Home / Olahraga / Wajo

Senin, 28 Oktober 2019 - 15:00 WIB

Hari Sumpah Pemuda, Bupati Wajo: Pemuda Harus Memiliki Kapasitas Intelektual, Skill dan Inovasi

LINTASCELEBES.COM WAJO — Bupati Wajo Dr. H. Amran Mahmud, menjadi Inspektur uoacara (Irup) pada peringatan Sumpah Pemuda tahun 2019 tingkat Kabupaten Wajo di Lapangan Kantor Bupati Wajo, Selasa 28 Oktober 2019. Tema nasional Hari Sumpah Pemudah yang ke 91 ini “Bersatu Kita Maju”.

Amanat seragam Menteri Pemuda dan Olahraga RI yang dibacakanBupati Wajo H. Amran Mahmud mengatakan bahwa tema ini diambil untuk menegaskan kembali komitmen yang telah dibangun oleh para pemuda yang diikrarkan pada tahun 1928 dalam Sumpah Pemuda.

“Bahwa hanya dengan persatuan kita dapat mewujudkan cita-cita bangsa. Pesatnya perkembangan teknologi informasi ibarat dua mata pisau. Satu sisi ia memberikan jaminan kecepatan informasi sehingga memungkinkan para pemuda kita untuk meningkatkan kapasitas pengetahuan dalam pengembangan sumber daya serta daya saing,” kata orang nomor satu di Bumi Lamaddukkelleng ini.

Dia mengungkapkan, pada sisi yang lain perkembangan ini mempunyai dampak negatif, informasi-informasi yang bersifat destruktif mulai dari pornografi, narkoba, pergaulan bebas hingga radikalisme dan terorisme juga masuk dengan mudahnya apabila pemuda tidak dapat membendung dengan filter ilmu pengetahuan dan karakter positif dalam berbangsa dan bernegara.

Kalau Pemuda yang memiliki karakter yang tangguh lanjut Amran Mahmud adalah pemuda yang memiliki karakter moral dan karakter kinerja, pemuda yang beriman dan bertaqwa, berintegritas tinggi, jujur, santun, bertanggung jawab, disiplin, kerja keras, kerja cerdas, kerja ikhlas, dan tuntas.

“Pemuda juga harus memiliki kapasitas intelektual dan skill kepemimpinan, kewirausahaan, dan
kepeloporan yang mumpuni, serta pemuda harus memiliki inovasi agar mampu berperan aktif dalam kancah internasional,” harap Dr. H. Amran Mahmud.

Amran Mahmud mengharapkan peran pemuda dapat bersaing dalam bentuk apapun tentunya dalam hal yang posistif. Pemuda adalah masa depan bangsa dan negara, pemuda juga harapan bagi dunia, pemuda Indonesia harus maju dan berani menaklukan dunia, saya berharap kedepan akan banyak muncul tokoh-tokoh muda yang mendunia.

Baca juga:  Perkembangan Teknologi, Sitti Maryam: Anak Perlu Dibentengi dengan Agama

“Semangat para pemuda dalam menatap dan ikut membangun dunia harus terus menjadi obor
penyemangat bagi pengabdian pemuda Indonesia dalam ikut serta berpartisipasi mengangkat bangsa dan tanah air tercinta di kancah dunia,” tandasnya.

Sekadar diketahui bahwa rangkaian kegiatan pada Upacara kali ini agak berbeda dari Upacara sebelumnya, pasalnya tahun ini ada Parade pakaian adat Nusantara oleh Pemuda Pemudi Kabupaten Wajo.(hms-Adv)

Editor : Muh. Hamzah

Share :

Baca Juga

Halo Polisi

Pastikan Kondisi Kesehatan Tahanan, PaurKes Polres Wajo Lakukan Pemeriksaan

Wajo

Terdampak Longsor Instalasi Air di Somba Opu Terganggu, Dirut PDAM: Minta Maaf ke Pelanggan

Wajo

Apel Pagi Pemkot Makassar, Wali Kota Danny Kembali Ingatkan Konsep Metaverse

Wajo

Selamat, Satlantas Polres Wajo Berhasil Raih 2 Penghargaan dari Polda Sulsel

Wajo

Peringatan Hari Bela Negara, Amran Mahmud Ajak Generasi Muda Berperan Aktif

Wajo

Marak lagi Penipuan Penerimaan Pegawai PDAM, Beni Iskandar Tegas Sampaikan Ultimatum

Daerah

Terbitkan Akte Kelahiran Anak Terbanyak, Wajo Raih Penghargaan

Wajo

Tahun 2019, Kasus Narkoba di Wajo Meningkat