Home / Pendidikan / Wajo

Senin, 28 Oktober 2019 - 17:59 WIB

Wabup Wajo: Pendidikan Harus Beradaptasi dengan Perubahan Revolusi Industri 4.0

LINTASCELEBES.COM WAJO — Wakil Bupati Wajo H. Amran, SE membuka pameran kewirausahaan desain grafis SMA Negeri 4 Wajo tahun akademik 2019-2020, Senin 28 Oktober 2019. Selain itu juga memberikan motivasi bagi generasi milenial.

Motivasi tersebut terkait untuk membaca peluang menghadapi tantangan dan memanfaatkan potensi serta menyusun langkah strategis dalam berwirausaha yang memiliki nilai ekonomis di era ekonomi digital sekarang ini.

Wakil Bupati Wajo H. Amran, SE dalam pemaparannya menjelaskan bahwa pengembangan sumber daya manusia peserta didik menuju ekonomi digital adalah tema yang dia pandang sangat relevan dan aktual, dalam kondisi perubahan Global yang sangat cepat dewasa ini, dimana pola pendidikan saat ini akan tertinggal jika pertumbuhannya menciptakan sumber daya manusia yang memiliki kemampuan intelektual semata.

“Dunia pendidikan sekarang harus mampu mentransformasikan dirinya untuk selalu menciptakan sumber daya manusia yang memiliki intelektual, juga menciptakan sumber daya manusia yang memiliki keterampilan, jangan hanya teoritis saja tetapi harus dengan prakteknya,” jelas H. Amran, SE.

Dikatakan, kalau metode pendidikan harus Pakem yaitu pembelajaran yang aktif, kreatif, efektif dan menyenangkan dan pendidikan harus beradaptasi dengan perubahan revolusi industri 4.0, salah satunya dengan mengajarkan kewirausahaan praktek praktis desain grafis.

 

“Apa yang dilakukan para pengajar SMA Negeri 4 Wajo lakukan adalah contoh yang patut ditiru,” ungkapnya.

Orang nomor dua di Bumi Lamaddukelleng ini mengungkapkan, kalau saat ini kemampuan intelektual dan keterampilan merupakan satu koin yang memiliki dua sisi yang berbeda, akan tetapi tidak terpisahkan satu dengan lainnya. Pasalnya intelektual memiliki cara pandang mengenai perubahan tantangan dan peluang, sedangkan dengan keterampilan memiliki aksi nyata untuk menghadapi perubahan tantangan dan peluang yang akan terjadi ke depan.

Baca juga:  Meski Operasi Ketupat Berakhir, Satlantas Polres Wajo Masih Intens Sosialisasi Pencegahan Penularan Covid 19

“Marilah kita melihat tantangan dan peluang cita-cita antara pegawai atau pekerja dengan pengusaha, pegawai tetap bekerja berarti kita harus mendaftar sesuai dengan kriteria yang ditetapkan oleh pemerintah atau perusahaan,” ajak H. Amran, SE.(Hms-Adv)

Editor: Muh. Hamzah

Share :

Baca Juga

Wajo

Meski Over Target, Pemerintah Kecamatan Tempe Akan Terus Genjot Vaksinasi dengan Fokus Dosis Pertama

Pendidikan

Danny Pomanto Dukung Reuni Perak Alumni 1997 SMA se-Kota Makassar, Target Pecahkan Rekor MURI

Wajo

Gowa Kembali Jadi Kabupaten Terpopuler di Media Cetak 2021

Polisi

Mengkonter Berbagai Macam Isu Negatif, Satintelkam Polres Wajo Jalin Silaturahmi Bersama Sejumlah Ormas

Wajo

53 Awak Dinyatakan Gugur dalam Tragedi KRI Nanggala-402, Bupati Wajo Sampaikan Duka yang Mendalam

Kesehatan

Polres Wajo Gelar Dzikir, Doa Bersama dan Santuni 100 Anak Yatim Piatu

Wajo

Nominasi Lima Besar Kampung KB se Sulsel, Sekda Kota Makasar Terima Kunjungan Tim Verifikasi Lapangan

Wajo

Bolehkah Harta Istri Digunakan Suami? Ini Jawaban Ustadz Abdul Somad