Home / Tak Berkategori

Sabtu, 7 Desember 2019 - 18:25 WIB

Taklukkan Timnas Myanmar 4-2 di Semifinal SEA Games 2019, Garuda Muda ke Final

Internet

Internet

LINTASCELEBES.COM — Timnas U23 Indonesia pada akhirnya sukses menjadi tim pertama yang melaju ke final SEA Games 2019 setelah menang 4-2 atas Timans Myanmar melalui perpanjangan waktu. Dalam laga tersebut,

Laga timnas U23 Indonesia vs Myanmar Sabtu (7/12/2019) terjadi drama enam gol dan satu kartu merah. Bahkan pada babak perpanjangan waktu, Indonesia mencetak dua gol lewat kaki Osvaldo Haay pada menit ke-101 dan Evan Dimas (102′).

Pada menit ke-119, Myanmar harus bermain dengan 10 orang setelah Aung Naing Win mendapat kartu merah. Sebelumnya, Indonesia dan Myanmar bermain imbang 2-2 pada waktu normal sehingga laga harus berlanjut ke babak perpanjangan waktu.

Di partai final, Indonesia akan berhadapan dengan pemenang laga Vietnam vs Kamboja.

Jalannya pertandingan:

Di waktu normal, laga ini berjalan sangat ketat. Setelah bermain hati-hati di babak pertama, Indonesia dan Myanmar baru gencar beradu serangan di 45 menit kedua. Indonesia sukses unggul dua gol terlebih dahulu lewat tembakan Evan Dimas Darmono pada menit ke-57 dan sundulan Egy Maulana Vikri (70′).

Egy Gandakan Keunggulan Garuda Muda Terlalu asyik menyerang, lini belakang Indonesia dihukum oleh dua gol cepat Myanmar. Zulfiandi dan kiper Nadeo Arga Winata melakukan blunder yang menyebabkan Myanmar menyamakan kedudukan. Dua gol Myanmar dicetak oleh Aung Kaung Mann pada menit ke-79 dan Win Naing Tun (81′).

Kedua pemain ini baru dimasukkan pelatih Myanmar, Velizar Emilov Popov, di babak kedua. Baca juga: Timnas U23 Indonesia Vs Myanmar, Nadeo Kebobolan 2 Gol, Skor Imbang Laga ini harus berlanjut ke babak perpanjangan waktu setelah kedua tim bermain imbang 2-2 di waktu normal. Pada babak pertama perpanjangan waktu, tempo pertandingan sangat jauh menurun.

Pada menit ke-101, Indonesia kembali unggul. Kali ini Osvaldo Haay yang banyak mendapat peluang pada akhirnya sukses mencetak gol. Menerima umpan silang Asnawi Mangkualam, Osvaldo yang berdiri bebas di tiang jauh dengan mudah membelokkan bola dengan kaki kanan.

Skor 3-2 bertahan hingga akhir perpanjangan waktu babak pertama. Baca juga: Timnas U23 Indonesia Vs Myanmar, Osvaldo Buat Garuda Muda Unggul 3-2 Di awal perpanjangan waktu babak kedua, sempat terjadi ketegangan dari kedua tim yang membuat laga sempat terhenti sekitar lima menit. Hal ini tidak lepas dari salah satu pemain Myanmar yang dengan sengaja mendorong Osvaldo.

Dalam tayangan ulang, Osvaldo terlihat sedang berdoa di samping bola sebelum babak kedua perpanjangan waktu dimulai. Salah satu pemain Myanmar yang ingin segera memulai pertandingan kemudian mendorong Osvaldo untuk mengambil bola.

Tidak ada kartu kuning yang keluar karena kejadian ini. Di perpanjangan waktu babak kedua, Myanmar yang tertinggal tampil lebih mendominasi. Namun, Indonesia sukses mengakhiri laga lebih cepat setelah mencetak gol keempat pada menit ke-102.

Gol ini berawal dari akselerasi Saddil Ramdani di sisi kiri yang diakhiri umpan silang. Umpan Saddil diterima dengan baik oleh Sani Rizki untuk diteruskan ke Evan Dimas yang sudah berlari dari lini kedua. Evan Dimas yang mendapat ruang tembak sangat lebar dengan mudah menempatkan bola ke sisi kanan atas gawang. Pada menit ke-119, Myanmar harus bermain dengan 10 orang.

Aung Naing Win mendapat kartu merah setelah dengan sengaja menendang Osvaldo dari belakang. Tidak ada gol tambahan yang tercipta, skor 4-2 untuk Indonesia berakhir hingga peluit panjang.(Sumber: kompas.com)

Share :

Baca Juga

Sulsel

Wakapolri, Danny Pomanto, dan Ribuan Masyarakat Kota Makassar Ikut Deklarasi Pemilu Damai Lintas Agama

Advertorial

DPMPTSP Wajo Gelar Workshop Aplikasi Perizinan Online, Ini Tujuannya

Sulsel

Setiba dari Umrah, Suardi Saleh Langsung Berkantor dan Jalani Rutinitas Selaku Kepala Daerah

Sulsel

Tunggu Distribusi Vaksin, Jubir Covid 19: Bupati Amran Siap Jadi Vaksinasi Pertama di Wajo

Sulsel

Bangun Gerakan Sadar Demokrasi, Bawaslu Wajo Bagi-bagi Brosur dan Takjil

Sulsel

Ketua TP PKK Dampingi Wali Kota Makassar Serahkan Cendramata Perpisahan Fatmawati Rusdi di Hut Kota

Sulsel

Hadiri A May Zing Sale Toyota Kalla, Kadisdag Arlin: Mari Senantiasa Lakukan Kolaborasi

Wajo

Buka Rapat Anggota Tahunan KPRI Harapan Mekar, Sudirman: Pengurus Dalam Mengambil Kebijakan Harus Sesuai RAT