Home / Kesehatan

Rabu, 15 April 2020 - 15:26 WIB

Konsumsi Kunyit, Ini 7 Kandungan untuk Perkuat Imun Tubuh

LINTASCELEBES.COM KESEHATAN — Kunyit adalah bumbu dapur yang khas berwarna kuning oranye. Sebagai obat, kunyit dipercaya bisa memberikan berbagai manfaat untuk kesehatan.

Kunyit juga digunakan untuk perlindungan terhadap infeksi dan untuk kecantikan. Dilansir dari NDTV, Senin (13/4), kunyit adalah salah satu sumber makanan kaya zat besi 67,8 mg per 100 gram bubuk kunyit. Satu sendok teh (3 gram) bubuk kunyit memberikan 2 mg zat besi (10 persen dari kebutuhan harian orang dewasa).

Dengan pandemi virus Korona, kunyit bisa memberi perlindungan 100 persen bagi tubuh terhadap Covid-19, dan bisa mencegah tubuh dari infeksi. Beberapa bahan kandungan dalam kunyit bisa menjadi faktor pendukung untuk meningkatkan daya tahan tubuh.

Curcumin

Curcumin mengandung polifenol yang aktif dan bertanggung jawab atas warna kuning cerah yang indah. Curcumin memiliki efek antioksidan, anti-inflamasi, antibakteri dan penyembuhan luka. Penelitian sedang dilakukan untuk mempelajari potensinya dalam mengobati kondisi seperti radang sendi, kanker, penyakit kardiovaskular dan radang usus. Penelitian telah menunjukkan aksi penghambatan ekstrak kunyit terhadap beberapa mikroba patogen, seperti tukak lambung yang menyebabkan Helicobacter pylori.

Molekul kecil yang ditemukan dalam kunyit, digunakan dalam pengobatan alternatif untuk mengobati peradangan, stres dan banyak kondisi lainnya. Sejumlah penelitian telah menemukan curcumin memiliki efek anti-kanker di laboratorium.

“Di dunia Barat, permintaan pada rempah-rempah termasuk kunyit sebagai obat alternatif mulai meningkat karena dianggap sebagai penyembuhan,” kata Profesor di Universitas Yale, Paul Freedman seperti dilansir dari laman BBC.

Kandungan Minyak Atsiri

Minyak atsiri yang diekstrak dari minyak kunyit menunjukkan sifat antijamur dan aktif melawan virus saluran pernapasan seperti yang menyebabkan flu. Minyak ini dapat membantu menghilangkan dahak, mengatasi batuk dan mencegah asma.

Baca juga:  Air Kelapa Campur Jambu Biji Berkhasiat Atasi Diabetes

Pengontrol Infeksi

Dalam pengobatan alternatif dan herbal, kunyit digunakan untuk mengobati konjungtivitis, cacar air, infeksi saluran kemih, dan penyakit hati. Aplikasi kunyit topikal dapat mencegah proliferasi tumor kulit.

Baik Untuk Pasien Diabetes

Asupan ekstrak kunyit dapat mengurangi efek perusak sel dari hiperglikemia kronis pada pasien diabetes. Diabetes menjadi salah satu kelompok yang rentan terkena virus Korona.

Antioksidan

Sifat antioksidan dan kuman kunyit telah menyebabkan penggunaannya yang luas dalam produk obat dan kosmetik. Curcumin hadir dalam kunyit tidak hanya bertindak seperti antioksidan, tetapi juga meningkatkan kapasitas antioksidan alami tubuh.

Efek Karinatif

Kunyit membantu pencernaan. Kunyit digunakan dalam pengobatan tradisional untuk mengurangi flatus saat sakit perut dan distensi. Kunyit uuga dikenal untuk membantu meningkatkan nafsu makan, dan meningkatkan fungsi hati.

Resep Mengonsumsi Kunyit

Hangatkan segelas air dengan 1 gram kunyit bersama sepotong jahe.
Lalu bisa juga minum bubuk kunyit dengan 1 sendok teh madu setiap hari.
Anda bisa menambahkannya ke dalam susu, baik panas maupun dingin. (Sumber:fajar.co.id)

Share :

Baca Juga

Kesehatan

PENGUMUMAN PENYUSUNAN DOKUMEN ANALISIS MENGENAI DAMPAK LINGKUNGAN RENCANA PEMBANGUNAN RUMAH SAKIT REGIONAL

Advertorial

Jelang Idul Adha, Bupati Wajo Turunkan 47 Personil Bantu Periksa Kesehatan Hewan Kurban

Kesehatan

RSUD Siwa Kembali Layani Pasien BPJS

Kesehatan

5 Sarapan Sehat untuk Mengecilkan Perut Agar Cepat Sixpacks

Kesehatan

Ingin Tidur Dulu Sehabis Sahur? Ini Saran Dokter Pencernaan

Kesehatan

7 Manfaat Minum Air Hangat yang Tidak Anda Sangka

Kesehatan

Minum Kopi saat Perut Kosong, Ini 5 Efeknya

Birokrasi

Refleksi Satu Tahun Kepemimpinan Bupati Dan Wakil Bupati Membangun Sinjai