Home / Wajo

Selasa, 21 April 2020 - 13:55 WIB

Pasca Swab Kedua IW Positif Corona, TGPP Rapid Test 63 Orang

Juru Bicara Satuan Tugas Penanggulangan COVID-19 Kabupaten Wajo, Supardi

Juru Bicara Satuan Tugas Penanggulangan COVID-19 Kabupaten Wajo, Supardi

LINTASCELEBES.COM WAJO — Pasca keluarnya hasil Swab ke 2 IW yang dinyatakan terkonfirmasi positif Covid- 19 dengan gejala ringan, Tim Gugus Percepatan Penanganan (TGPP) Covid- 19 Kabupaten Wajo bergerak cepat melakukan rapid test kepada 57 orang tenaga kesehatan, Senin 20 April 2020.

Selain tenaga kesehatan, sampai hari ini Selasa 21 April 2020 tim Gugus juga sudah melakukan pemeriksaan rapid test terhadap 6 orang keluarga IW.

Menurut Juru bicara TGPP Covid- 19 kabupaten Wajo, Supardi SE, Rapid Test dilakukan selama 2 hari yaitu Senin dan Selasa. Bahkan pihak RSU Siwa masih tetap melakukan tracking dan pemeriksaan kepada sejumlah orang lainnya.

Dikatakan bahwa, berdasarkan hasil rapid test yang dilakukan selama 2 hari ini, lanjutnya, ada 5 orang diantaranya dinyatakan positif rapid test, namun tidak menunjukkan gejala-gejala seperti yang dikemukakan gejala, maka dilakukan isolasi mandiri sambil menunggu hasil swabnya.

Supardi menjelaskan, bahwa hasil Rapid test positif belum tentu positif Covid-19, karena nilai positif itu baru diperoleh dari adanya peningkatan aktivitas Antibodi akibat adanya virus yang masuk ke dalam tubuh orang yang di test.

Sehingga, lanjut Supardi, tidak serta merta bisa dikategorikan positif Covid-19. Yang bisa memastikan seseorang terinfeksi Covid-19 hanyalah Polumerace Chain Reaction (PCR). Jika kondisi fisik yang bersangkutan tidak menunjukkan gejala seperti deman, sesak nafas, batuk dan lain-lain, maka mereka hanya dimasukkan dalam kelompok Orang Tanpa Gejala (OTG), dan akan terus diisolasi sambil menunggu hasil PCRnya.

“Apabila hasil swabnya ternyata menunjukkan hasil yang positif, maka pemerintah Kabupaten Wajo melalui tim GTPP Covid 19, sudah siap melakukan penanganan sesuai dengan protokol Covid 19,” jungkap Supardi. (Hms-Adv)

Editor : Kurniawan

Baca juga:  Pasien Konfirmasi Positif Covid-19 Bisa Isolasi Mandiri di Rumah, Ini Syaratnya

Share :

Baca Juga

Wajo

Dukung Perkembangan Entrepreneur, Dinas Perindagkop UKM Wajo Gelar Pelatihan Manajemen Kewirausahaan

Wajo

Bupati Wajo Tinjau Vaksinasi Massal Tahap ke Dua Termin ke Dua

Advertorial

Penanganan Banjir Bandang di Tanasitolo, Bupati Wajo: Insya Allah, Besok Kita Salurkan Bantuan

Advertorial

Bulan Kemerdekaan, Bupati Wajo Ajak Seluruh Masyarakat dan Instansi Kibarkan Bendera Merah Putih

Advertorial

Komitmen Raih Swasti Saba Wistara Kelima, Duo Amran Pimpin Rakor Kabupaten Sehat

Sulsel

Target Pertahankan Program Kampung Iklim 2022, Ini yang Dilakukan DLH Wajo

Pendidikan

Amran Mahmud Harapkan Peserta Workshop Menjadi Agen Perubahan dalam Mensosialisasikan Bagaimana Menggunakan Sosmed yang Baik dan Benar

Wajo

Wabup Amran Buka Kegiatan Pelatihan Optimalisasi Pengelolaan Data Statistik Sektoral