Kadis Kominfo-SP: Restrukturisasi Kelembagaan Baru Pemprov Sulsel Tinggal Disahkan

Keamanan

Sekprov Sulbar Buka Workshop Kebijakan Pembangunan Perkebunan Kelapa Sawit Berkelanjutan

Bone

SAR BRIMOB DEN C BONE PANTAU LOKASI BANJIR