Home / Wajo

Senin, 23 Agustus 2021 - 15:01 WIB

Teken Pinjaman PEN Daerah Rp89 Miliar, Bupati Wajo: Pemulihan Ekonomi Dapat Dipercepat

Direktur Utama PT Sarana Multi Infrastruktur (SMI), Silvi Juniati Gani, bersama Bupati Wajo, Amran Mahmud, melakukan penandatanganan perjanjian pinjaman PEN daerah senilai Rp89 miliar yang dilakukan secara virtual

Direktur Utama PT Sarana Multi Infrastruktur (SMI), Silvi Juniati Gani, bersama Bupati Wajo, Amran Mahmud, melakukan penandatanganan perjanjian pinjaman PEN daerah senilai Rp89 miliar yang dilakukan secara virtual

MEDIASINERGI.CO WAJO — Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Wajo tidak ingin menjadikan pandemi Covid-19 sebagai halangan dalam laju pembangunan infrastruktur di daerahnya.

Refocusing dilakukan terhdap Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Tahun anggaran 2020 dan 2021. Meski demikian, ada langkah-langkah lain dilakukan agar pembangunan tetap berjalan.

Pada 2021 ini, Pemkab Wajo memanfaatkan pinjaman program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) untuk pemerintah daerah. Ini adalah kebijakan nasional dalam rangka mempercepat pemulihan ekonomi di tengah pandemi Covid-19.

Senin (23/8/2021), Direktur Utama PT Sarana Multi Infrastruktur (SMI), Silvi Juniati Gani, bersama Bupati Wajo, Amran Mahmud, melakukan penandatanganan perjanjian pinjaman PEN daerah senilai Rp89 miliar yang dilakukan secara virtual.

Perjanjian ini telah melalui persetujuan pinjaman yang telah dievaluasi Direktorat Jenderal Perimbangan Keuangan Kementerian Keuangan dan Kementerian Dalam Negeri secara transparan dan akuntabel.

Pemkab Wajo melakukan penandatanganan perjanjian pinjaman PEN bersama Pemkab Sampang, Jawa Timur dan Pemerintah Kota (Pemkot) Tomohon, Sulawesi Utara.

“Dengan adanya stimulus pinjaman PEN Daerah ini, kami berharap agar pemulihan ekonomi akibat pandemi Covid-19 di Kabupaten Wajo dapat dipercepat,” ujar Amran Mahmud saat memberi sambutan.

Amran Mahmud menjelaskan, di Kabupaten Wajo terdapat tiga perangkat daerah yang menjadi pelaksana teknis, yaitu Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan, Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman, serta Dinas Pekerjaan Umum, Penataan Ruang, dan Pertanahan.

Amran Mahmud berpesan kepada tim pelaksana teknis untuk melakukan penataausahaan pinjaman PEN Daerah agar dapat melaksanakan tugas sebaik-baiknya dalam pengelolaan pinjaman.

“Jaga kepercayaan yang telah diberikan oleh pemerintah pusat dan PT SMI kepada pemerintah kabupaten,” harapnya.

Sebagai informasi, pada 2021 ini pemerintah pusat mengalokasikan pinjaman PEN daerah Rp15 triliun. Dana ini bersumber dari APBN 2021 Rp10 triliun dan dari PT SMI Rp5 triliun. (Res)

Baca juga:  Wajo Zero Kasus Covid 19, Anggota DPRD Minta Masyarakat Tetap Waspada

Editor: Sudirman

Share :

Baca Juga

Advertorial

Lantik Pimpinan Baznas, Amran Mahmud Harapkan Inovasi dan Kolaborasi

Advertorial

Bupati Wajo Apresiasi Sinergitas dan Kebersamaan Forkopimda

Advertorial

Wajo Berhasil Angkat Indeks Pembangunan Manusia di Tengah Pandemi COVID-19

Wajo

Di Seminar PB HMI, Amran Mahmud Bawakan Materi Peran dan Strategi Pemerintah Daerah Membangkitkan Ekonomi Masyarakat Pesisir

Wajo

Dua Amran Pantau Tes Tertulis Pilkades Serentak 2021

Advertorial

Menuju Daerah Bebas Jentik, Pemkab Wajo Luncurkan Go Cantik

Advertorial

Bupati Wajo Instruksikan Satgas Covid-19 Terus Optimalkan Penanganan Pandemi

Wajo

Bupati Wajo Dampingi Dirjen SDA Kementerian PUPR RI Tinjau Progres Pembangunan Bendungan Paselloreng