Home / Wajo

Rabu, 19 Februari 2020 - 13:41 WIB

Buang Sampah Sembarangan di Kawasan Pasar Sentral Sengkang Akan Sanksi

LINTASCELEBES.CO WAJO — Pemerintah Kabupaten Wajo akan menetapkan pasar sentral dan empat ruas jalan yang mengelilinginya menjadi Kawasan Percontohan Bebas Sampah. Hal itu dilakukan sebagai upaya untuk mewujudkan ‘Wajo Mapaccing’ .

Dengan demikian masyarakat dilarang membuang sampah sembarangan di kawasan tersebut. Sebagai sanksi, warga yang kedapatan membuang sampah akan dikenakan hukuman denda atau kurungan.

Peringatan ini sendiri telah beredar melalui media sosial facebook dan pesan WhatsApp.

“Mulai Kamis 20 Februari 2020, pasar sentral dan empat ruas jalan yang mengelilinginya menjadi Kawasan Percontohan Bebas Sampah. Jika ada yang ketahuan membuang sampah akan dihukum berupa denda atau kurungan. Tolong sampaikan ke sahabat, handai taulan, dan keluarga untuk berhati-hati karena ada petugas yang akan mengawasi. Kalau mau buang sampah sembarangan, jangan di kawasan itu atau jangan di Kota Sengkang. Biasakan hidup bersih dan sehat,” isi salah satu pesan dikutip di salah group WhatsApp Humas Pemkab Wajo.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Wajo, A. Baso ikbal yang dihubungi terkait adanya pesan berantai ini membenarkan hal tersebut.

“Iya rencananya mulai besok (Kamis 20 Februari 2020, red) aturan ini akan diterapkan,” ungkapnya.

Lanjut Kadis DLH, larangan membuang sampah di Kawasan Pasar Sentral sendiri ini telah disosialisasikan sejak tanggal 20 Januari 2020

Terkait dengan sanksi, Mantan Ketua KNPI Wajo ini menjelaskan jika sanksi tersebut telah tertuang pada Perda No 5 Tahun 2006 Tentang Pengelolaan Kebersihan dan Keindahan dalam Kabupaten Wajo.

“Berdasarkan Perda pada pasal 17 ayat 1, berbunyi, barang siapa yang melanggar aturan yang tercantum dalam Perda ini diancam dengan pidana kurungan paling lama 3 bulan atau denda sebanyak-banyaknya 5 juta rupiah,” terangnya.(Adv)

Baca juga:  Jelang Natal dan Tahun Baru, Polantas Wajo Intens Patroli Dialogis Door to Door

Editor: Kurniawan

Share :

Baca Juga

Sulsel

Sekda Abustan Buka Bimtek Pilkades Serentak 2022

Wajo

Cegah Penyebaran Covid 19, Satlantas Polres Wajo Gencarkan Sosialisasi Prokes kepada Masyarakat

Politik

Amran Mahmud Minta Kader PAN Wajo Bantu Program Pemerintah Daerah

Advertorial

Puskesmas Salewangeng Wajo Raih Akreditasi Paripurna

Sulsel

Bertambah 3 Orang Positif, Kini Kasus Covid 19 di Wajo Menjadi 195 Orang

Wajo

HAR88 COMMUNITY SIAP MENANGKAN ANDI ROSMAN JADI BUPATI WAJO

Wajo

Pendaftar CPNS-PPPK Wajo Tes SKD di Makassar 7 Oktober Mendatang

Bone

Satlantas Polres Wajo Gencarkan Sosialisasi Operasi Zebra 2019