Home / Kesehatan

Minggu, 20 Desember 2020 - 11:31 WIB

6 Manfaat Luar Biasa Olahraga Lari Bagi Kesehatan Tubuh

Olahraga Lari.--int-

Olahraga Lari.--int-

LINTASCELEBES.COM KESEHATAN — Lari merupakan jenis olahraga yang sangat mudah dilakukan kapan saja dan di mana saja. Di sisi lain lari juga menjadi olahraga yang menyenangkan karena dapat dilakukan bersama-sama.

Olahraga lari selain mudah dilakukan, sangat memberi banyak manfaat bagi tubuh. Pasalnya, berlari sangat baik bagi organ-organ tubuh dan otak manusia.

Berikut ini adalah beberapa manfaat lari bagi tubuh manusia, seperti yang telah Suara.com kutip di Active.com.

1. Lari meningkatkan sistem kekebalan tubuh
Lari sangat baik bagi tubuh manusia. Berkat lari, sistem kekebalan tubuh seseorang akan meningkat. Selain itu, penelitian menunjukkan lari juga meningkatkan fungsi paru-paru serta menurunkan risiko terjadinya penggumpalan darah pada tubuh.

2. Mencegah berbagai penyakit
Berlari selain baik untuk organ-organ tubuh, juga berguna untuk mecegah berbagai penyakit. Bagi perempuan, berlari dapat menurunkan risiko kanker payudara. Selain itu, lari juga berguna mencegah berbagai penyakit lain seperti stroke, diabetes, tekanan darah tinggi, serangan jantung, osteoporosis, dan lani-lain.

3. Berlari menurunkan berat badan
Lari sangat berguna untuk membakar kalori dalam tubuh. Ketika berlari, kalori terbakar setiap menitnya. Hal ini sangat membantu untuk menurunkan berat badan.

4. Lari meningkatkan kepercayaan diri
Tidak hanya dari segi fisik, berlari juga sangat bermanfaat untuk meningkatkan kepercayaan diri. Biasanya ketika berlari kita akan menentukan jarak tempuh yang akan diperoleh. Ketika kita berhasil menempuh jarak tersebut, tentu saja akan membangun kepercayaan diri.

5. Menghilangkan stres
Stres dapat sangat mengganggu kehidupan sehari-hari. Berlari rupanya dapat menghilangkan stres. Dengan berlari, seseorang akan membuaang energi dan hormon yang berlebih. Hal itu membuat tubuh menjadi lebih rileks dan tidak memiliki beban.

Baca juga:  PERTEMUAN LIMA GENERASI KETURURUNAN MANYORO PALEPPANG DI TANAH KEAHIRANNYA

6. Berlari menghilangkan depresi
Depresi berbeda dengan stres. depresi merupakan gangguan yang mungkin lebih berbahaya karena otak bisa saja berhenti untuk berpikir. Hal itu karena banyaknya beban yang terdapat dalam otak.

Selain itu, depresi terkadang membuat seseorang tidak mau keluar ruangan karena ketakutannya akan banyak hal. Oleh karena itu, berlari akan membantu seseorang mendapatkan keinginan untuk melihat dunia luar sehingga rasa depresi bisa hilang. (int-suara.com)

Share :

Baca Juga

Advertorial

DPRD Wajo Sahkan Perubahan Perda Retribusi Pelayanan Tera/tera Ulang dan Persampahan

Advertorial

Kembalikan Kejayaan Sutera, Pemprov Akan Backup Pemkab Wajo

Kesehatan

Enam Manfaat Untuk Kesehatan Rutin Minum Air Kunyit

Daerah

Data Awal BPBD Wajo, 86 Rumah Warga Rusak Diterjang Puting Beliung

Birokrasi

Seleksi CPNS Dibuka 25 Oktober

Kesehatan

Bupati Ajak Kades Mengawal Bersama Program Kerja Pemkab Wajo

Gaya Hidup

Buah Tomat Terbukti Antioksidan dan Antikanker

Birokrasi

Daftar Lengkap Menteri Kabinet Indonesia Maju Jokowi