Home / Advertorial / Wajo

Jumat, 17 Juli 2020 - 08:40 WIB

Bupati Dorong Perekonomian Desa Melalui BUMDes

LINTASCELEBES.COM WAJO — Bupati Wajo H.Amran Mahmud bersama Wakil Bupati Wajo H.Amran didampingi Kepala Dinas PMD, Kepala Dinas DLHD, Camat Penrang, meresmikan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Mart Desa Makmur di Kecamatan Penrang, Kabupaten Wajo. Jumat 17/7/2020.

Bupati Wajo Amran Mahmud dalam kunjungannya mengatakan. Wabah Pandemic Covid 19 tak harus menyurutkan Komitmen Pemerintah Kabupaten wajo untuk terus berupaya memperkuat dan mendorong perekonomian masyarakat dengan mengembangkan potensi desa seperti halnya dalam mengembangkan pengelolaan Badan Usaha Milik Desa.

Malah kata Bupati. Keberadaan BUMDes disaat sekarang ini harus hadir untuk meningkatkan perekonomian desa, meningkatkan pendapatan asli desa, meningkatkan pengelolaan potensi desa sesuai dengan kebutuhan masyarakat dan sekaligus menjadi tulang punggung pertumbuhan dan pemerataan ekonomi desa.

“Untuk itu diharapka BUMDes ini dapat dikelola dengan baik daan profesional sehingga akan dapat memperkuat perekonomian desa dan mengoptimalkan potensi desa, yang belum dimanfaatkan secara optimal terutama kekayaan desa selain itu Bumdes harus hadir sebagai aset penggerak perekonomian masyarakat.” kata Bupati.

Menurut Orang nomor satu di Bumi Lamaddukelleng ini. Bumdes merupakan perwujudan dari pengelolaan ekonomi produkif desa yang dilakukan secara koorperatif, partisifatif, emansipatif, transparansi, akuntabel dan berkelanjutan.

” Untuk itu, perlu upaya serius semua pihak terkait, agar pengelolaannya dapat berjalan secara mandiri, efektif, efisien dan profesional. Pengelolaan Bumdes harus dilakukan dengan sistem manajemen yang baik. Para pengelolanya harus memiliki pengetahuan dan keterampilan manajemen yang baik pula,”Kata Bupati Amran

Ia mengatakan. Saat ini pemerintah tengah mendorong seluruh desa di Kabupaten Wajo untuk membentuk Bumdes, dan nantinya Pemkab Wajo akan terus melakukan pembinaan, pemantauan, evaluasi dan memberikan fasilitasi, sehingga kualitas manajemen dan sumber daya manusia pengelola Bumdes di daerah ini ke depan semakin baik.

Baca juga:  Silaturahmi dengan Pemerintah Kecamatan, TB Care Aisyiyah Wajo Sosialisasi Bahaya TB

“Selain itu, kami juga akan terus mendorong pembentukan usaha ekonomi baru yang berakar dari sumber daya lokal melalui optimalisasi kegiatan-kegiatan ekonomi masyarakat desa yang telah ada,”ujar Bupati.

Menurutnya, hal ini dilakukan sebagai salah satu upaya Pemerintah Kabupaten Wajo untuk meningkatkan keberhasilan dan percepatan pembangunan dan pertumbuhan ekonomi pedesaan dan peningkatan kesempatan berusaha masyarakat.

“Karena, keberhasilan pembangunan ekonomi dan kesempatan berusaha masyarakat di tingkat desa, merupakan pondasi keberhasilan pembangunan ekonomi dan kesempatan berusaha di daerah ini secara keseluruhan,”Jelasnya.

Turut hadir dalam peresmian BUMDes Mart, Kepala dinas DLHD, Camat Penrang, Kapolsek Penrang, Danramil, sejumlah kepala desa dan sejumlah tokoh masyarakat dan agama serta Pengelolaan BUMDes kecamatan Penrang.(hms-Adv)

Editor: Sudirman

Share :

Baca Juga

Wajo

Tokoh Masyarakat Kaluku Pitumpanua Berpulang, Wabup Wajo Melayat di Rumah Duka

Advertorial

Hadiri World Cities Summit di Singapura, Danny Siap Jadikan Makassar Kota Layak Huni

Sulsel

Mudahkan Pemasaran Hasil Pertanian Petani, Gubernur Sulsel: Jalannya Harus Betul-betul Diperbaiki

Advertorial

Haul Akbar Syekh Jamaluddin di Masjid Tua Tosora, Amran Mahmud: Perkuat Peradaban Islam di Wajo

Wajo

Amran Mahmud Hadiri Pengukuhan Pengurus Pimpinan Daerah DMI Wajo Masa Bakti 2017-2022

Wajo

Vaksinasi Massal di Sallo Mall Sengkang, Vaksinator Suntik Vaksin 426 Orang

Advertorial

Bagian Humas Pemkab Wajo-PT Media Bakri Centre Gelar Bimtek Jurnalistik

Wajo

Capai Target 70 Persen Akhir Desember, Pemkab Wajo Massifkan Vaksinasi dan Intens Sosialisasikan Perpres Nomor 14 Tahun 2021