Home / Kesehatan

Rabu, 11 Desember 2019 - 20:32 WIB

Mandi yang Tidak Tepat, Ini Risikonya

Ilustrasi

Ilustrasi

LINTASCELEBES.COM — Mandi merupakan salah satu aktivitas yang disukai karena tubuh merasa lebih segar. Namun ada beberapa hal dimana Anda sebaiknya tak mandi.

Dosen Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Muslim Indonesia, Dr Andi Asrina SKM MKes mengatakan, mandi kapan pun waktunya bukan menjadi masalah, namun ada beberapa kondisi dimana tubuh tak seharusnya langsung mandi. Alumnus Program Magister Promosi Kesehatan ini menambahkan, paling baik ketika mandi subuh hari karena dapat membantu tubuh lebih segar untuk beraktivitas seharian.

Juga dapat meningkatkan sirkulasi darah yang membawa nutrisi dan oksigen ke organ-organ penting.

Mandi Saat Berkeringat

Saat berkeringat, suhu tubuh tentu akan naik. Jika mandi dengan air dingin akan membuat tubuh shock dan akan mengganggu peredaran darah. Sebaiknya kondisikan suhu tubuh dahulu mulai dingin lalu mandi. Bisa dengan minum segelas air untuk memulihkan tubuh dari rasa lelah dan mendinginkan suhu tubuh. Setelah 15-20 menit setelahnya, barulah Anda mandi. Mandi saat bekeringat juga tak baik karena saat itu pori-pori kulit terbuka. Air yang dingin akan meresap masuk dan bercampur dengan suhu panas tubuh. Ini membuat sistem kekebalan tubuh menurun.

Terlalu Lelah

Banyak yang mengatakan sebaiknya jangan langsung mandi ketika tubuh terlalu lelah karena bisa menyebabkan tubuh collaps. Hal ini mungkin saja bisa terjadi, namun bukan disebabkan oleh mandinya, bisa saja karena akumulasi kelelahan yang dialami yang menyebabkan tubuh collaps. Oleh karena itu, ketika sudah beraktivitas padat, sebaiknya istirahatkan dahulu tubuh 30 menit hingga satu jam. Ketika lelah sudah mulai berkurang maka mandi mandi bisa dilakukan. Mandi juga memiliki manfaat untuk merilekskan tubuh seusai bekerja. Membuat tidur malam hari lebih berkualitas

Baca juga:  Manfaat Makan Telur bagi Kesehatan

Malam Hari

Bagi Anda yang mungkin tak punya masalah jantung dan pembuluh darah, maka mandi malam bisa saja. Namun bagi yang memiliki gangguan pada jantung sebaiknya hindari malam hari. Pada malam hari jantung beristirahat, ketika mandi dengan air dingin, maka bisa saja jantung akan mengalami gangguan. Bukan berarti mandi malam dilarang, selama tak memiliki riwayat kesehatan apapun. Baiknya ketika mandi malam agar tak terlalu lama, setidaknya 10-15 menit saja, karena bisa menyebabkan flu dan demam. (Sumber: fajar.co.id)

Share :

Baca Juga

Kesehatan

Manfaat Lari Pagi untuk Kesehatan Tubuh

Kesehatan

6 Jenis Makanan yang Harus Dihindari Penderita Maag

Advertorial

DPRD Wajo Hadiri Pengukuhkan Pengurus Kepmawa Jogja

Kesehatan

UPTD Puskesmas Maniangpajo Gelar Monev Trias UKS

Daerah

HAB ke 74, Kemenag Wajo Gelar Gerak Jalan Sehat Kerukunan

Kesehatan

Andi Nurhilda Daramata Seto Dikukuhkan Sebagai Bunda PAUD

Kesehatan

Tidur Pakai Kipas Angin Bisa Sebabkan Nyeri Perut? Ini Penjelasannya

Advertorial

DPRD Wajo Sahkan Perubahan Perda Retribusi Pelayanan Tera/tera Ulang dan Persampahan