Home / Nasional

Kamis, 22 April 2021 - 16:30 WIB

Pemkab Wajo Raih Dua Penghargaan Nasional dari Kementerian PAN dan RB

LINTASCELEBES.COM JAKARTA — Pemerintah Kabupaten Wajo kembali maraih penghargaan tingkat nasional. Bahkan dibawah nahkoda H. Amran Mahmud dan Wakil Bupati Wajo  H. Amran SE ini meraih penghargaan nasional dua sekaligus dari Kementerarian Pendayagunaan Aparatur Negara (PAN) dan Reformasi Birokrasi (RB).

Kedua pengahargaan tersebut yakni, Kategori Sistem Akuntabilitas Instansi Pemerintah (SakiP) dan Kategori Pelaksanaan Reformasi Birokrasi.

Pengahargaan tersebut Diserahkan oleh Menteri PAN dan RB Tjahyo Kumolo dan diterima oleh diterima oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Wajo H. Amiruddin di Birawa Assembly Hall, Hotel Bidakara Jakarta Kamis, 22/04/2021.

Keterpilihan Kabupaten Wajo sebagai salah satu dari dua perwakilan Pemda dari Sulawesi Selatan yang menerima penghargaan tentu oleh Kementerian PAN RB ada penilaian khusus. Pasalnya Kabupaten Wajo tahun sebelumnya tahun 2019 nilai SAKIP pada predikat CC dengan Nilai 52,95 dan pada tahun 2020 berhasil meningkat menjadi Predikat B dengan Nilai 60,07.

Penilaian dari Kementeran PAN RB ini pada aspek SAKIP menunjukkan bahwa Pemerintah Kabupaten Wajo yang tentunya atas dukungan seluruh perangkat daerah telah menunjukkan Komitmen dan Konsisten dalam menyusun dan mengawal perencanaan yang berkualitas dan mengimplementasikannya sampai kepada tataran program dan kegiatan yang telah tercascading (terselaraskan) dengan baik mulai RPJPD, RPJMD, RKPD, Renstra OPD, Renja OPD, Perjanjian Kinerja Pejabat Tinggi Pratama dan Perjanjian Kinerja Pejabat Pejabat Administrator dan Pengawas dalam bentuk Tujuan, Sasaran, Program dan Kegiatan yang diharapkan untuk mencapai sasaran pembangunan dengan menunjukkan bukan hanya dari aspek output tetapi lebih mengedepankan pemenuhan aspek hasil (outcome) dan manfaat (benefit) terhadap pencapaian kesejahteraan rakyat.

Selain dari SAKIP yang telah menunjukkan progress capaian yang optimal juga dari aspek Reformasi Birokrasi yang pada tahun sebelumnya 2019 mencapai nilai 60,08 dengan predikat B bersama dengan Kota Makassar yang merupakan 2 (dua) daerah di Sulawesi Selatan.

Baca juga:  Lima Provinsi Tambahan Corona Tertinggi, Jatim Paling Banyak

Pada Tahun 2020 ini Kabupaten Wajo kembali mempertahankan Nilai RB pada predikat B dengan nilai 60,02. Berdasarkan hasil tersebut kembali menjadikan Pemerintah Kabupaten Wajo menjadi Pemerintah Daerah Kabupaten dengan nilai RB tertinggi di Sulawesi Selatan.

Keberhasilan Pemkab Wajo terletak pada upaya Pemda untuk mempercepat 8 area perubahan RB yaitu Manajemen Perubahan, Penataan Perundang-undangan, Penataan dan Penguatan Organisasi, Penataan Tatalaksana, Penataan Sistem Manajemen SDM, Penguatan Akuntabilitas, Penguatan Pengawasan dan Peningkatan Kualitas Pelayanan Publik.

Sekretaris Daerah Kab. Wajo, H. Amiruddin menyampaikan bahwa capaian ini tentunya tidak terlepas dari komitmen, konsistensi, dan bimbingan dari Bupati Wajo  H. Amran Mahmud dan Wakil Bupati Wajo H. Amran, S.E serta dukungan sinergitas dari DPRD Kabupaten Wajo sebagai bagian dan unsur penyelenggaraan Pemerintahan Daerah dan seluruh Perangkat Daerah, ASN, serta masyarakat secara luas dalam mengawal Reformasi Birokrasi sebagai salah satu misi Pemerintah Kabupaten Wajo untuk mewujudkan tata kelola pemerintahan yang lebih baik dalam mencapai Visi Pemerintah Kabupaten Wajo Tahun 2019-2024 Pemerintahan Amanah Menuju Wajo Maju dan Sejahtera.

Menteri PAN dan RB Tjahyo Kumolo dalam sambutannya mengharapkan, program prioritas pemerintah pusat dalam Visi Indonesia yang termuat dalam RPJMN agar terjabarkan dan tersinergi sampai kepada Pemerintah Provinsi, Pemerintah Kab/Kota sampai kepada kecamatan, desa dan kelurahan

Tjahyo Kumolo menegaskan bahwa, kuncinya adalah efektivitas dan efisiensi dalam penggunaan anggaran pelaksanaan pembangunan terutama pemulihan ekonomi nasional dalam masa pandemi covid-19, kemudahan perizinan dan akses berusaha, serta kecepatan birokrasi dalam layanan publik untuk kesejahteraan rakyat, itulah esensi reformasi birokrasi yang di dalamnya juga ada akuntabilitas kinerja instansi pemerintah.

Terpisah, Bupati Wajo Amran Mahmud mengatakan bahwa prestasi ini adalah berkat kerja keras, Kerja Cerdas dan Kerja Ikhlas dari semua pihak.

Baca juga:  Bantuan Yuliani Paris, Sarana Air Siap Minum di Tanasitolo Produksi 15.000 Liter Per Hari

“saya menyampaikan terima kasih dan penghargaan yang tinggi kepada semua OPD atas kerja kerasnya selama ini sehingga Kabupaten Wajo bisa mendapatkan penghargaan ini, khusunya dengan predikat yang lebih baik dari tahun 2019” Katanya

“Tentu kami juga mengucapkan Terima kasih juga atas dukungan dan sinergitas dari DPRD Kab. Wajo selama ini” sambung Amran.(Adv)

Editor: Kurniawan

Share :

Baca Juga

Nasional

440 Ribu Nakes dan 23 Ribu Vaksinator Persiapkan Diri untuk Pelaksanaan Vaksinasi Covid 19

Nasional

Kembali Temui Mentan, Bupati: Bentuk Keseriusan Hadirkan Program Studi Polbangtan Gowa di Wajo

Nasional

Vaksinolog  dr. Dirga Imbau Masyarakat Agar Perlu Mengetahui Informasi yang Benar Terkait Vaksin

Nasional

Tahap ke-19, Indonesia Kedatangan 998 Ribu Dosis Vaksin

Nasional

Jadi Narasumber di Rakernas ADPMET, Amran Mahmud Ulas Potensi Migas dan Tantangan Implementasi CSR Perusahaan

Nasional

dr Reisa: Vaksinasi Dosis Lengkap Bisa Menurunkan Risiko Terinfeksi Covid 19

Nasional

Perkuat Protokol Kesehatan untuk Ramadan Lebih Aman

Nasional

Biaya Mengobati COVID-19 Rata-rata 184 Juta Rupiah Per Orang, Mencegah Jauh Lebih Murah