Home / Advertorial / Wajo

Kamis, 15 Juli 2021 - 21:02 WIB

Gali Berbagai Potensi, Pemkab Wajo Libatkan Akasemisi di Focus Group Discussion

LINTASCELEBES.COM WAJO — Kabupaten Wajo punya banyak potensi sumber daya alam (SDA). Sayang, belum seluruhnya dikelola dengan baik. Di bawah tangan dingin Bupati dan Wakil Bupati Wajo, Amran Mahmud-Amran, S.E., berbagai upaya tengah digencarkan.

Salah satunya dengan gelaran focus group discussion (FGD) dengan Politeknik Akademi Teknologi Industri (ATI) Makassar di Ruang Rapat Pimpinan Kantor Bupati Wajo, Kamis (15/7/2021). Pada muaranya, pertemuan ini diharapkan menghasilkan ide untuk pengelolaan SDA dan peningkatan SDM Wajo.

Pada kesempatan ini, Amran Mahmud menyinggung ikan sapu-sapu di Danau Tempe yang dinilai tidak punya nilai ekonomi. “Sekarang di Danau Tempe melimpah wabah ikan sapu-sapu, sampai saat ini tidak ada nilai ekonominya,” ungkap Amran Mahmud.

Namun, lanjutnya, setalah diadakan pengkajian sudah ada gambaran ikan sapu-sapu bisa diolah jadi pakan ternak, tepung, bakso, dan lainnya. “Nah, kalau ini tiba-tiba ada nilai ekonomisnya, bayangkan berapa banyak entrepreneur baru yang lahir dari sini,” imbuhnya.

Selain itu, lanjut Bupati, bagaimana mengembalikan kejayaan kakao di Wajo. Begitupun dengan rumput laut yang saat ini telah ada beberapa desa mengolahnya menjadi kosmetik, minuman, dan kerupuk. “Tinggal bagaimana mengembangkan pemasarannya,” terangnya.

Meski disadari, untuk menuju ke sana banyak tahapan yang masih harus dilakukan. Seperti membangun home industry yang dapat memunculkan wirausahawan baru. “Nah, inilah yang ingin kita diskusikan apa yang bisa dibuat. SDA kita siap, SDM ditanggung Politeknik, sarana prasarananya pemda yang siapkan,” ucapnya.

Sementara itu, Direktur Politeknik ATI Makassar, Basri, mengungkapkan pihaknya akan memberikan advokasi pelatihan industri yang bisa berdaya saing. Salah satunya dengan membuat rencana aksi lewat program pembangunan SDM di Wajo.

“Tujuan kita pada dasarnya menciptakan SDM yang tidak hanya mampu berwirausaha, tapi juga punya basic di dunia industri sehingga SDM yang kita miliki punya standar kerja dan mampu menghasilkan produk,” bebernya.

Baca juga:  Sempat Tertunda, Pembebasan Lahan Bendungan Paselloreng-Gilireng Segera Diselesaikan

Hadir dalam rapat ini Penjabat (Pj) Sekretaris Daerah (Sekda) Wajo, Andi Ismirar Sentosa, Asisten II, M. Taufiq Rasak, Kepala Bappelitbangda, Andi Pallawarukka, Kepala Dinas Perikanan, Nasfari, Kepala Dinas Koperasi, Industri, Perdagangan, dan UKM, Ambo Mai, serta tim dari Politeknik ATI Makassar. (res)

Editor: Sudirman

Share :

Baca Juga

Wajo

Yayasan Tepat Sasaran Berbagi Menu Buka Puasa di Liposos Totinco

Wajo

Resmikan Kantor Desa Lampulung, Bupati Wajo: Semoga Lebih Memudahkan Pelayanan kepada Masyarakat

Wajo

Pemkab Wajo Tetap Maksimalkan Pembangunan Jalan di Tengah Pandemi COVID-19

Advertorial

Pasca Dilantik, 40 Anggota DPRD Wajo Periode 2019-2024 Ikuti Orientasi

Advertorial

Hadiri Musrenbang Kelurahan Salomenraleng, Ketua Komisi II DPRD Wajo: Kami Siap Mengawal Usulan Skala Prioritas

Wajo

Cegah Virus Corona, At-taubah Channel Bagikan Ratusan Masker, Makanan dan Paket Beras

Advertorial

RAT Gabungan KUD, Sekda Wajo: Pengurus Koperasi Harus Memiliki Jiwa Kewirausahaan

Wajo

Resmikan BLK Komunitas, Amran Mahmud Harap Hasilkan SDM Unggul