Home / Wajo

Senin, 11 Mei 2020 - 14:04 WIB

Pemkab Wajo Tambah Alokasi Anggaran Penanganan Covid-19 Sebesar Rp15 Milyar

LINTASCELEBES.COM WAJO — PemerintahKabupaten Wajo kembali mengalokasikan anggaran pencegahan dan penangan Covid 19 tahap kedua, Jum’at 09 Mei 2020, anggaran tersebut meliputi bantuan sosial dan Penanganan Covid-19.

Juru Bicara (Jubir) Tim Gugus Percepatan Penanggulangan (TPGG) Covid-19 Kabupaten Wajo, Supardi SE menjelaskan, ada Refocussing dan realokasi anggaran pada tahap pertama fokus pada proses pencegahan dengan total nilai anggaran sebesar Rp23 Miliar lebih untuk pencegahan Covid 19, dan Rp20 Miliar lebih untuk bantuan sosial kemudian saat ini ada tambahan untuk bantuan sosial sebesar 15 Miliar untuk tahap kedua yang bersumber dari APBD kabupaten Wajo.

Rinciannya untuk BPBD Rp4,5 Miliar, untuk RSUD Siwa Rp1,6 Miliar lebih, serta untuk 6 kecamatan perbatasan sebesar Rp9 miliar lebih.

Berdasarkan informasi yang beredar selama ini, lanjut Supardi, bahwa adanya kepala OPD yang menyatakan tak satu sen pun dana yang diterima, merupakan pernyataan yang memberikan penjelasan kepada masyarakat, bahwa anggaran yang disiapkan Pemerintah Kabupaten Wajo untuk setiap OPD pada Penanganan covid 19 tidaklah diberikan dalam bentuk uang cash (fresh Money).

Supadi mengungkapkan, pengalokasian anggaran untuk penanganan Covid 19 ini tahap pertama bertujuan untuk melakukan pengadaan segala bentuk kebutuhan OPD, anggarannya disiapkan, namun untuk proses pengadaan barang dan jasa semua harus melalui transaksi non tunai yang pembayarannya ditransfer langsung ke rekening penyedia berdasarkan besaran harga dan jasa yang ada.

“Ha ini dilakukan agar terhindar dari segala bentuk penyelewengan anggaran.Untuk itu kita berharap bahwa anggaran tahap kedua ini betul – betul bisa dimanfaatkan secara maksimal untuk melakukan pencegahan dan penanganan Covid 19, termasuk memenuhi kebutuhan masyarakat atau warga yg terdampak Covid 19 ini,” ujarnya.

Baca juga:  Hadiri pelantikan DPD BKPRMI Wajo, Bupati Minta Bisa Berkolaborasi Sukseskan Program Gemantik

Supardi menghimbau kepada seluruh warga masyarakat agar tetap berada , tidak usah keluar rumah jika memang tidak penting, tetap terapkan pola hidup bersih, dan selalu pakai masker jika memang harus keluar rumah. (hms-Adv)

Editor : Kurniawan

Share :

Baca Juga

Wajo

Pemkab Wajo Rapat Evaluasi Pelaksanaan TGPP Covid 19

Advertorial

Tanpa Kompromi, Pemkab Wajo Beri Sanksi Tegas ASN Terlibat Narkoba

Advertorial

DPRD-Pemkab Wajo Sepakati KUA dan PPAS APBD TA 2023

Wajo

DWP Wajo-Disperindakop Gelar Pasar Murah dan Bazar

Wajo

Capaian Vaksinasi di Kecamatan Keera Baru 40 Persen

Wajo

Salurkan Ratusan Al-Qur’an, Ketua HMI MPO Wajo: Wadah Pengabdian Membumikan Alqur’an Ditengah Masyarakat

Advertorial

Berbagi Keceriaan di Momen Lebaran, Amran Mahmud dan Istri Bercengkrama dengan Anak Panti Asuhan

Wajo

149 Guru Mengaji Dapat Bantuan Paket Ramadhan dari Yayasan Baitul Maal Wajo