Home / Wajo

Jumat, 25 Juni 2021 - 14:18 WIB

Kadis Kesehatan Wajo: Melahirkan di Rumah Tidak Ditanggung BPJS

LINTASCELEBES.COM WAJO — Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Wajo, Dr. drg Armin M.Kes menanggapi Adanya pemahaman yang berkembang ditengah masyarakat, bahwa melahirkan di rumah akan dikenakan denda oleh pemerintah.

“Tidak ada istilah denda jika melahirkan di rumah, hanya saja, bagi yang melahirkan di rumah tidak ditanggung biayanya oleh BPJS Kesehatan,” ungkapnya dalam acara jumpa pers yang dilaksanakan Dinas Komunikasi Dan Informasi Kabupaten Wajo Jumat 25 Juni 2021, di Warkop Acci Sengkang.

Menurut dalam Peraturan Menteri Kesehatan (Permenkes) No 4, dikatakan persalinan dilakukan di fasilitas kesehatan pertama, seperti Puskesmas, dan biayanya ditanggung pihak BPJS.

Jika melahirkan di rumah, lanjut mantan Direktur Rumah Sakit Siwa ini, maka biayanya ditanggung sendiri, sehingga muncul pemahaman bahwa dia didenda.

“Kadang ada ibu -ibu melahirkan di rumah dan dibantu oleh tenaga kesehatan, sehingga dia harus bayar sendiri. Dan dia kira didenda, padahal yang dibayar adalah biaya persalinan,” ungkapnya.

Untuk itu, Dr Armin menghimbau kepada warga yang mau melahirkan, agar memanfaatkan fasilitas yang telah disiapkan oleh pemerintah dan tidak dibebani biaya.

“Kenapa tidak mau melahirkan di Puskesmas, biayanyakan sudah ditanggung oleh BPJS. Jadi saya himbau bagi ibu hamil yang mau melahirkan silahkan ke fasilitas kesehatan pertama, tidak ada yang melahirkan mendadak, pasti ada pembukaan pertama dan selanjutnya,” pungkasnya.(Adv)

Editor: Moh. Supriyadi

Baca juga:  Wakil Bupati Gowa Lepas 750 Peserta Defile Porseni PGRI Asal Gowa

Share :

Baca Juga

Wajo

Dua Warga Kurang Mampu di Desa Salotengnga Nikmati Listrik Gratis Bantuan At-taubah Peduli dan Jurnalis Wajo

Sulsel

PWI Wajo Buka Posko Peduli Bencana Gempa Sulbar

Advertorial

Meriah! Berbagai Kegiatan dan Lomba Bakal Warnai Peringatan HUT Kemerdekaan di Wajo

Wajo

Amran Mahmud Harap Petrokimia Gresik Perluas Program Demplot di Wajo

Advertorial

Amran Mahmud: Penyemprotan Padi dengan Drone, Bisa Efisienkan Waktu

Advertorial

Tingkatkan Hasil Produksi, Pemkab Wajo Dorong Petani Manfaatkan KUR

Wajo

Tingkatkan Kompetensi Wartawan, PWI Wajo Kembali Akan Menggelar UKW

Wajo

Sembuh, 1 PDP Asal Kecamatan Tempe Dibolehkan Pulang